Apa Itu Healing? Manfaat dan Cara Melakukannya

Reporter : Arifina
Senin, 31 Juli 2023 16:17
Apa Itu Healing? Manfaat dan Cara Melakukannya
Healing bisa dilakukan dengan berbagai hal lho!

Istilah healing menjadi salah satu yang cukup populer di kalangan anak muda. Healing dimaksudkan sebagai bentuk kegiatan melepaskan penat dari segala aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Proses healing setiap orang berbeda-beda. Hal itu bergantung pada kesenagan akan suatu hal yang membuatnya bisa kembali berenergi kembali.

1 dari 9 halaman

Healing, manfaat dan cara melakukannya © Diadona

Secara harfiah, kata healing merujuk pada proses penyembuhan atau pengobatan. Penggunaan kata " healing" yang marak disebutkan di berbagai sosial media saat ini memiliki beragam konteks, namun pada intinya masih ada keterkaitan dengan arti aslinya yaitu proses penyembuhan.

Sebagian orang memahami arti kata healing sebagai aktivitas berlibur, berwisata, atau meninggalkan rutinitas yang menjemukan setiap harinya untuk sementara waktu. Pemahaman ini pun tidak sepenuhnya salah ya.

Aktivitas semacam ini memang dapat memberikan manfaat dalam proses healing. Namun, apa makna sebenarnya dari kata healing?

2 dari 9 halaman

Pengertian Healing

Dilansir dari berbagai sumber, healing merupakan proses pemulihan atau penyembuhan dari gangguan fisik, emosional, maupun psikologis yang dapat mengganggu keseimbangan dan kualitas hidup seseorang.

Proses healing dapat berlangsung secara fisik, mental, maupun spiritual. Metode yang digunakan beragam, mulai dari melibatkan upaya untuk mengatasi trauma, luka batin, atau masalah psikologis yang dialami oleh seseorang.

3 dari 9 halaman

Secara umum, healing bertujuan untuk mengembalikan keselarasan dan kebahagiaan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

Kebanyakan orang memaknai healing sebagai bentuk penyembuhan luka batin yang disebabkan karena kelelahan emosi persoalan tertentu.

4 dari 9 halaman

Manfaat Healing

Healing, manfaat dan cara melakukannya © Diadona

Melakukan healing untuk mengistirahatkan diri dari kesibukan banyak manfaatnya lho! Apa saja?

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Healing dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan dengan mengatasi akar masalah emosional dan psikologis yang mendasarinya. Dengan mengatasi sumber stres, seseornag yang healing dapat merasa lebih tenang dan stabil secara emosional.

2. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Healing juga dapat berdampak positif pada kesehatan fisik seseorang. Proses penyembuhan psikologis dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung proses pemulihan dari penyakit fisik.

5 dari 9 halaman

3. Mengembangkan Kualitas Hubungan

tengah jenuh dengan hubungan asmara dengan pasangan, maka healing bisa menjadi salah satu caranya. Dengan melakukan kegiatan sendiri, maka akan membantu seseorang untuk memahami diri mereka sendiri dan mengatasi masalah emosional yang mungkin mempengaruhi hubungan dengan orang lain.

Ini dapat membuka peluang untuk mengembangkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

4. Meningkatkan Produktivitas

Ketika seseorang mengalami luka batin atau masalah psikologis, hal ini dapat mengganggu fokus dan konsentrasi mereka. Dengan melakukan healing, maka hal itu dapat memulihkan fokus dan meningkatkan produktivitas dalam berbagai aspek kehidupan.

6 dari 9 halaman

5. Semakin Mengenali Diri Sendiri

Melakukan healing juga sebagai bentuk untuk menenangkan diri, sekaligus menjadi cara untuk semakin kenal akan diri sendiri. Artinya, kamu perlu memahami tentang apa yang kamu inginkan.

Dengan begitu kamu juga bisa selalu jujur tentang dirimu dan lebih mudah dalam mengatasi masalah yang ada.

7 dari 9 halaman

Cara Melakukan Healing

Healing, manfaat dan cara melakukannya © Diadona

Tentu saja banyak hal yang bisa dilakukan untuk healing. Setiap orang akan memilih jenis kegiatannya sendiri untuk proses healing.

Berikut beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan untuk healing:

1. Berlibur

Liburan menjadi salah satu cara paling mudah untuk melepas penat dari egala aktivitas sehari-hari yang menjenuhkan. Berlibur dapat mengembalikan kesegaran tubuh yang jenuh.

Biasanya kebanyakan orang akan memilih tempat berlibur untuk healing di wisata alam yang sejuk. Sembari memandang alam yang hijau dan menenangkan diri.

8 dari 9 halaman

2. Baca Buku

Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat healing adalah membaca buku. Hal ini bisa kamu lakukan di mana saja, termasuk dengan berdiam diri di kamar.

Dengan membaca buku juga memberimu waktu untuk menjauh sejenak dari aktivitas media sosial. Membaca bisa membuat pikiran kembali segar lho!

3. Bersih-bersih Rumah

Healing yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan membersihkan rumah. Hal ini biasanya akan membuat suasana lebih senang dan tenang.

Mengubah ruang kamar misalnya biar terkesan lebih fresh. Ruangan yang bersih juga bisa membuat hati lebih tenang.

9 dari 9 halaman

4. Bicara dengan Orang Terpercaya

Berbicara dengan orang terdekat atau profesional dipercaya dapat membantu dalam proses healing. Kamu dapat mendengarkan saran dan pandangan dari sudut pandang lain dapat memberikan wawasan baru tentang masalah yang dihadapi.

5. Olahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membantu melepaskan endorfin, hormon bahagia. Hormon ini dapat meningkatkan suasana hati dan membantu dalam proses penyembuhan.

Karena itu, ini juga bisa kamu jadikan salah satu cara untuk healing ya!

Beri Komentar