Mau Healing? Ini Tips Traveling Budgeting yang Gak Bikin Kantong Kering

Reporter : Kurnia
Jumat, 17 Juni 2022 14:50
Mau Healing? Ini Tips Traveling Budgeting yang Gak Bikin Kantong Kering
habis healing, kepala dijamin gak bakal pening karena dompet gak kering

Trend healing seolah telah menjadi bagian dari kehidupan generasi millennial dan gen Z. Benar atau tidak?

Yups, mencari ketenangan dengan berpetualang menjelajah lokasi wisata dari kota satu ke kota yang lain seperti telah menjadi kebiasaan bagi sebagian seorang. Healing tak lagi hadir untuk mengusir penat, namun tak banyak yang menjadikan healing sebagai konten yang menghasilkan uang.

1 dari 6 halaman

Meski begitu, tidak sedikit loh yang kemudian justru kehabisan uang setelah healing. Nah, jika kantong kering setelah healing, itu tentu saja karena pengelolaan uang alias budgeting kamu kurang benar nih.

Untuk mengantisipasi kantong kering dan kepala menjadi lebih pening setelah healing, berikut ada beberapa tips traveling budgeting yang ramah dengan saku dan pastinya, aman. Gimana caranya?

2 dari 6 halaman

Menentukan Anggaran Awa

Ilustrasi travelingIlustrasi traveling © Shutterstock.com

Sebelum menentukan lokasi tujuan kamu akan traveling, akan lebih baik jika kamu menentukan anggaran uangnya terlebih dahulu. 

Gak mau kepala semakin pening setelah healing, kamu harus mengingat jika akan ada pengeluaran berkelanjutan yang harus dipenuhi setelah kembali seperti biaya rumah, listrik, makanan, dan lain-lain.

Dengan demikian, kamu bakal lolos pening setelah healing, Diazens.

 

3 dari 6 halaman

Menentukan Lokasi Tujuan

Ada beberapa agen yang menyediakan paket liburan all-inclusive yang bisa kamu tuju dan tentunya dapat menekan biaya item. Menentukan lokasi tujuan dengan agen travel bisa memudahkan setiap traveler untuk menganggarkan uang liburan mereka. 

Dalam paket ini, biasanya agen travel telah menyedikan beberapa fasilitas termasuk penginapan, makanan, dan ketentuan hiburan seperti tiket ke taman hiburan atau tour dengan guide. 

Jenis paket traveling ini beragam, biasanya ditujukan untuk couple, kelompok atau komunitas, solo traveler, bahkan untuk keluarga dengan anak-anak.

4 dari 6 halaman

Menentukan Jenis Transportasi

ilustrasi travelingilustrasi traveling © bwallpapers,com

Perjalanan ke lokasi wisata yang kamu pilih mungkin mahal. Gak mau dong healing berakhir dengan pening?

Nah, untuk itu kamu perlu menentukan biaya naik pesawat, kereta api, bus, mobil sewaan, atau kapal pesiar menuju lokasi yang ingin kamu tuju. Pastikan lagi sesuaikan dengan budget liburan kamu, ya.

5 dari 6 halaman

Biaya Penginapan

Biaya penginapa menjadi salah satu hal paling penting yang kerap terlewatkan. Apalagi bagi para traveler baru.

Jenis penginapan yang bisa kamu gunakan sangat bervariasi dari segi harga hingga fasilitas yang mereka tawarkan. Pertimbangkan kebutuhanmu dan cari tahu ada jenis penginapan apa saja di tempat tujuan wisata kamu. 

Jika tujuanmu biasa didatangi banyak turis, kemungkinan akan ada berbagai macam hotel, motel, resor, dan homestay dengan berbagai jenis fasilitas juga harga.

Pilih hotel terdekat dengan objek wisata yang ingin kamu kunjungi. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dan menghemat biaya perjalanan lokal.

6 dari 6 halaman

Perhitungkan Biaya Makan

Tampak sepele, biaya makan seringkali menjadi membengkak saat traveling loh. Untuk itu, kamu perlu mengatur anggaran untuk biaya makan selama perjalanan traveling. 

Tergantung dengan lokasi yang ingin kamu tuju, biaya makanan dapat sangat bervariasi dari kota satu ke kota yang lain ya, Diazens. 

untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan mesin pencarian dan ulasan-ulasan dari traveler sebleumnya untuk menentukan biaya makanan lokal.

Jika kamu perlu menghemat uang untuk makanan, pertimbangkan untuk mendapatkan kamar hotel dengan dapur kecil atau setidaknya microwave dan kemudian membeli beberapa makanan yang mudah dibuat di toko bahan makanan lokal.

So, mau healing ke mana akhir bulan ini?

Beri Komentar