Tips Aman Saat Wisata Air, Boleh Berenang Asal Ketahui Dulu Hal-hal Berikut!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 6 Juni 2022 16:16
Tips Aman Saat Wisata Air, Boleh Berenang Asal Ketahui Dulu Hal-hal Berikut!
Berikut tips aman saat wisata air.

Wisata air menjadi salah satu wisata yang cukup populer di dunia ini. Ada beberapa wilayah perairan seperti sungai, danau, bahkan lautan yang memiliki keindahan sehingga kerap dijadikan jujukan wisata oleh para traveler.

Namun, di balik keindahan itu tersimpan kekuatan alam yang mahadahsyat sehingga bisa saja merenggut jiwa manusia. Sudah banyak kasus wisatawan yang tenggelam di sungai, danau, air laut dan juga wisata air lainnya.

Untuk itu, perlu kewaspadaan dan persiapan untuk wisatawan yang hendak melakukan wisata ke wilayah-wilayah perairan. Berikut tips saat wisata air yang bisa diazens lakukan yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber!

1 dari 7 halaman

1. Cek Kondisi Air

Ilustrasi SungaiIlustrasi Sungai © unsplash.com/J V

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah memahami kondisi perairan terutama kondisi arus. Meskipun jago berenang namun tak memahami medan tentu saja bisa sangat berbahaya. Biasanya di tempat wisata akan ada larangan untuk berenang apabila sungai, danau, atau laut tersebut memang memiliki arus atau ombak yang berbahaya.

2 dari 7 halaman

2. Perhatikan Peraturan yang Ada di Tempat Wisata

Ilustrasi Peraturan di Tempat WisataIlustrasi Peraturan di Tempat Wisata © unsplash.com/Colby Ray

Perhatikan peraturan yang ada dalam tempat wisata tersebut. Sama halnya seperti poin pertama, biasanya ada peraturan tertentu dan info-info tertentu mengenai kondisi air di tempat wisata. Selain itu, dalam peraturan tersebut juga terlihat apakah wilayah tersebut aman bagi anak atau tidak.

3 dari 7 halaman

3. Lihat Cuaca

Ilustrasi CuacaIlustrasi Cuaca © unsplash.com/Wolfgang Hasselmann

Cek cuaca sebelum menuju lokasi wisata air. Sebagai contoh ketika hendak pergi ke salah satu sungai yang jadi tempat wisata, mungkin arus sungai tersebut tenang, namun ternyata di bagian hulu atau atas sedang hujan, hal ini akan membuat arus tiba-tiba deras karena air dari atas yang turun ke bawah.

Sedangkan ketika berada di pantai, pastikan cuaca dan juga pasang surut lautan. Kamu bisa bertanya pada penjaga pantai atau nelayan setempat yang sudah berpengalaman dan tahu medan.

4 dari 7 halaman

4. Pemanasan

Ilustrasi BerenangIlustrasi Berenang © unsplash.com/Todd Quackenbush

Salah satu hal yang kerap dilakukan saat berada di wisata air tentunya adalah berenang. Sebelum berenang, alangkah baiknya untuk melakukan peregangan atau pemanasan.

Bisa saja ketika wisatawan tak melakukan pemanasan akan mengalami keram saat berenang. Hal ini tentu sangat berbahaya karena wisatawan bisa saja tenggelam ketika mengalami keram di tengah air.

5 dari 7 halaman

5. Bawa Peluit

Ilustrasi PeluitIlustrasi Peluit © freepik.com

Untuk berjaga-jaga bawa peluit. Fungsinya adalah untuk berjaga-jaga apabila memang hal buruk terjadi seperti kamu hanyut terbawa arus. Saat hanyut, kamu bisa meniup peluit sekencang-kencangnya.

Karena jika teriak saja dikhawatirkan tak akan terdengar. Sementara peluit memiliki suara yang nyaring sehingga bisa didengar dalam jarak yang cukup jauh.

6 dari 7 halaman

6. Bawa Pelampung

Ilustrasi PelampungIlustrasi Pelampung © unsplash.com/Nick Fewings

Bawa pelampung apalagi untuk kamu yang kurang mahir dalam berenang. Jika sedang berenang di sungai, kadang sungai bisa berubah jadi deras sehingga membawa pelampung akan sangat berguna demi keselamatan.

Jika memang tak ada pelampung, biasanya di tempat wisata sudah disediakan tempat penyewaan untuk pelampung yang bisa kamu gunakan.

Beri Komentar