Gak Perlu Sampek Ngancurin Barang, Berikut 5 Metode Self Healing yang Bisa Kamu Lakukan

Reporter : Yoyok
Kamis, 25 November 2021 06:50
Gak Perlu Sampek Ngancurin Barang, Berikut 5 Metode Self Healing yang Bisa Kamu Lakukan
Jadi, kamu gak perlu sampai bayar untuk ngancurin barang buat self healing.

Setiap manusia pastinya pernah merasakan sedih, stres, putus, asa, atau berbagai perasaan negatif lainnya. Tentunya kita menginginkan perasaan itu cepat pergi dan menghilang. Lalu, bagaimana caranya?

Self healing dibutuhkan untuk mengatasi perasaan negatif seperti itu. Self healing merupakan proses yang mengacu pada pemulihan psikologis.

Di medsos sedang viral proses sel healing dengan menghancurkan barang. Nyatanya, self healing tidak harus seperti itu.

Ada beberapa metode self healing mudah yang bisa kamu lakukan di rumah lho. Berikut ini adalah lima metode self healing yang bisa kamu lakukan di rumah.

1 dari 6 halaman

Meditasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk self healing adalah meditasi. Meditasi membuat kita dapat menghabiskan waktu dengan diri sendiri serta dapat berhubungan dengan badan dan pikiran kita.

Meditasi yang intinya membuat keheningan dapat membuat diri tenang. Dengan diri menjadi tenang, kamu bisa memperoleh pikiran yang lebih jernih serta mental yang lebih seimbang.

Meditasi sangat bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Durasi meditasi mulai dari 5 sampai 15 menit. Kamu bisa mengikuti bagaimana cara melakukan meditasi di Youtube.

Ilustrasi Self HealingIlustrasi Self Healing © shutterstock.com

2 dari 6 halaman

Mandi

Mandi merupakan hal kecil yang dilakukan setiap hari namun juga bisa dijadikan metode untuk self healing. Mandi ataupun berendam sangat bisa kamu lakukan sendiri.

Kamu bisa merendam kaki dengan aromaterapi untuk menimbulkan efek rileks.

3 dari 6 halaman

Menulis Jurnal

Menulis juga bisa menjadi metode self healing yang ampuh. Kamu bisa menulis apa saja yang bisa membuatmu nyaman dan tenang.

Atau, cobalah untuk memikirkan satu pertanyaan, keputusan, atau kejadian yang ada di pikiran lalu tulislah dalam sebuah jurnal atau buku. Jangan coba untuk mempertanyakan atau permasalahkan apa yang kamu tulis.

Menulis juga bagus dalam melatih intuisi yang sering muncul dengan cepat dan tentunya bisa kita terima.

Ilustrasi MenulisIlustrasi Menulis © Unsplash/ ana_tavares

4 dari 6 halaman

Jalan-jalan

Ketika manusia sedang emosi, kita cenderung untuk fokus pada masa lalu dan masa depan, dan melupakan masa kini. Berjalan dapat membuat kita fokus dan memberikan perhatian penuh pada masa kini.

Dengan memberikan perhatian penuh pada kondisimu sekarang, kamu bisa jadi fokus untuk self healing. Nikmati setiap langkah dan nafas yang kamu ambil saat berjalan ebagai bentuk metode self healing. Dan ingat, lakukan dengan perlahan.

5 dari 6 halaman

Bantuan Profesional

Jika kamu merasa berbagai metode self healing di atas tidak ampuh, munhgkin kamu bisa mencoba untuk mencari bantuan profesional. Gak usah minder, bantuan seorang profesional sangat bisa membantumu dalam proses self healing.

Ilustrasi KonselingIlustrasi Konseling © Shutterstock

Beri Komentar