Solo Traveling 101: 5 Tips Buat Kamu Traveler Perempuan

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 31 Desember 2019 13:25
Solo Traveling 101: 5 Tips Buat Kamu Traveler Perempuan
Solo traveling aman untuk perempuan dengan 5 tips berikut.

Pernah nonton film Eat Pray Love? Film tersebut bercerita tentang perjalanan dari karakter yang dimainkan oleh Julia Roberts sewaktu berkeliling dunia seorang diri selama setahun. Dalam perjalanannya ia mendapatkan pelajaran tentang menikmati hidup, bermeditasi, dan menemukan cinta.

Perjalanan seorang diri atau solo traveling seperti di film tersebut memang menarik untuk dicoba, terlebih buat kamu yang merasa liburan dengan rombongan terlalu ribet. Namun, bagi solo traveler perempuan kegiatan tersebut akan jauh lebih menantang. Risiko menjadi perempuan saja sudah besar, apalagi kalau ingin traveling sendiri. So, berikut adalah tips traveling aman buat kamu solo traveler perempuan seperti dikutip dari Ytravel (10/12).

1 dari 6 halaman

1. Siapkan Akses Internet

Cepat Move On dengan Stop Cek Medsos Mantan © Diadona

Internet adalah bagian penting dari perjalananmu karena bisa menolong dari banyak hal. Misal, bisa buka Google Maps waktu tersesat atau pesan taksi online saat tujuan sulit dijangkau kendaraan umum. Banyak cara agar tetap terkoneksi internet di manapun berada, bahkan saat di luar negeri sekalipun, mulai dari berlangganan paket data roaming, beli SIM card lokal, sampai menyewa wifi router.

2 dari 6 halaman

2. Selalu Kabari Keluarga Dekat

Ilustrasi backpacker memegang handphone hp © Diadona

Keluarga seringkali berat untuk melepas jika kamu adalah perempuan dan hendak bepergian sendiri. Oleh karena itu, selalu beri kabar ke mana kamu pergi, di mana kamu menginap, serta nomor kendaraan yang kamu tumpangi. Selain membuat keluarga lebih tenang, memberi kabar juga bisa jadi antisipasi kalau (amit-amit) ada hal buruk menimpamu.

3 dari 6 halaman

3. Jangan Bagikan Info ke Orang Nggak Dikenal

Kebalikan dari poin sebelumnya, di sini kamu harus benar-benar memilah ke siapa kamu membagikan informasi. Ke keluarga? OK. Ke orang nggak dikenal? BIG NO. Memang menyenangkan waktu ketemu dan ngobrol sama orang baru, tapi tetap ingat kalau kamu nggak sepenuhnya tau sifat orang tersebut. Jadi jangan terlalu terbuka saat ngobrol ya.

4 dari 6 halaman

4. Percaya Insting dan Baca Situasi

Kamu sedang ada di perjalanan yang kamu lakukan sendiri. Karena nggak ada yang bisa dimintai pendapat, jadi nggak ada orang lain yang paing bisa kamu andalkan selain dirimu. Oleh karena itu, sangat penting bagi solo traveler perempuan untuk mempercayai insting dan bisa membaca situasi. Perasaan nggak enak, cemas, merasa nggak nyaman waktu pergi ke suatu tempat? Mending langsung pergi!

5 dari 6 halaman

5. Join dengan Kelompok Wisata

Ilustrasi traveling group © Diadona

Dalam perjalanan sendiri, terlebih kalau perjalananmu adalah perjalanan panjang, mungkin akan ada satu titik di mana kamu merasa bosan atau buntu nggak tau mau ke mana lagi. Di situasi tersebut, cobalah cari info tentang kelompok wisata di tour planner terdekat. Jalan-jalan bareng orang-orang yang nggak kamu kenal dengan program yang sudah diaturkan bisa jadi variasi solo traveling-mu.

6 dari 6 halaman

Tentu semua orang punya cara yang berbeda, apa yang tercantum di tips di atas mungkin ada yang nggak berlaku buat kamu. Yang terpenting adalah kedepankan keamanan dirimu biar rasa senangnya nggak luntur. Happy solo traveling, girls!

Beri Komentar