7 Tips agar Jalan-Jalan Tetap Asik Walau Budget Pas-pasan

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 29 Januari 2020 15:02
7 Tips agar Jalan-Jalan Tetap Asik Walau Budget Pas-pasan
Jangan sampai ada rasa khawatir ketika jalan-jalan walau budget minim. Nanti jadi nggak asik!

Setiap orang pasti pernah merasakan kesumpekan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Makanya, nggak sedikit orang yang memutuskan untuk pergi jalan-jalan ke suatu tempat.

Namun, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah minimnya budget. Padahal, keinginan untuk pergi jalan-jalan sedang menggebu-gebu.

Tapi, tenang saja. Dilansir dari EF (29/01), berikut beberapa tips jalan-jalan yang bisa kamu lakukan walau budget sedang pas-pasan.

1 dari 7 halaman

1. Rencanakan

Jalan-jalan secara mendadak emang seru banget, tapi hal ini kayaknya hanya cocok kalau punya uang yang melimpah. Kalau budgetmu terbatas, kamu harus merencakannya matang-matang. Minimal, kamu punya gambaran besar kemana kamu akan pergi, berapa hari, dan tempat-tempat mana saja yang akan kamu kunjungi. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan segalanya, termasuk budget minim yang harus disiapkan.

2 dari 7 halaman

2. Jangan Berangkat Pas Musim Liburan

Biasanya jalan-jalan sangat cocok pas lagi liburan. Tapi kalau kamu ingin jalan-jalan dengan budget yang pas-pasan, sebaiknya kamu pergi ketika buka musim liburan. Sebab, pada waktu-waktu liburan harga-harga biasanya dinaikan, dan hal ini sangat nggak cocok dengan kondisi keuanganmu.

3 dari 7 halaman

3. Atur Matang Akomodasi

Untuk menghemat keuangan, kamu harus pintar-pintar mengatur akomodasimu. Kalau di tempat kamu pergi ada teman yang tinggal di sana, itu bagus: Coba tanyakan apakah kamu boleh menginap di sana.

Jika nggak ada, kamu bisa mencari partner orang asing yang seenggaknya bisa berbagai kamar hostel. Tentu saja hal ini sangat membantu menghemat pengeluaran.

4 dari 7 halaman

4. Cermat Memilih Transportasi

Kamu akan pergi naik apa? Kereta? Pesawat? Bus? Coba pikirkan baik-baik. Apakah transportasi yang kamu pilih itu sesuai dengan budgetmu atau nggak.

Kalau semisal kamu hendak membeli tiket bepergian, belilah sebelum jauh-jauh keberangkatan agar lebih murah. Sebab, biasanya tiket menjadi mahal jika dibeli pada hari-hari mendadak.

5 dari 7 halaman

5. Packing Seperlunya

Kamu harus memastikan semua barang-barang yang kamu perlukan sudah siap agar saat jalan-jalan kamu nggak perlu beli-beli barang. Tapi, jangan semua barang kamu bawa juga. Yang sekiranya nggak diperlukan lebih baik disimpan di dalam rumah.

6 dari 7 halaman

6. Makan Seperlunya

Jalan-jalan emang butuh tenaga, tapi bukan berarti kamu bebas makan sepuasnya. Kamu harus mengatur pola makan kamu saat jalan-jalan. Belilah secukupnya hanya untuk mengisi tenaga. Niat kamu untuk jalan-jalan, bukan kulineran, kan?

7 dari 7 halaman

7. Bekerja sambil Jalan-Jalan

Jalan-jalan sambil kerja? Ini ide yang bagus banget. Kamu bisa menutupi pengeluaran-pengeluaran lain untuk memastikan budgetmu nggak habis. Biasanya, yang kamu bisa lakukan adalah nge-guide para wisatawan. Atau, jalan-jalan sambil mengerjakan pekerjaan freelance remot.


Mulai sekarang, kamu nggak perlu khawatir buat jalan-jalan walau keuanganmu sedang minim. Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar