4 Tips yang Setidaknya Bisa Kamu Lakukan agar Terhindar dari Virus Corona saat Traveling

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 28 Januari 2020 18:11
4 Tips yang Setidaknya Bisa Kamu Lakukan agar Terhindar dari Virus Corona saat Traveling
Kalau kamu benar-benar pengin traveling ke luar negeri, setidaknya lakukan tips berikut agar terhindar dari virus corona

Baru-baru ini virus corona telah menjadi pusat perhatian di seluruh dunia. Virus ini mulai terkenal pertama kali di Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini diduga berasal dari salah satu pasar makanaan laut di Wuhan.

Masalahnya, hingga sekarang kemungkinan besar masih banyak orang-orang yang bernekat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Padahal, virus corona ini diduga sudah menyebar hingga ke 14 negara yang berbeda.

Namun, ada beberapa tips yang seenggaknya bisa kamu lakukan saat traveling agar bisa terhindar dari virus corona, seperti yang dilansir dari Business Insider (28/01) berikut ini.

 

1 dari 4 halaman

1. Menghindari Kontak Dekat dengan Orang Sakit

Dilaporkan, gejala virus corona ini mirip dengan flu biasa, seperti demam, kedinginan, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Padahal, virus corona ini sangat mematikan.

Oleh sebab itu, sudah sebaiknya para traveler menghindari kontak langsung dengan orang-orang yang sakit jika sedang jalan-jalan ke luar negeri.

2 dari 4 halaman

2. Sering Mencuci Tangan

Sejauh ini, dikatakan belum ada yang dapat mengobati virus corona ini. Centers for Deasese Control and Preventio (CDC) mengatakan, para travelers harus mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air.

CDC juga menegaskan untuk menggosok-gosok kedua tangan sekitar 20 detik, dan hindari menyentuh mata, hidung, serta mulut jika tangan belum dibersihkan terlebih dahulu.

3 dari 4 halaman

3. Pakai Masker

Meskipun memakai masker belum terbukti dapat menghindari terkenanya virus corona, seperti yang dikatakan Toner, seorang ilmuwan senior di Johns Hopkins University, nggak ada salahnya berjaga-jaga untuk memakainya.

Bahkan masker di China sudah mulai kehabisan gara-gara orang-orang semakin memburu masker setelah hebohnya menyebarnya virus corona ini.

Jadi, walau kamu nggak lagi jalan-jalan ke China, pakailah masker untuk berjaga-jaga, karena virus corona ini telah menyebar ke berbagai negara.

4 dari 4 halaman

4. Hindari Binatang Hidup Sejauh-jauhnya

Diduga virus corona ini berawal dari pasar makanan laut di Wuhan di mana hewan hidup dijual. Meskipun penyebaran virus corona sekarang bisa melalui dari manusia ke manusia, awalnya virus corona menyebar dari hewan ke hewan.

Makanya, selagi kamu jalan-jalan ke luar negeri, sebisa mungkin hindari binatang hidup, ya!


Nah, itulah yang seenggaknya bisa kamu lakukan jika benar-benar sedang ingin jalan-jalan ke luar negeri. Namun, sebaiknya kamu tahan dulu keinginan kamu itu, karena virus corona ini benar-benar berbahaya.

Beri Komentar