15 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi 2019 sekaligus dengan Kulinernya

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 7 Februari 2020 22:43
15 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi 2019 sekaligus dengan Kulinernya
Berencana traveling ke Jogja? Simak dulu yuk tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikut ini.

Sudah merencanakan liburan akhir pekan ini? Jika belum, Jogja bisa jadi pilihan yang menarik. Terlebih, Kota Gudeg ini juga menjadi salah satu destinasi populer di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah. Hal ini tak lepas dari banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan Jogja.

Bila kamu tertarik berkunjung ke Kota Pelajar dalam waktu dekat, sebelumnya kamu bisa simak dulu 15 tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi sebagaimana dilansir dari beragam sumber (07/01) berikut ini. Yuk, gulir ke bawah untuk mengetahui apa saja destinasi wisata yang wajib kamu datangi!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi 2019

Saat berwisata ke Jogja, sederet tempat wisata berikut ini wajib kamu kunjungi. Dimana saja wisatanya? Langsung gulir ke bawah, yuk!

1. Jurang Tembelan Kanigoro

Menyaksikan panorama alam yang indah dari ketinggian bisa kamu dapatkan di Jurang Tembelan Kanigoro. Wisata satu ini juga termasuk ke dalam salah stau tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Buat kamu yang gemar berburu panorama matahari terbit, Jurang Tembelan Kanigoro juga merupakan spot terbaik untuk menikmatio fenomena alam cantik ini. Kamu bisa langsung menuju wisata satu ini di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul.

2. Pantai Watunene

      View this post on Instagram      

A post shared by Beranda Jogja (@berandajogja) on

 

Pantai Watunene memiliki pasir putih yang lembut dengan ombak yang tak terlalu besar. Jadi, relatif aman buat kamu yang ingin berenang atau bermain-main air di sekitar pantainya. Karena keindahannya, Pantai Watunene sering juga disebut dengan Dreamland-nya Gunung Kidul. Dreamland sendiri merupakan salah stau pantai cantik yang ada di Bali. Pantai cantik ini berjarak sekitar 50 kilometer dari pusta kota, tepatnya berada di Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

3. Taman Sari

Taman Sari merupakan salah satu tempat wistaa di Jogja yang wajib dikunjungi. Bahkan, termasuk juga salah satu wisata yang populer di Jogja. Dulunya, tempat ini adalah tempat meditasi dan rekreasi keluarga kerajaan Yogyakarta. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan arsitektur kuno lengkap dengan kolam pemandian yang indah di tengahnya.

4. Goa Jomblang

      View this post on Instagram      

A post shared by berliburlara.id (@berliburlara.id) on

 

Jogja memiliki beragam wisata alam yang menarik dan unik. Goa Jomblang satu diantaranya. Wisata Jogja ini merupakan goa vertikal dengan hutan purba di dalamnya. Satu hal yang sangat menarik dan menjadi daya tarik utama dari goa ini yakni adanya cahaya yang menembus lubang goa secara vertikal. Cahaya ini sering disebut dengan Cahyaa Surga. Kamu bisa menyaksikan "Cahaya Surga" ini dari jam 10 pagi smapai 12 siang.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Berwisata ke Jogja tanpa mencicipi kulinernya, pastikan kurang lebgkap dong. Untuk itu, berikut ini kami sajikan rekomendasi tempat wisata kuliner di Jogja yang pastinya menggugah selera. Cek di bawah ini, yuk!

1. Gudeg Yu Djum

      View this post on Instagram      

A post shared by JOGJA SENI (@jogjaseni) on

 

Gudeg memang enggak bisa dipisahkan dari Jogja ya. Salah satu warung penjual gudeg yang nikmat di Jogja yakni Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum ini merupakan salah satu kuliner legenda di Jogja yang ada sejak tahun 1950 silam.

Menariknya, gudeg ini bisa lho kamu jadikan oleh-oleh untuk di bawa pulang. Meski memiliki banyak cabang di Jogja, pusat dari gudeg ini terletak di Wijilan.

2. Sate Klatak Pak Bari

Jika kamu pernah menonton film AADC 2, Sate Klatak Pak Bari ini merupakan salah satu kuliner yang dikunjungi Rangga dan Cinta saat mereka jalan bersama. Kuliner ini juga cukup terkenal dan menjadi salah satu pilihan kuliner malam di Jogja. Sate Klatak Pak Bari sendiri berada di Pasar Wonokromo, tepatnya di Jl. Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta.

3. Angkringan Lik Man

      View this post on Instagram      

A post shared by JOGJA SENI (@jogjaseni) on

 

Angkringan satu ini terkenal dengan minumannya yang ikonik yakni kopi joss. Kopi ini sangat unik karena disajikan bersama arang yang dimasukkan ke dalam gelasnya. Angkringan serta minuman ikonik ini sudah melegenda sejak tahun 1967.

Jika kamu berjalan-jalan ke Malioboro, kamu bisa sekalian menyempatkan untuk mampir ke angkringan ini. Pasalnya, lokasinya cukup dekat dengan Malioboro, tepatnya berada di Jalan Wongsodirjan.

4. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto ini sudah ada sejak tahun 1960 silam. Buat kamu yang belum familiar dengan mangut, mangut adlaah lele yang diasap lebih dulu selama 5 jam. Selanjutnya, mangut lele ini akan dimasak dengan rempah pilihan. Soal rasa pastinya sangat nikmat. Lokasi Mangut Lele Mbah Marto sendiri berada di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kota Jogja yang Wajib Dikunjungi

Pusat kota Jogja sendiri memiliki berbagai destinasi wisata seru yang wajib kamu kunjungi. Ini dia sederet wisatanya.

1. Jalan Malioboro

      View this post on Instagram      

A post shared by Objek Wisata Jogja (OWJ) (@objek_wisata_jogja) on

 

Belum lengkap rasanya jika ke Jogja namun belum mendatangi jalan ikonik ini. Di sepanjang jalan ini kamu bisa menjumpai beragam toko dan pedagang yang menjual berbagai barang dan kuliner. Jalan Malioboro juga semakin asyik jika dikunjungi di malam hari.

Kamu bisa merasakan suasana kota Jogja sambil menyantap makanan di angkringan yang ada di sekitar kawasan ini. Di tambah lagi dengan alunan musik dari musisi jalanan di sekitarnya, membuat wisatamu semakin lengkap.

2. Benteng Vredeburg Yogyakarta

Setelah berkunjung ke Malioboro, kamu bisa sekalian berwisata ke tempat bersejarah yakni Benteng Vredeburg. Benteng peninggalan Belanda ini sekarang telah beralih fungsi menjadi museum. Di dalamnya, kamu bisa menyaksikan beragam diorama sejarah Indonesia, ruang audiovisual, media interaktif, dan benda bersejarah lainnya. Dalam benteng ini juga ada kafe unik yang menyajikan makanan khas Belanda bernama Indische Koffie.

3. Keraton Yogyakarta

      View this post on Instagram      

A post shared by IrvanSa (@irvansa_) on

 

Menjadi salah satu tempat wisata yang populer, Keraton satu ini menjadi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya. Keraton Yogyakarta merupakan tempat tinggal dari Sultan dan keluarganya. Di dalamnya kamu bisa menjumpai museum yang menyuguhkan koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta. Untuk mengunjungi keraton, ada baiknya jika kamu datang di pagi hari. Karena, wisata satu ini hanya akan buka sampai jam 2 siang saja.

4. Titik Nol Kilometer

Selain di Jalan Malioboro, kamu juga bisa menyaksikan suasan keriuhan Kota jogja di kawasan Titik Nol Kilometer. Di sekitar kawasan ini kamu bisa menyaksikan bangunan-bangunan dengan arsitektur Eropa yang masih berdiri megah. Tak hanya siang, di malam hari kawasan ini juga sangat ramai dan hidup.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Jogja

Tak hanya sejarah dan budaya, panorama alam Jogja juga indah. Nah, di bawah ini beberapa rekomendasi wisata alam di Jogja yang wajib kamu kunjungi.

1. Goa Pindul

Goa Pindul juga termasuk salah satu destinasi wisata populer yang ada di Jogja. Goa ini terkenal dengan kegiatan cave-tubingnya. Sepanjang perjalanan cave-tubing selama sekitar 45 menit, kamu akan disuguhi dengan panorama stalagmit dan stalaktit yang indah dari Goa Pindul. Nah, kamu harus coba merasakan keseruan cave tubing ini sendiri di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul.

2. Songgo Langit Sukorame

      View this post on Instagram      

A post shared by VISIONESIA KREATIF NUSANTARA (@viskrenus) on

 

Sawah juga bisa lho menjadi destinasi wisata yang ciamik. Songgo Langit Sukorame ini buktinya. Dengan memiliki luas sekitar 5 hektar, area persawahan ini menjadi salah satu spot wisata yang sangat menarik. Kamu bisa menyaksikan panorama bentang sawah yang hijau ini dari atas jembatan bambu sepanjang 357 meter yang terbentang di atasnya. Jembatan ini juga bisa jadi spot foto yang keren, lho.

3. Tebing Breksi

Dulunya, Tebing Breksi adalah bekas pertambangan kapur yang sekarang berubah menjadi destinasi wisata yang menarik. Bahkan, juga salah satu yang populer di Jogja. Jika kamu enggak ingin berpanas-panasan saat mengunjungi wisata ini, kamu bisa berkunjung ke Tebing Breksi pada malam hari. Nyala lampu di malam hari semakin menambah keindahan wisata satu ini.

4. Pantai Glagah

      View this post on Instagram      

A post shared by Objek Wisata Jogja (OWJ) (@objek_wisata_jogja) on

 

Pantai Glagah ini cantik sekaligus juga unik. Yang membuatnya unik yakni adanya tetrapod yang menghiasi sepanjang bibir pantainya. Tetrapod sendiri berfungsi sebagai pemecah ombak. Tetrapod-Tetrapod yang tersebar ini juga bisa menjadi spot foto yang keren. Tertarik berkunjung?

Itu dia sederet tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. 

Beri Komentar