10 Tempat Wisata Ambarawa Salatiga yang Terbaru, Ada Eling Bening juga

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 7 Februari 2020 23:06
10 Tempat Wisata Ambarawa Salatiga yang Terbaru, Ada Eling Bening juga
Tempat wisata Ambarawa yang menarik untuk liburanmu!

Saat berkunjung ke Semarang, dimana nih destinasi favorit kamu? Di pusat kotanya? Sesekali kamu juga bisa mencoba sedikit melipir ke kabupaten Semarang, tepatnya di daerah Ambarawa. Kecamatan ini juga menyuguhkan beragam wisata yang enggak kalah menarik dari pusat kota Semarang.

Terlebih, panorama alamnya yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri dari Ambarawa. Salah satunya Rawa Pening. Pasti sebagaian besar dari kamu cukup familiar ya dengan tempat ini dan legendanya.

Tak hanya Rawa Pening saja, masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi di Ambarawa. Melansir dari berbagai sumber (07/02), berikut ini Diadona suguhkan 10 tempat wisata Ambarawa yang terbaru dan menraik. langsung saja cek di bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Ambarawa

Wisata di Ambarawa memang sangat menarik dan beragam. Simak dulu yuk rekomendasi wisatanya berikut ini.

1. Gua Maria Kerep 

      View this post on Instagram      

A post shared by ilene nugroho (@ileneilene_) on

Meski fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, Gua Maria Kerep juga bisa kamu kunjungi. Biasanya, di Hari Minggu gua ini banyak dikunjungi oleh umat Katolik untuk berziarah atau sekedar berkunjung. Di kawasan ini, kamu bisa menjumpai patung Bunda Maria yang menjulang setinggi 24 meter dengan lukisan kehidupan Yesus di bawahnya. Selain itu, juga tersedia toko yang menjual souvenir ataupun barang-barang rohani.

2. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Amabrawa ini didirikan untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang terjadi pada tanggal 12 Desember – 15 Desember 1945 silam. Tak hanya monumen saja, di sini kamu juga bisa menyaksikan beragam koleksi benda terkait dengan pertempuran Palagan Ambarawa. Diantaranya seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia maupun Jepang, hingga pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak jatuh ke kawasan Rawa Pening.

3. Benteng Pendem Ambarawa

      View this post on Instagram      

A post shared by Shirleen Sheila (@shirleensheila) on

Ambarawa juga menyimpan bangunan bersejarah yang tak kalah menarik yakni Benteng Fort Williem 1 atau lebih dikenal dengan Benteng Pendem Ambarawa. Beteng ini dulunya digunakan sebagaimana fungsinya untuk keperluan perang.

Hingga di tahun 2003, Benteng Pendem ini beralih fungsi sebagai lapas sampai sekarang. Meski seperti itu, kamu masih boleh kok berkeliling di benteng ini. Tapi, hanya di bagian utaranya saja. Selain itu, benteng ini juga sangat cantik dijadikan spot foto. Jadi, siapkan kameramu ya!

4. Rawa Pening

Rawa Pening ini menjadi salah satu wisata yang populer di Semarang, khususnya Ambarawa. Di sini, kamu bisa menyaksikan panorama indah danau dan pegunungan di sekitarnya. Jika ingin lebih dekat, kamu juga bisa menyewa perahu motor untuk berkeliling di danau yang cantik ini. Rawa Pening sendiri berada di empat kecamatan yang ada di kabupaten Semarang yakni Bawn, Tuntang, Banyubiru, dan Ambarawa.

2 dari 4 halaman

Kereta Wisata Ambarawa

      View this post on Instagram      

A post shared by Achmad Noer Cholis (@achmad_noer_cholis) on

Museum Kereta Api Ambarawa menjadi salah stau destinasi wisata yang populer di kota ini. Berbeda dengan museum kebanyakan, di museum yang dulunya merupakan stasiun ini kamu bisa menaiki kereta wisata. Bukan kereta seperti sekarang, tapi kereta lama yang masih menggunakan uap dan diesel.

Ada dua jenis rute perjalanan yang tersedia. Pertama yakni rute Ambarawa - Jambu - Bedono yang menyuguhkan panorama pemandangan Gunung Ungaran dan Merbabu. Untuk rute yang lainnya yakni Ambarawa - Tuntang dengan melewati Rawa Pening. Di jalur kereta api rute Ambarawa - Jambu - Bedono kamu akan melewati rel bergigi. Menariknya, rel bergigi ini satu-satunya yang masih aktif di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Wisata Ambarawa Eling Bening

      View this post on Instagram      

A post shared by Pesona Cell (@pesonacell1) on

Menikmati kuliner nikmat dengan ditemani panorama alam yang indah keduanya bisa kamu dapatkan di Eling Bening. Eling Bening sendiri merupakan resto keluarga dengan mengusung konsep modern. Panorama di tempat ini sangat cantik dengan pemandangan berupa persawahan, Danau Rawa pening dan deretan gunung seperti Gunung Andong, Merbabu, serta Telomoyo di sekitarnya.

Ada juga area outbound dan kolam renang di kawasan ini. Tak hanya itu saja, area panahan, camping ground, play ground, hill tracking area, flying fox dan pastinya restoran juga tersedia. Lengkap, kan? Eling Bening ini terletak di Jl. Sarjono, Ambarawa, Semarang dan buka setiap harinya dari jam 08.00 - 18.00 di hari Senin - Jumat. Sedangkan saat weekend, tempat ini akan buka dari jam 07.00 - 18.30.

4 dari 4 halaman

Wisata Ambarawa Terbaru

Sederet tempat wisata Ambarawa berikut ini juga bisa jadi destinasi wisata yang menarik. Yuk, simak tempat wisatanya berikut ini!

1. Puncak Lereng Kelir

Puncak Lereng Kelir menawarkan panorama indah dari ketinggian. Di sini terdapat gardu pandang yang terletak di lereng Guning Kelir. Dari atas gardu pandang inilah kamu bisa menyaksikan keindahan panorama kabupaten Semarang, Gunung Merbabu, hingga Rawa Pening. Puncak Lereng Kelir ini sendiri terletak di Dusun Gertas, Brongkol, Jambu, Semarang.

2. Wisata Umbul Sidomukti

      View this post on Instagram      

A post shared by INDOZONE - TRAVEL (@indozonetravel) on

Terletak di ketinggian lereng Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti ini menyajikan beragam wisata yang menarik dalam satu kawasan. Salah satu yang terkenal yakni kolam renangnya. Kolam renang dengan konsep terbuka ini sangat memanjakan mata. Pasalnya, kamu bisa berenang sembari menyaksikan panorama indah di sekelilingnya, terlebih jika cuaca sedang cerah. Fasilitas lainnya yang juga ditawarkan Wisata Umbul Sidomukti ini adalah outbound, camping ground, hingga pondok wisata.

3. Kebun Bunga Bandungan

Kebun bunga ini menawarkan pemandangan cantik dari aneka bunga krisan dan rerumputan hijau di sekitarnya. Kebun Bunga Bandungan juga menjadi salah satu destinasi favorit di Ambarawa. Kebun bunga ini juga bisa jadi spot hunting foto yang ciamki, lho. Tertarik mencoba?

4. Curug Lawe Benowo Kalisidi

      View this post on Instagram      

A post shared by Tin Ntin (@tin_ntin07) on

Sama seperti namanya, Curug Lawe Benowo Kalisidi ini terletak di Desa Kalisidi, Ungaran Barat. Lokasi curug ini memang sedikit tersembunyi karena terletak di tengah pegunungan. Karena itu, untuk mencapainya diperlukan tenaga ekstra. Tapi, semuanya enggak akan sia-sia saat kamu sampai ke Curug Lawe Benowo ini karena panoramanya yang memanjakan mata. Terlebih, kamu akan disambut dengan udara yang sejuk.

Enggak kalah menarik kan beragam destinasi wisata Ambarawa di atas? Sekarang, kamu bisa punya tujuan baru nih saat ke Semarang!

Beri Komentar