10 Obyek Tempat Wisata Dieng Plateau di Wonosobo Jawa Tengah Beserta Macam Paket

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 3 Januari 2020 06:56
10 Obyek Tempat Wisata Dieng Plateau di Wonosobo Jawa Tengah Beserta Macam Paket
Kamu berencana liburan ke Wonosobo? Wisata Dieng bisa jadi pilihanmu. Berikut tempat-tempat wisata Dieng Plateau tersebut!

Selain Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah juga memiliki destinasi liburan lainnya yaitu wisata Dieng di Kabupaten Wonosobo. Wisata Dieng atau Dieng Plateau merupakan dataran tinggi di Jawa Tengah yang dijuluki sebagai 'negeri di atas awan'.

Keindahan alam yang ditawarkan sesampainya di sana akan membuatmu tercengang. Nggak heran jika banyak turis domestik maupun mancanegara yang menghabiskan waktu liburannya di wisata Dieng ini, sampai-sampai nggak pernah sepi di setiap harinya.

Kira-kira, ke mana saja kamu bisa melipir di wisata Dieng? Yuk, simak artikel berikut.

1 dari 4 halaman

Wisata Dieng Wonosobo

Wisata Dieng merupakan destinasi yang paling diminati di Kabupaten Wonosobo. Banyak sekali wisata Dieng yang dapat kamu kunjungi di sana. Apa saja wisata Dieng tersebut?

1. Kawah Sileri

ilustrasi kawah sileri © Diadona

Memasukki Desa Kepakisan, kamu akan menemukan salah satu kawah wisata Dieng yaitu Kawah Sileri. Kawah Sileri merupakan wisata Dieng berupa kawah terbesar di Dieng. Dari gazebo, kamu akan melihat asap-asap yang mengepul dengan latar belakang perbukitan dan ladang yang indah.

2. Telaga Warna

Sesuai namanya, wisata Dieng ini merupakan telaga yang warna airnya dapat berganti-ganti karena fenomena alam. Kadang kuning, hijau, atau warna-warni layaknya pelangi. Dengan mengunjungi wisata Dieng yang satu ini, liburanmu akan menjadi sempurna.

3. Bukit Sikunir

Kalau ingin menikmati pemandangan paling eksotis dari atas awan, wisata Dieng Bukit Sikunir adalah jawabannya. Kepuasaan maksimal akan kamu dapatkan ketika melihat sunrise maupun sunset. Meski berada di atas awan, wisata Dieng ini nggak pernah sepi alias ada aja yang berdatangan.

4. Padang Savana Dieng

Terletak di kaki Gunung Pangonan, wisata Dieng ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Padang rumput hijau keemasan yang setinggi lutut membuatmu mencapai fase nyaman yang maksimal. Jika kamu suka hiking, itu berita bagus. Karena untuk mencapai wisata Dieng ini, kamu harus melakukan tracking terlebih dahulu.

2 dari 4 halaman

Paket Wisata Dieng

Banyak orang yang memilih macam paket wisata Dieng dikarenakan kesibukan mereka sehingga nggak bisa menyiapkan segalanya sendirian. Dengan memilih salah satu paket wisata dieng di bawah ini, kamu akan lebih enjoy di sepanjang perjalanan.

1. Paket 1 Hari

Paket wisata Dieng satu ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan Dieng namun hanya memiliki waktu yang terbatas. Meski hanya satu hari, kamu sudah bisa menikmati berbagai tempat indah, kulineran, dan lainnya. Selain itu, paket wisata dieng ini tentu saja yang paling murah dari paket yang lainnya.

2. Paket 2 Hari 1 Malam

Untuk kamu yang mempunyai waktu lebih, nggak ada salahnya untuk mengambil paket wisata Dieng yang satu ini. Penjelahan wisata Dieng menjadi lebih luas dan nikmat. Mulai dari mengunjungi 10 tempat wisata Dieng, dan penawaran-penawaran lainnya.

3. Paket 3 Hari 2 Malam

Kalau kamu ingin menikmati wisata Dieng secara utuh, kamu kudu banget mengambil paket wisata Dieng yang satu ini. Selain menikmati penjelajahan pegunungan di Dieng, kamu juga akan menelisik telaga cantik, candi kuno, bahkan sampai formasi geologi wisata Dieng.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Dieng

Berbicara mengenai wisata Dieng emang nggak ada abisnya. Nyatanya, banyak pilihan tempat wisata Dieng yang bisa kamu kunjungi. Nah, gulir ke bawah ya supaya kamu dapat inspirasi.

1. Gunung Prau

ilustrasi gunung prau © Diadona

Bagi kamu pecinta hiking, kamu wajib mengunjungi Gunung Prau. Wisata Dieng satu ini memang nggak sepopuler gunung-gunung lainnya karena hanya 2.565 mdpl. Namun, Gunung Prau merupakan wisata Dieng memiliki pemandangan yang nggak kalah indahnya.

2. Gardu Pandang Tieng

Karean letaknya yang berada di Desa Tieng, maka dinamakanlah wisata Dieng ini dengan Gardu Pandang Tieng. Di wisata Dieng ini, kamu bisa menikmati keindahan sunrise tanpa harus berlelah-lelah mendaki. Selagi menunggi sunrise, kamu bisa ngobrol dengan kawan-kawan sambil minum minuman hangat.

3. Kawah Sikidang

Di antara kawah-kawah lainnya, wisata Dieng satu ini adalah yang paling mudah dicapai. Kawah Sikidang juga merupakan salah satu kawah vulkanik yang masih aktif di wisata Dieng. Makanya, para penjaga wisata Dieng sudah mengantisipasinya dengan membantu pagar pembatas.

4 dari 4 halaman

Obyek Wisata Dieng

Masih kurang puas dengan wisata Dieng di atas? Tenang, kami masih punya rekomendasi obyek wisata Dieng lainnya, kok. Yuk, intip tulisan berikut.

1. Lubang Sewu

ilustrasi gunung prau © Diadona

Wisata Dieng yang satu ini sering disebut versi mininya Grand Cayon. Batu-batu wisata Dieng ini akan terendam ketika musim hujan. Namun ketika musim kemarau tiba, air akan kering dan batu-batu pun menjadi sangat menarik. Untuk kamu pemburu foto Instagrammable, wisata Dieng ini wajib banget kamu kunjungi.

2. Museum Kailasa

Tepatnya berlokasi di lereng Bukit Semurup, wisata Dieng selanjutnya adalah museum kailasa. Kalau kamu bosan dengan pemandangan alam dan sekali-sekali ingin menikmati wisata Dieng indoor, tempat ini bisa kamu kunjungi. Menunjukkan berbagai peninggalan purbakala, pengetahuanmu selama liburan pun bertambah.

3. Mie Ongklok Longkrang

Sudah lelah berkeliling ke sana ke sini? Selanjutnya kamu bisa menikmati kuliner wisata Dieng yang satu ini, yaitu Mie Ongklok Longkrang. Bertempat di pusat kota, kamu akan mudah menemukannya. Walau sudah berdiri sejak 1975, cita rasanya masih tetap bertahan sampai sekarang.


Kamu punya pengalaman menarik seputar perjalananmu di berbagai macam wisata Dieng di atas? Yuk, ceritain pengalaman perjalananmu ke wisata Dieng di kolom komentar!

Beri Komentar