Kenapa sih Selalu Overthinking dan Suka Jelek-Jelekin Orang? Ini lho Penjelasannya

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 21 Agustus 2020 17:54
Kenapa sih Selalu Overthinking dan Suka Jelek-Jelekin Orang? Ini lho Penjelasannya
Hal seperti ini nih yang bikin makin insecure!

Masalah kebanyakan perempuan, mereka pasti akan merasakan hal tentang mengapa pada umur berapa pun selalu bersikap overthinking.

Menurut Zoya Amirin, seorang psikolog wanita dalam video yang diunggah di kanal YouTubenya, ia mengungkapkan bahwa mereka selalu membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

"Stop comparing your self. Semakin kamu sering membandingkan diri dengan siapa saja, maka makin sering kamu berbuat hal gila" ucap Zoya Amirin yang saat itu juga satu frame dengan anak perempuannya.

1 dari 3 halaman

Suka Kepikiran Kalau Orang Lain Lebih Baik

Ilustrasi Perempuan © Diadona

Terlebih lagi jika kamu terus-terusan membandingkan dirimu dengan perempuan yang saat ini dideketin sama mantan kamu, kamu akan merasa semakin insecure. Bagaimana tidak, kamu akan berfikir bahwa perempuan itu adalah yang paling cantik, paling pintar, dan paling segalanya. Kamu akan memikirkan hal itu terus-terusan tanpa menganggap bahwa kamu juga perempuan hebat yang layak untuk dicintai.

2 dari 3 halaman

Arti Kecemasan yang Sebenarnya

Ingat, reaksi orang terhadap dirimu, sebenarnya itu bukan berarti untukmu. Hal itu lebih pada ungkapan yang sebenarnya hanyalah memproyeksikan arti kecemasan mereka. Tapi, ketika kamu juga menyerang orang lain itu adalah perasaan yang sebenarnya tentang diri kamu sendiri.

Ilustrasi Perempuan © Diadona


" Duh, kok nih cewek centil banget sih?"

" Serius deh, tuh cewek sok kecantikan banget, bikin sebel liatnya!"

Nah, ungkapan seperti itu yang terlontarkan dari dirimu sebenarnya adalah arti kecemasan dan sikapmu sendiri.

3 dari 3 halaman

Lalu apa yang harus dilakukan?

Ilustrasi Wanita Karier © Diadona

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kecemasan berlebih ini. Mencari kegiatan baru dapat menjadi salah satu cara menghilangkan overthinking yang ampuh.

Setiap orang memiliki distraksi yang berbeda. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat membuatmu senang dan lupa pada apa yang dipikirkan. Kegiatan ini dapat berupa olahraga, membaca buku, mempelajari hal baru, atau banyak aktivitas lainnya.

Dari pada capek sendiri memikirkan hal yang enggak pasti akan orang lain, mending perbanyak kegiatan positif dan pengembangan diri kan? Semoga harimu menyenangkan!

Beri Komentar