8 Cara Membuat Tumis Kangkung Pedas Special Enak dengan Saori Saus Tiram dan Terasi Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 20 Maret 2020 23:22
8 Cara Membuat Tumis Kangkung Pedas Special Enak dengan Saori Saus Tiram dan Terasi Sederhana
Bahan sederhana bisa menjadi sajian istimewa, yuk buat sendiri olahan tumis kangkung di rumah!

Siapa bilang makan enak harus selalu dengan daging? Kamu bisa benget kok menikmati sajian lezat dan istimewa hanya dengan menggunakan bahan sederhana. Yap, kamu bisa menghipnotis lidah suami dan anak atau mungkin pasangan, pacar dan teman mesra kamu dengan tumis kangkung. Eits, jangan remehkan sayuran ini ya! Tumis kangkung ini akan menjadi sajian yang sangat lezat dengan pengolahan yang tepat.

Nggak perlu ribet, cukup gunakan bahan bumbu bawang merah, bawang putih, dan cabe, kamu bisa menumis kangkung ini dengan mudah. Jangan lupa beberapa bahan perasa seperti garam, gula, terasi, penyedap rasa, dan saus tiram. Kalau kamu suka, bisa juga tambahkan teri atau ebi. Dijamin masakan sederhana ini akan membuat kamu semakin disayang oleh suami dan pasangan romantismu. Auto nambah jajan bulanan, nih! Hehe...

Yuk, daripada bingung, simak langung resep cara membuat tumis kangkung yang telah Diadona ulas selengkapnya di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Membuat Tumis Kangkung yang Enak dan Lezat

Ilustrasi Tumis Kangkung yang Enak © Diadona

Kalau kamu tipe wanita yang super sibuk dengan jam tayang tinggi, sajian tumis kangkung ini bisa menjadi pilihan cepat untuk acara masakmu. Dijamin, keluarga akan bakal suka, deh. Yuk simak saja langsung resep cara membuat tumis kangkung yang enak dan lezat berikut ini.

Bahan:
- 1 iket kangkung, potong kecil lalu cuci bersih

Bumbu tumis:
- 2 buah cabe merah
- 5 buah cabe rawit hijau
- 2 siung bawang putih, geprek lalu iris
- 5 siung bawang merah
- Garam secukupnya
- 1/4 sdt terasi (bikin tumis makin sedap)
- Penyedap rasa secukupnya
- Gula secukupnya
- Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat tumis kangkung yang enak dan lezat:

  1. Panaskan minyak lau masukkan terasi, setelah harum masukkan bumbu tumis. Campurkan garam, gula dan penyedap rasa.
  2. Setelah tercampur, masukkan kangkung, masak dengan api besar sebentar saja, setelah kangkung layu segera matikan api dan langsung sajikan di atas piring.

2 dari 8 halaman

2. Cara Membuat Tumis Kangkung Pedas

Ilustrasi Tumis Kangkung Pedas © Diadona

Jika kamu pencinta sajian pedas, kamu bisa banget mengaplikasikannya pada olahan tumis kangkung ini. Dijamin, kamu akan suka dan nggak bakal berhenti ngunyah. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat tumis kangkung pedas yang super nendang berikut ini.

Bahan:
- 2 ikat kangkung
- Ayam fillet secukupnya
- 15 cabe rawit merah
- 1 cabe merah besar
- 1 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 1 buah tomat besar
- 3 sdm saus tiram
- Penyedap rasa (royco, garam, dan gula)
- 5 sendok makan minyak

Cara membuat tumis kangkung pedas:

  1. Potong dan cuci bersih kangkung. Cuci dan potong juga cabe rawit, cabe merah, bawang merah, dan bawang putih. Potong juga ayam ukuran dadu.
  2. Siapkan dan panaskan wajan, beri minyak. Masukkan ayam dan tumis hingga matang. Masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum.
  3. Masukkan kangkung dan tumis setengah layu menggunakan api kecil. Masukkan cabe merah dan cabe rawit yang sudah dipotong, penyedap rasa dan saus tiram.
  4. Masukkan juga tomat yang dipotong memanjang dan tumis sebentar kira-kira 2 menit. Angkat dan pindahkan ke piring saji. Tumis kangkung siap dihidangkan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Membuat Tumis Kangkung dengan Saori

Ilustrasi Tumis Kangkung dengan Saori © Diadona

Siapa yang menunggu olahan sajian tumis kangkung ini karena alasan bumbunya yang kental dan menyerap sempurna? Yap, jika demikian, maka kamu adalah pencinta tumis kangkung sejati. Tumis kangkung memang identik dengan bumbu saus kental berwarna coklat kehitaman, perpaduan dari bumbu dan saus kecap. Nggak heran kalau banyak orang yang menyukainya. Kamu juga harus membuat sajian ini dengan melihat resep cara membuat tumis kangkung dengan saori berikut.

Bahan:
- 2 ikat kangkung
- 20 buah cabai rawit
- 2 buah cabai merah keriting
- 3 butir bawang merah
- 1 butir bawang putih
- Ikan teri
- 6 sdm kecap saori
- 1 sdt garam
- 1/4 sdt gula
- 1/2 sdt royco
- Secukupnya air

Cara membuat tumis kangkung denga saori:

  1. Potong kangkung sesuai selera kemudian cuci bersih. Tumis bumbu yang sudah diiris berupa cabai, bawang merah dan bawang putih hinga harum. Masukkan ikan teri dan kecap saori. Diamkan selama 2 menit sambil terus diaduk.
  2. Masukkan kangkung, tumis hingga layu kemudian tambahkan garam, gula, royco dan air secukupnya. Koreksi rasa sesuai selera, kangkung siap disajikan.

4 dari 8 halaman

4. Cara Membuat Tumis Kangkung Saus Tiram

Ilustrasi Tumis Kangkung Saus Tiram © Diadona

Saus tiram yang melegenda memang selalu ditunggu-tunggu, tak terkecuali pada olahan sajian lezat tumis kangkung ini. Nggak hanya bikin nagih, kamu pasti bakal suka dan akan merindukan makanan sederhana ini kalau sudah berada di perantauan. Tenang, kamu juga bisa membuatnya di rumah atau kosan dengan bahan sederhana, hitung-hitung sebagai pengobat rindu kangen kampung halaman. Yuk langsung saja simak resep cara membuat tumis kangkung saus tiram berikut ini.

Bahan:
- 1 ikat kangkung
- 4 buah cabe merah
- 6 buah cabe rawit orange
- 3 buah bawang merah
- 3 buah bawang putih
- 1 buah tomat, potong sesuai selera
- 1 bungkus terasi ABC
- 1/4 sdt garam
- 1/4 adt penyedap rasa
- 1/4 adt gula
- 1 bungkus saori tiram
- Minyak untuk menumis
- Air secukupnya

Cara membuat tumis kangkung saus tiram:

  1. Bersihkan kangkung dan potong sesuai selera, sisihkan dulu di wadah. Ulek halus semua bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit orange, dan terasi.
  2. Panaskan minyak di atas wajan, tumis sebentar bahan halus lalu tambahkan air sedikit. Masukkan kangkung dan tomat yang sudah dipotng, aduk rata.
  3. Tambahkan bahan penyedap rasa berupa garam, gula, royco dan saos tiram. Masak hingga matang dan jangan kematangan atau terlalu layu. Tumis kangkung siap disajikan.

5 dari 8 halaman

5. Cara Membuat Tumis Kangkung Sederhana

Ilustrasi Tumis Kangkung Sederhana © Diadona

Sajian sederhana tumis kangkung memang menjadi idola dan masakan wajib saat pulang ke rumah. Nggak jarang pula banyak ibu rumah tangga Indonesia yang memilih olahan ini sebagai menu sederhana dan praktis sebagai sajian santap bersama. Yuk, buat saja sendiri dengan melihat resep cara membuat tumis kangkung sederhana berikut ini.

Bahan:
- 1 ikat kangkung
- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- Cabe secukupnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa
- Gula pasir secukupnya
- Minyak goreng

Cara membuat tumis kangkung sederhana:

  1. Potong kangkung dan cuci bersih, sisihkan. Iris bawang putih, bawang merah, dan cabe. Tumis dalam wajan dengan miyak panas.
  2. Jika bumbu matang, masukkan kangkung, tunggu hingga matang sambil diaduk. Tambahkan garam, penyedap rasa dan gula. Masak sebentar lalu kangkung siap untuk disajikan.

6 dari 8 halaman

6. Cara Membuat Tumis Kangkung Special

Ilustrasi Tumis Kangkung Special © Diadona

Sajian special tumis kangkung ini bisa banget kamu buat sendiri di rumah dengan bahan tambahan teri medan asli yang khas. Dijamin deh, olahan tumis kangkungmu akan semakin terasa sedap di lidah. Simak saja langsung resep cara membuat tumis kangkung special di bawah ini.

Bahan:
- 2 ikat kangkung
- 3 siung bawang putih
- 2 buah cabe merah
- 1 buat tomat
- 1 sdt saos tiram
- Secukupnya teri medan asin

Cara membuat tumis kangkung special:

  1. Siapkan bahan lalu cuci bersih. Siram teri dengan air panas agar tidak terlalu asin. Potong cabe, tomat, dan bawang putih.
  2. Tumis semua bumbu, ketika bumbu sudah harum, segera masukkan kangkung. Saat kangkung sedikit layu, beri air dan masak sebentar. Tumis kangkung special siap disajikan.

7 dari 8 halaman

7. Cara Membuat Tumis Kangkung Terasi

Ilustrasi Tumis Kangkung Terasi © Diadona

Nggak perlu ribet hanya untuk sekedar mengolah makanan lezat di rumah. Buat saja sajian tumis kangkung sedap dengan bahan tambahan terasi yang khas ini. Dijamin aromanya akan semakin nikmat dengan ditemani sepiring nasi putih hangat. Yuk, simak saja langusng resep cara membat tumis kangkung terasi di bawah ini.

Bahan:
- 3 ikat kangkung Cina
- 15 biji cabe merah
- 3 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 bungkus terasi
- Penyedap rasa secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat tumis kangkung terasi:

  1. Potong kangkung sesuai selera kemudian cuci bersih. Ulek jadi satu bahan cabe, bawang putih, bawang merah dan garam. Tumis bumbu halus hingga wangi, lalu masukkan sayur kangkung tadi.
  2. Masukkan penyedap rasa lalu aduk, biarkan sayur layu dan tutup menggunakan tutup wajan atau panci. Aduk tumisan sayur kangkung hingga bumbu meresap. Kangkung siap disajikan.

8 dari 8 halaman

8. Cara Membuat Tumis Kangkung Tetap Hijau

Ilustrasi Tumis Kangkung Tetap Hijau © Diadona

Kamu pasti akan sangat menyukai tumis kangkung dengan warna yang tetap 'stay' hijau. Nah, ternyata ada tipsnya loh. Berikut resep mudah cara membuat tumis kangkung agar tetap hujau yang lezat selengkapnya.

Bahan:
- 1 ikat kangkung
- 5 cabai merah besar
- 7 cabai merah setan
- 5 bawang merah
- 5 bawang putih
- 2 lembar daun jeruk
- Garam secukupnya
- Minyak untuk menumis bumbu

Cara membuat tumis kangkung tetap hijau:

  1. Siapkan semua bahan, blender bahan cabai merah besar, cabai merah setan, bawang merah dan bawang putih. Tumis bumbu dan masukkan daun jeruk.
  2. Setelah bumbu mengeluarkan minyak, masukkan kangkung dan aduk. Agar kangkung tetap hijau, masak dengan api besar dan tidak diberi air. Beri garam secukupnya dan tes rasa. Kangkung siap disajikan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat tumis kangkung pedas special enak dengan saori saus tiram dan terasi sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Dijamin suami, dan anak, atau pasagan kamu nggak menyisakannya di atas piring makan, alias ludes tak bersisa, hehe... Bagaimana, tertarik membuatnya? Segera persiapkan bahan-bahannya, ya!

Baca juga yuk: Resep Cara Membuat Bakwan Jagung, Sayur, Tahu, Kol, Serta Udang Yang Enak Dan Praktis

Beri Komentar