10 Cara Membuat Keripik Kentang Renyah Tanpa Kapur Sirih Tahan Lama Rasa Balado dan Pedas Manis

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 20 Maret 2020 16:16
10 Cara Membuat Keripik Kentang Renyah Tanpa Kapur Sirih Tahan Lama Rasa Balado dan Pedas Manis
Merasa gabut saat harus Work From Home? Dibikin asik aja dengan camilan keripik kentang buatan sendiri. Simak resepnya berikut, ya!

Wah, sedang maraknya musim wabah corona, nih. Dampak dari COVID-19 pun mengakibatkan sebagian besar instansi dan perusahaan mewajibkan murid, mahasiswa, dan karyawannyanya untuk belajar dan bekerja dari rumah alias Work From Home ataau disingkat WFH. Nah, dari berbagai informasi nih, ya... mereka yang menjalani aktivitas sementara via online ini merasa gabut. Pasalnya tugas sekolah, kuliah atau masalah kerjaan semakin banyak dan bikin ribet. Mungkin kita masih belum terbiasa, ya. Makanya banyak keluhan dan sambat terus, hehe...

Tapi nih ya, ada beberapa opsi loh bagi kamu yang merasa gabut di rumah. Kamu bisa tuh untuk belajar menjadi calon istri idaman atau mencoba resep baru bagi kamu yang sudah menikah. Nggak hanya masakan berat, kamu bisa kok membuat camilan ringan sebagai salah satu aktivitas yang menyenangkan selama masa menghindar dari keramaian akibat COVID-19.

Yap, kamu bisa banget membuat olahan camilan keripik kentang yang renyah dan tahan lama. Nggak perlu ribet, yuk simak langsung resep cara membuat keripik kentang yang telah Diadona ulas di bawah ini. Cocok banget untuk menemani kamu belajar atau bekerja dari rumah. Enak, ekonomis dan yang pasti terjamin kebersihannya. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Keripik Kentang Renyah Tanpa Kapur Sirih

Ilustrasi Keripik Kentang © Diadona

Pasti kamu bertanya-tanya, bagaimana sih membuat camilan keripik kentang yang enak dan nggak ribet? Gampang banget kok, kamu bisa membuatnya dengan cara yang sederhana walaupun tanpa menggunakan bahan kapur sirih. Yuk, daripada bingung sendiri, mending praktikkan resep cara membuat keripik kentang renyah tanpa kapur sirih berikut ini.

Bahan:
500 gr kentang, iris tipis sesuai selera dan goreng

Bahan bumbu:
- 5 butir bawang merah, diiris halus
- 5 butir bawang putih
- 5 buah cabai keriting
- 3 buah cabai rawit
- 1 butir gula merah
lengkuas
- Daun salam
- Serai
- Garam
- Merica bubuk
- Penyedap rasa

Cara membuat keripik kentang renyah tanpa kapur sirih:

  1. Tumis bawang merah hinga harum, masukkan juga bawang putih dan cabai yang sudah dihaluskan. Beri gula merah, lengkuas, daun salam dan serai. Tambahkan garam, merica bubuk dan penyedap rasa.
  2. Tambahkan air lalu masak hinga bumbu mengental. Mauskkan kentang yang sudah digoreng kering, aduk rata lalu biarkan dingin suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam toples.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Keripik Kentang Balado

Ilustrasi Keripik Kentang Balado © Diadona

Ngemil enak memang nggak ada bosan-bosannya dengan jajanan keripik kentang. Apalagi kamu memilih rasa balado, hem... tambah mantab tuh. Nah, daripada beli mahal, mending buat saja sendiri dengan berkreasi memasak resep cara membuat keripik kentang balado di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram kentang, iris tipis
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang serai
- 3 sdm air asam jawa
- 2 ruas jari lengkuas
- 1 sdm gula merah
- 10 sdm gula putih

Bumbu halus:
- 7 buah bawang merah
- 5 buah bawang putih
- 6 buah cabe merah besar, buang biji
- 10 buah cabe rawit merah
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa

Cara membuat keripik kentang balado:

  1. Cuci bersih kentang yang sudah diiris hingga air bening dan tekstur tidak terlalu licin. Panaskan minyak dan goreng kentang hingga kering dan berwarna keemasan, sisihkan.
  2. Haluskan semua bumbu, panaskan minyak lalu tumis hingga harum. Tambahkan bahan lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk. Masukkan air asam jawa dan penyedap rasa.
  3. Masukkan gula merah dan gula putih. Aduk pelan hingga bumbu mengental dan sedikit lengket menyerupai karamel. Masukkan kentang dan kecilkan api.
  4. Aduk hingga bumbu rata dan semua kentang berwarna merah. Tunggu hingga dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah tertutup rapat.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Keripik Kentang Renyah dan Tahan Lama

Ilustrasi Keripik Kentang Renyah Tahan Lama © Diadona

Siapa sih yang nggak suka olahan chiki keripik kentang kemasan di supermarket? Kalau kamu punya voucher belanja pasti jajan keripik kentang sudah masuk pertama di keranjang belanja kamu, dan melupakan buat belanja kebutuhan pokoknya. Hem, bisa-bisa kamu hidup boros tuh. Nah, nggak perlu khawatir lagi, kamu bisa membuat olahan keripik yang nggak kalah enak di supermarket. Yuk simak langsung deh resep yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah dalam cara membuat keripik kentang renyah dan tahan lama berikut ini.

Bahan:
- 500 gram kentang
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat keripik kentang renyah dan tahan lama:

  1. Kupas kentang lalu cuci bersih. Rendam di dalam air yang dicampur dengan 1 sdt garam. Belah dan iris sama tipis sesuai selera. Remas-remas kentang hingga lemas.
  2. Buang air keruhnya lalu cuci hingga beberapa kali hingga air bening dan tidak keruh. Tiriskan dan taburi sedikit garam, aduk rata dan siap digoreng.
  3. Panaskan minyak banyak di wajan. Jika minyak sudah benar-benar panas, kecilkan api, goreng hingga kering keemasan dengan api sedang.
  4. Sering aduk kentang agar keringnya merata. Angkat dan tiriskan dialasi tissu dapur agar mengurangi kadar minyaknya. Simpan di dalam kulkas dengan wadah tertutup.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Keripik Kentang Chitato

Ilustrasi Keripik Kentang Chitato © Diadona

Banyak sekali brand makanan kemasan yang berbahan dasar kentang. Yap, karena rasanya yang terbilang gurih, kentang memang salah satu bahan yang cocok dijadikan camilan khususnya keripik. Salah satu merek terkenal keripik kentang adalah Chitato. Kamu juga bisa membuat keripik ala brand ini di rumah. Nggak perlu repot, yuk langsung saja simak resep cara membuat keripik kentang chitato di bawah ini.

Bahan:
- 1 kg kentang
- Secukupnya garam
- Air untuk merendam

Cara membuat keripik kentang chitato:

  1. Iris tipis kentang menggunakan power chop atau parutan khusus kentang. Rendam dalam air dan beri garam secukupnya.
  2. Goreng kentang dalam minyak yang banyak hingga tekturnya renyah. Angkat dan tiriskan, taruh dalam wadah rapat setelah dingin. Beri bubuk tabur sesuai selera dan siap disajikan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Keripik Kentang Crispy

Ilustrasi Keripik Kentang Crispy © Diadona

Sudah pasti dong kamu akan merasakan sensasi renyah dan crispy-nya keripik kentang ini. Selain rasanya yang gurih, kamu juga bisa memilih berbagai rasa yang disediakan saat membelinya. Eits, ingat juga dong tentang gaya hidup sehat dan hemat. Kamu bisa membuat camilan keripik kentang ini di rumah. Tenang, cara membuatnya sangatlah sederhana, kok. Nggak perlu skill dewa, yuk langsung saja simak resep cara membuat keripik kentang crispy berikut ini.

Bahan:
- 1/2 kg kentang kecil
- 7 cabe merah, haluskan
- 6 cabe rawit, sesuai selera
- 5 siung bawang putih
- 2 buah bawang merah
- 1 buah gula merah
- Secukupnya garam
- Sedikit penyedap rasa

Cara membuat keripik kentang crispy:

  1. Kupas dan cuci kentang, cabe merah dan cabe rawit. SIapkan air mentah sebanak 500 ml atau secukupnya. Tambahkan 2-3 sdt garam lalu aduk. Serut kentang menggunakan parutan aatu pisau biasa, rendam dalam air garam tadi sebentar.
  2. Haluskan cabe merah dan beri sedikit minyak. Setelah kentang ditiriskan, goreng kentang hingga kecoklatan menggunakan api sedang sambil diaduk hingga kering merata. Goreng hingga habis dan tiriskan.
  3. Iris bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan gula merah. Siapkan sedikit minyak lalu masukkan irisan bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit. Setelah tercium bau harum, masukkan cabe yang sudah dihaluskan dan tumis hingga matang.
  4. Masukkan garam dan gula merah, aduk rata lalu tes rasa sesuai selera. Masukkan kentang yang sudah digoreng, kecilkan apinya lalu aduk hingga bumbu rata, angkat kemudian hidangkan.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Keripik Kentang Lays

Ilustrasi Keripik Kentang Lays © Diadona

Selain Chitato, ada juga brand terkenal lainnya seperti Lays yang menawarkan produk keripik kentang dengan berbagai varian rasa yang tentunya enak dan renyah. Kamu juga bisa membuat keripik kentang ala Lays sendiri di rumah. Cocok banget untuk menemani waktu nonton atau sekedar belajar dan bekerja dari rumah. Simak resep cara membuat keripik kentang Lays di bawah ini.

Bahan:
- 10 buah kentang
- Secukupnya kapur sirih
- Secukupnya air dingin
- Secukupnya masako/garam

Cara membuat keripik kentang lays:

  1. Kupas dan cuci bersih bahan kentang, iris tipis sama rata. Siapkan air dingin dan beri kapur sirih secukupnya dan jangan terlalu banyak. Rendam selama kurang lebih 5 menit.
  2. Cuci dan bilas bahan kentang yang telah direndam, lalu tiriskan. Siapkan minyak goreng, tunggu hingga benar-benar panas.
  3. Goreng hingga kentang bertekstur keras dan renyah berwarna kuning keemasan. Tiriskan dengan tisu makan untuk mengurangi kadar minyak. Siap disajkan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Keripik Kentang Putih

Ilustrasi Keripik Kentang Putih © Diadona

Olahan keripik kentang memang selalu menjadi sajian istimewa di kala nongkrong atau sekedar bercengkrama dengan orang terkasih di rumah dan pasangan romantis kamu. Nah, kalau kamu sedang bosan, boleh banget membuat keripik kentang sederhana dari kelompok jenis kentang ini. Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat keripik kentang putih berikut ini.

Bahan:
- 1 kg kentang sayur pilih yang besar
- 1 sdm kapur sirih
- 1,5 liter air bersih
- 1/2 sdt garam
- 3 siung bawang putih
- Secukupnya minyak goreng

Cara membuat keripik kentang putih:

  1. Kupas dan iris tipis bahan kentang, buatlah larutan air kapur dengan mencampurkannya dalam air bersih lalu aduk rata. Masukkan irisan kentang dalam air kapur sirih. Rendam selama 12 jam, tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih dan garam, masukkan ke dalam air mendidih secukupnya. Masukkan kentang yang telah ditiriskan dan tunggu hingga mendidih sekali lagi lalu angkat.
  3. Jemur kentang di bawah panas matahari hingga kering selama 2 hari saat cuaca cerah dan terik. Pastikan benar-benar kering lalu goreng dengan minyak panas.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Keripik Kentang Potato

Ilustrasi Keripik Kentang Potato © Diadona

Banyak sekali sajian camilan yang bisa kamu pilih untuk menemani hari-harimu. Keripik kentang ini salah satunya. Teksturnya yang renyah dan crispy menjadikannya sebagai camilan idola semua kalangan. Kamu tentunya juga bisa membuat camilan ini di rumah dengan bahan sederhana. Simak saja langsung resep cara membuat keripik kentang potato di bawah ini.

Bahan:
- 1 kg kentang, jenis yang kuning
- 1 sdm garam
- 1 liter air untuk merendam kentang
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat keripik kentang potato:

  1. Campurkan air dan garam, aduk rata lalu sisihkan. Kupas kentang, cuci bersih, iris tipis dan masukkan dalam campuran air garam selama 30 menit.
  2. Cuci bersih kentang dengan dibilas berkali-kali hingga airnya jernh, tiriskan, goreng bertahap. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang.
  3. Saat menggoreng taburi dengan sedikit garam, aduk pada saat kentang setengah matang hingga kentang matang merata.
  4. Setelah dingin masukkan kentang ke dalam wadah kedap udara supaya tahan. Tambahkan juga bumbu bubuk dan remasan rumput laut.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Keripik Kentang Ebi

Ilustrasi Keripik Kentang Ebi © Diadona

Selain teksturnya yang renyah, keripik kentang ini juga kaya akan varian rasa. Bukan hanya balado, kamu juga bisa menikmati sajian camilan keripik kentang ini dengan rasa ebi yang khas. Penasaran kan, bagaimana sih cara membuatnya? Yuk langsung saja simak resep cara membuat keripik kentang ebi berikut ini.

Bahan:
- 500 gram kentang
- 250 gram bawang merah
- 100 gram ebi sangrai
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat keripik kentang ebi:

  1. Kukus kentang lalu cuci bersih dan iris sama tipis, goreng kentang hingga kering. Kupas bawang, cuci bersih dan goreng. Blender bahan ebi yang sudah disangrai.
  2. Campurkan semua bahan yang telah digoreng ke dalam toples besar atau wadah kedap udara. Masukkan ebi, kaldu bubuk dan cabe serbuk. Guncang-guncang wadahnya agar semua tercampur.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Keripik Kentang Pedas Manis

Ilustrasi Keripik Kentang Pedas Manis © Diadona

Jika kamu pencinta olahan pedas, maka wajib banget kamu mencoba varian rasa pedas manis pada olahan keripik kentang ini. Nggak perlu ribet, buat saja di rumah dengan melihat resep cara membuat keripik kentang pedas manis berikut ini.

Bahan:
- 1 kg kentang, kupas dan cuci bersih
- Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
- 1 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 lembar daun salam
- 4 buah cabe rawit merah
- 1 ruas jahe
- 1 sdm air asam jawa
- 75 gram gula pasir
- Secukupnya garam

Cara membuat keripik kentang pedas manis:

  1. Kupas kentang, serut lalu cuci hinga benar-benar bersih. Goreng hingga kering merata, lalu sisihkan dulu.
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga tercium bau harum. Tambahkan daun salam dan sedikit air. Beri gula, garam dan air asam jawa. Aduk hingga rata, koreksi rasa, masak dengan api kecil hingga bumbu mengental.
  3. Masukkan kentang, aduk selagi bumbu masih panas dalam keadaan kompor sudah dimatikan. Setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara agar bisa bertahan lama.

Nah, itulah 10 resep cara membuat keripik kentang renyah tanpa kapur sirih tahan lama rasa balado dan pedas manis yang bisa kamu buat sendiri di rumah untuk mengusir rasa bosan dan gabut. Bagaimana tertarik membuatnya? Yuk, segera eksekusi dan persiapkan bahan dan perlengkapan memasaknya, ya!

Baca juga yuk: 5 Resep Cara Membuat Popcorn Caramel Manis Dan Asin Aneka Rasa Ala Bioskop

Beri Komentar