Cegah Pasangan Selingkuh? Sering-Sering Saja Lakukan Cuddle

Reporter : Arifina
Sabtu, 24 September 2022 08:00
Cegah Pasangan Selingkuh? Sering-Sering Saja Lakukan Cuddle
Bikin hubungan makin mesra juga lho!

Hubungan asamara bisa terjalin baik dan langgeng tentunya perlu kerja sama antar pasangan. Tak semata hanya perihal komunikasi, aktivitas romantis seperti cuddle atau berpelukan penting dalam menjaga hubungan lebih langgeng.

Bahkan, cuddle yang dilakukan dengan rutin akan membuat kecanduan hingga mencegah adanya perselingkuhan lho! Kok bisa? Ya, cuddle identik dengan kegiatan bermesraan bareng pasangan yang umumnya dilakukan di tempat tidur, namun tidak selalu berorientasi pada seksual ya.

1 dari 4 halaman

Salah satu faktor yang membuat aktivitas cuddle bikin kecanduan ini karena dipicu oleh hormon oksitosin. Ini adalah hormon cinta yang selalu ada dalam diri manusia.

Kadar hormon ini biasanya akan terus meningkat setiap kali pasangan melakukan aktivitas fisik, tak terkecuali cuddle.

Dilansir dari The Week, setidaknya ada 3 manfaat dari pasangan yang melakukan cuddle dengan rutin dan sering. Apa saja?

 

2 dari 4 halaman

Cegah Perselingkuhan

IlustrasiIlustrasi © 2022 freepik.com/lookstudio

Hormon oksitosin memiliki peran penting dalam memperdalam ikatan cinta antar pasangan. Sebuah studi bahkan menyebut, aktivitas ini dapat mencegah pria berselingkuh.

Namun, rasa candu dari aktivitas cuddle ini juga bisa berdampak buruk terhadap kondisi seseorang. Dalam hal ini, jika pasangan harus mengalami perpisahan, hal itu bisa membuat seseorang merasa hancur secara fisiologis.

3 dari 4 halaman

Pasangan akan Saling Setia

Menurut studi yang dilakukan Proceedings of the National Academy of Sciences, hormon oksitosin juga berperan penting dalam membuat pasangan saling setia. Penelitian ini tak hanya berlaku bagi pria tetapi juga wanita.

Hormon oksitosin yang muncul teratur membuat pasangan terlihat lebih menarik dan manfaat itu hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri dan pasangan. Manfaat ini juga berkaitan dengan fitrah manusia sebagai makhluk monogami.

Di mana, hal itu dapat membuat seseorang setia dalam komitmen sebuah hubungan. Menurut para peneliti, hal tersebut sebagai salah satu keuntungan biologis yang bisa dirasakan dari aktivitas romantis seperti cuddle.

4 dari 4 halaman

Membuat Kecanduan

Ilustrasi pasanganIlustrasi pasangan © 2022 freepik.com

Aktivitas cuddle bisa membuat kecanduan. Jika kalian dengan pasangan rutin melakukannya, maka akan merangsang produksi hormon oksitosin yang dapat membantu melepaskan dopamin.

Dopamin ini adalah hormon yang memberikan perasaan bahagia sekaligus kecanduan kepada orang yang dicintai. Fakta ilmiah ini juga menjelaskan dukungan atau sentuhan fisik sangat erat kaitannya dengan kesehatan emosional.

Beri Komentar