Alasan Ilmiah Kenapa Perempuan Cenderung Menyukai Pria yang Lebih Tua

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 24 Februari 2021 09:15
Alasan Ilmiah Kenapa Perempuan Cenderung Menyukai Pria yang Lebih Tua
Apa benar yang lebih dewasa memberi kenyamanan?

Setiap orang pasti punya preferensi masing-masing mengenai tipe pasangan idamannya. Salah satu kriteria yang ditentukan yakni soal perbedaan usia.

Pernah nggak sih kamu menyadari kalau kebanyakan perempuan cenderung memilih pria yang usianya jauh lebih tua untuk jadi pasangannya? Biasanya, perempuan-perempuan ini beralasan jika pria yang lebih tua cenderung lebih dewasa dan matang loh.. Namun, apa benar demikian?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Pasangan Beda UsiaIlustrasi Pasangan Beda Usia © shutterstock.com/fonti

Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan kebenaran mitos tersebut. Profesor Madeleine Fugere, penulis The Social Psychology of Attraction and Romantic Relationships akhirnya mengemukakan hasil penelitian tersebut.

Melansir dari Grazia Daily, ternyata ada bukti ilmiah yang menunjukkan jika pria yang lebih tua memang dianggap menarik. Hal semacam ini bukan hanya soal budaya, tapi juga berkaitan dengan fenomena psikologis dan evolusioner.

2 dari 4 halaman

Perbedaan usia sebenarnya menimbulkan suatu kenyamanan. Maka nggak mengherankan jika kebanyakan perempuan lebih tertarik dengan pria yang lebih tua dan dewasa. Begitu juga sebaliknya, kebanyakan pria cenderung menyukai perempuan yang beberapa tahun lebih muda darinya.

Profesor Fugere menyebut fenomena ini terjadi secara universal. Dan biasanya, preferensi tersebut sejalan dengan pertambahan usia seseorang.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Pasangan Beda UsiaIlustrasi Pasangan Beda Usia © shutterstock.com/id/g/deniskomarov

Jika dikaitkan dengan evolusioner, pemilihan kriteria pasangan berdasarkan usia ini ternyata mengarah pada dua alasan. Di pihak pria, mereka mencari pasangan yang lebih muda karena ingin memastikan pasangannya dalam kondisi subur.

Sedangkan untuk perempuan, mereka mempertimbangkan sumber daya dan kemapanan yang biasanya dimiliki/ditemukan pada pria yang usianya lebih tua darinya. Selain itu, pria yang lebih tua biasanya memiliki stabilitas yang membuat perempuan merasa lebih nyaman saat berada di dekatnya.

4 dari 4 halaman

Well, jadi sah-sah aja kok kalau ada perempuan yang menyukai pria dengan usia lebih tua darinya. Kalau kamu gimana nih, pilih yang lebih tua atau mending yang lebih muda aja? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar