Kenapa Kebanyakan Orang Cenderung Berselingkuh dengan Sosok Terdekatnya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 20 Februari 2021 09:15
Kenapa Kebanyakan Orang Cenderung Berselingkuh dengan Sosok Terdekatnya?
Ternyata ini alasan para pria memilih selingkuh dari pasangannya.

Isu perselingkuhan sedang ramai diperbincangkan belakangan ini. Mulai dari yang masih berstatus pacaran hingga sudah berstatus menikah, ada-ada saja yang mengkhianati pasangan dengan melakukan perselingkuhan.

Bicara soal perselingkuhan, ada suatu fakta menarik yang pernah terungkap lewat sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Family Psychology. Dalam penelitian tersebut, terungkap fakta bahwa kebanyakan pria cenderung berselingkuh dengan orang yang sudah dikenalnya.

1 dari 5 halaman

Bukan sekadar kenal, biasanya orang ketiga ini merupakan sosok dekat pria tersebut atau bahkan pasangannya. Dari survey tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa kebanyakan pria cenderung berselingkuh dengan teman dekatnya, tetangga, rekan kerja, atau bahkan kenalannya. Survey lain pun mengungkap hal serupa, dan memang kasus perselingkuhan biasanya melibatkan orang-orang yang berada dalam satu lingkaran pergaulan yang sama.

Lantas, kenapa orang-orang cenderung memilih selingkuhan yang merupakan sosok dekatnya? Melansir dari Betterme.tips, ada beberapa penyebab mengapa pria cenderung berselingkuh dengan orang yang ada di lingkaran pergaulannya. Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

1. Teman memberi kenyamanan yang tidak didapatnya dari pasangan

Ilustrasi PerselingkuhanIlustrasi Perselingkuhan © shutterstock.com/id/g/Charnchai Saeheng

Tanpa disadari, setiap orang pasti punya seorang teman istimewa yang selalu mendengarkannya, penuh perhatian, selalu memahami, bahkan memberi nasihat tanpa menghakimi.

Perilaku seperti ini bisa jadi tidak didapatkannya dari pasangan. Itulah sebabnya, timbul kenyamanan dari pertemanan tersebut alih-alih dari hubungan asmara yang dijalaninya.

3 dari 5 halaman

2. Teman bisa diajak bersenang-senang

Ilustrasi Pertemanan Lawan JenisIlustrasi Pertemanan Lawan Jenis © shutterstock.com/g/Wiriyathitiporn

Ada kalanya, hubungan yang dijalani dengan pasangan mencapai titik membosankan bagi kedua belah pihak. Bukannya mencari hal baru untuk dinikmati berdua, banyak orang justru mencari hiburan lain di luar hubungannya.

Di saat seperti inilah, ada teman yang bisa diajak bersenang-senang dan menghabiskan waktu bersama untuk melakukan sesuatu yang baru. Sosok teman inilah yang nantinya akan terus dicari jika kebosanan kembali melanda hubungan.

4 dari 5 halaman

3. Cinta datang karena terbiasa

Ilustrasi Cinta LokasiIlustrasi Cinta Lokasi © freepik.com/nensuria

Yang satu ini agaknya yang paling sering jadi penyebab perselingkuhan. Lingkar pergaulan yang sama membuat intensitas pertemuan cukup tinggi, dari situ keduanya terkoneksi dan nyambung satu sama lain.

Ada yang awalnya baper dengan kebaikan pihak lainnya, tapi ada juga yang diam-diam memupuk rasa kagum hingga akhirnya timbul benih-benih cinta. Tanpa disadari, perasaan-perasaan semacam ini menjadi penanda awal terjadi perselingkuhan.

Beri Komentar