9 Tips Melakukan Chatting Pertama dengan Calon Mertua, Anti Grogi-grogi Club!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 9 Oktober 2023 13:00
9 Tips Melakukan Chatting Pertama dengan Calon Mertua, Anti Grogi-grogi Club!
Biar gak bingung dan grogi, yuk ketahui beberapa tips saat akan melakukan chatting pertama dengan calon mertua berikut ini. Auto dapat restu deh!

Mendengar kata 'Calon Mertua' mungkin menjadi salah satu hal berbeda dan PR bagi kita para perempuan yang berusaha mendekatkan diri dengan keluarga pacar. Kendati demikian, siap tidak siap kamu akan mengalami momen mendebarkan ini. Seperti halnya melakukan chatting pertama dengan sosok Camer (Calon Mertua).

Tak bisa dipungkiri, kamu tentunya akan merasa campur aduk deh saat harus melakukan chat dengan calon mertua. Seperti halnya perasaan khawatir, bingung, hingga berujung grogi. Bisa-bisa kita tidak akan bisa mengungkapkan percakapan syarat akan kedekatan yang sebelumnya kita niatkan dalam hati.

Eits, gak perlu bingung Girls! Dikutip dari Mojok.co, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat chatting-an pertama kali dengan calon mertua. Semoga membantu!

1 dari 7 halaman

1. Tenangkan Hati dan Hindari Komunikasi Multi Arah

Deg-degan dong pastinya saat melihat notifikasi pesan masuk dari salah satu kontak, dan tanpa kamu ketahui sebelumnya itu adalah nomor dari orang tua pacar.

Hem, calm down! Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Biarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh kamu lancar karena biasanya saat canggung, yang biasa dirasakan adalah pusing, keringat dingin, sampai perut mulas.

Agar efek psikosomasis itu enyah, kamu cukup menarik napas dalam-dalam dan buat dirimu menjadi setenang mungkin. Selanjutnya yang musti kamu lakukan adalah menghindari komunikasi multi arah. Singkatnya, jauhi keramaian atau kegiatan yang melibatkanmu dalam percakapan dengan banyak orang.

2 dari 7 halaman

Tips Melakukan Chatting Pertama dengan Calon Mertua © Diadona

2. Baca dan Pahami Isi Pesan

Jangan sampai kamu gagal paham dengan obrolan yang sedang dilakukan ya. Untuk menghindari itu, kamu harus dengan seksama membaca dan memahami baik-baik isi pesannya. Baca dengan detail apa maksud yang ingin disampaikan oleh calon mertuamu.

Biasanya sih, nggak jauh-jauh tentang crush-mu. Kalau mereka membahas di luar topik itu, tetap pahami baik-baik isi pesannya sebelum kamu balas.

3 dari 7 halaman

3. Berikan Salam atau Sapaan

Bingung mau memulai dengan salam atau sapaan dulu? Jangan kawatir, kamu bisa melihatnya dengan pesan pertama kali yang camer kamu kirimkan. Apakah beliau tipikal kaku dan formal, ada baiknya kamu mengirim salam lebih dulu.

" Assalamualaikum …. (isi: Tante/Om atau Bu/Pak)"

" Pagi…. (isi: Tante/Om atau Bu/Pak)" khusus yang ini sesuaikan dengan waktu ketika kalian membalas chat mereka ya..

Kalau kamu merasa terlambat sekali membalas pesannya, tinggal tambahkan kalimat " Maaf (isi: Tante/Om atau Bu/Pak) baru sempat balas" ya semacam ketika kalian chat " Mbb atau sori baru bales" ke pacar gitu.

4 dari 7 halaman

Tips Melakukan Chatting Pertama dengan Calon Mertua © Diadona

4. Mulai Membalas Pesannya

Setelah kamu merasa cukup tenang, dan paham maksud dari isi WhatsApp calon mertua, sudah waktunya kamu balas chat mereka. Jangan lupa, sesuaikan gaya bahasamu dengan gaya bahasa calon mertua!

Sekedar saran, jika calon mertua memakai singkatan dan bahasa chat gaul, kamu cukup bersikap santai. Ingat, mereka pikirkan tentang kamu adalah anak muda beretika pilihan dari putr mereka. Orang tua mana sih yang mau anaknya punya calon nggak sopan? Hehe...

5 dari 7 halaman

5. Tutup Obrolan dengan Pamit, Salam atau Emoji Sewajarnya

Kalau chat dirasa sudah themeless atau nggak ada topik lain, yaudah pamit aja daripada garing dan ujung-ujungnya kamu terjebak dalam pembicaraan tentang topik yang sama sekali nggak penting. Ingat… harus jaga image.

Nggak cuman itu aja, Diadona masih punya daftar panjang lainnya tips lain saat chatting dengan calon mertua.

6. Kenali Sifat Calon Mertua

Salah satu langkah awal yang penting untuk chatting pertama kali dengan calon mertua adalah mencoba mengenal sifat mereka. Setiap orang memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda dan unik, begitu pula dengan calon mertua kamu. Meski sulit, in akan membantu kamu berkomunikasi secara baik dan terhindar dari hal-hal pemicu konflik.

7. Gunakan Bahasa yang Sederhana

Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, Hindari kata-kata singkatan atau bahasa gaul yang mungkin membingungkan dan sulit dipahami. Pendekatan yang jelas dan langsung akan membantu mereka merasa lebih nyaman dalam percakapan dengan kamu melalui pesan

8. Sapa dengan Hormat

Cara kamu menyapa calon mertua juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jangan langsung memanggil calon mertua kamu dengan sapaan ‘Mama’ jika belum dipersilahkan.

Walaupun kamu berusaha akrab, ini tetap terkesan nggak sopan dan bisa bikin calon mertua kamu risih lho! Lebih baik gunaan sapaan lain yang menghormati calon mertua kamu untuk hubungan yang lebih baik.

9. Berikan Kesan Ramah

Saat pertama kali menyapa calon mertua melalui chat, berikan kesan ramah dengan emoji dan kata-kata yang sopan. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang baik dan hangat. Dengan begitu, calon mertua akan menyambut pesan kamu dengan baik.

6 dari 7 halaman

ilustrasi mertua © Diadona

Jarang bertemu dengan calon merua membuat chatting jadi satu-satunya cara dekat dengan beliau. Terapkan tips berikut ini biar hubungan kalian makin baik

1. List Topik yang Akan Kamu Bicarakan

Nah, untuk menghindari obrolan yang garing dan terkesan ‘maksa’ kamu juga bisa kok tulis dulu topik yang mungkin kamu obrolkan. Nggak usah bingung, kamu bisa menanyakan hal-hal simpel yang tulus dari hati kamu. Sekedar bertanya kabar atau kegiatan harian aja pasti calon mertua kamu seneng kok!

2. Hindari Topik Sensitif

Whoops, perbedaan umur antara kamu dan calon mertua terkadang bikin kamu sulit menentukan batasan topik yang sensitif. Well, sebenernya mudah aja kalau kamu bisa mengenali sifat calon mertua kamu.

Kalau bisa memahami sifatnya, lebih baik kamu hindari topik-topik seperti isu keluarga, kebiasaan buruk pasangan, dan lain-lain yang mungkin memicu konflik. Nggak usah khawatir, kamu bisa minta bantuan pasangan kamu untuk terus menjaga hubungan baik dengan calon mertua.

3. Berikan Informasi yang Jujur

Ketika kamu sudah menjalin hubungan dengan calon mertua, segala hal yang kamu lakukan adalah kesan penting yang akan diingat oleh calon mertua kamu. Jika calon mertua bertanya pada kamu, usahakan selalu menjawab pertanyaan dengan sopan dan jujur. Ini akan membuat calon mertua menaruh kepercayaan pada kamu.

Selanjutnya, kamu akan menjadi salah satu orang yang mereka cari jika pasanganmu tidak membalas pesan atau telepon. Siap-siap ya!

4. Respon Segala Sesuatu dengan Positif

Kamu mungkin pernah mendapatkan teguran dari calon mertua kamu, jangan sedih dulu, kamu cukup meresponnya dengan kata-kata yang positif. Orang tua pasti selalu ingin yang terbaik untuk anaknya, jika kamu melakukan kesalahan, ini adalah pertanda baik yang menunjukkan bahwa calon mertua kamu memperhatikan kamu.

Tapi, kalau kamu nggak merasa melakukan hal buruk, coba komunikasikan hal ini dengan pasangan kamu dengan kepala dingin. Inget, komunikasi adalah kunci!

5. Dengarkan Keluhan Calon Mertua dengan Baik

Jika kamu mendengar keluhan calon mertua terhadap anaknya, dengarkan dulu keluhannya, lalu respon secara positif. Kamu bisa memvalidasi perasaan calon mertua kamu, dan berikan semangat untuk beliau. Yakin deh, kamu pasti jadi menantu kesayangan!

6. Jangan Berikan Jawaban yang Mungkin Menyakitkan

Kita nggak pernah tau hal-hal apa yang mungkin menyakiti calon mertua. Namun, kita bisa kok menghindarinya dengan menyaring jawaban-jawaban yang kurang baik dan pantas. Meskipun kamu udah bestie banget sama calon mertua, kamu tetap harus jaga batasan dan tahu diri, ya Girls! Salah sedikit, bisa gawat deh!

7. Hindari  Mengeluh tentang Pasangan

Yup, kamu boleh menceritakan tentang kelakuan pasangan kamu ke calon mertua. Namun, ada baiknya, jangan mengeluh tentang pasangan kamu secara langsung. Karena bagaimanapun juga, pasangan kamu tetap anak dari calon mertua kamu kan…

Jadi, lebih baik selesaikan masalah kamu dengan pasangan kamu secara terpisah nggak usah bawa-bawa calon mertua ya!

7 dari 7 halaman

Ilustrasi Mertua dan Menantu © Diadona

Nggak cuman chatting beragam pendekatan lainnya juga perlu kamu lakukan untuk memikat hati beliau.

Ciptakan First Impression yang Baik

First impression yang baik adalah langkah awal yang penting ketika kamu berhubungan dengan calon mertua untuk pertama kali, baik lewat chat maupun bertemu secara langsung.

Pastikan untuk memberi kesan yang ramah dan sopan untuk dapat menarik hati calon mertua. Jika berkesempatan bertemu secara langsung, berikan senyum terbaikmu dan tunjukkan bahwa kamu senang bertemu dengan calon mertua kamu.

Penting juga untuk menjaga bahasa tubuh yang baik agar calon mertua merasa nyaman mengobrol dengan kamu. Buang jauh-jauh grogi dan kekhawatiran kamu demi kesan pertama yang baik!

Luangkan Waktu untuk Berkunjung

Setelah mengenal lebih dekat, sempatkan waktu untuk berkunjung ke rumah calon mertua sesekali setelah ngedate bareng pasangan.

Menghabiskan waktu dengan calon mertua akan menanamkan kesan positif dan membangun ikatan yang kuat antara kamu dan calon mertua. Dalam jangka panjang, kamu akan diterima secara tulis dan menjadi bagian penting dari keluarga pasangan kamu.

Usahakan Berkunjung dalam Keadaan Mood sedang Baik

Wah, siapa nih yang kalo udah urusan mood nggak bisa diganggu gugat? Kalau kamu orangnya, lebih baik kamu pastiin dulu mood kamu udah oke sebelum berkunjung ke rumah calon mertua.

Ketika kamu berkunjung dengan perasaan yang kurang baik, ini akan berdampak pada perasaan calon mertua terhadap kamu juga lho. Daripada memaksakan diri untuk bertemu, lebih baik kamu menunda sampai situasi lebih baik dan kembali lagi di kemudian hari!

Gunakan Pakaian yang Nyaman, Rapi dan Sopan

Girls, sebagai perempuan, kita harus selalu berusaha berpenampilan rapih dan sopan. Meskipun kamu sudah sering bertamu ke rumah calon mertua, ada baiknya untuk tetap menjaga penampilan dan perilaku kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Ini akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang rapih dan selalu tampil presentable kemanapun kamu pergi. 

Sesekali Bawakan Buah Tangan untuk Calon Mertua

Pernah denger kalau bawain martabak bisa jadi pelet buat calon mertua? Yes, nggak salah sih, karena siapa sih yang nggak seneng dibawain oleh-oleh?

Pokoknya, ketika kamu mau berkunjung ke rumah calon mertua, kamu bisa membawakan buah tangan sebagai tanda perhatianmu. Nggak perlu yang mahal, calon mertua kamu nggak peduli dengan harganya, tapi kepedulian kamu terhadap mereka.

Selalu Tawarkan Bantuan

Ketika berkunjung, jangan ragu untuk selalu tawarkan bantuan kepada calon mertua kamu. Akan tetapi, pastikan kamu melakukannya dengan ikhlas juga ya, nggak hanya sekedar mencuri hati calon mertua.

Ketulusan kamu dalam membantu akan dinilai sebagai poin plus yang akan memudahkan kamu mendapat restu!

Tapi, penting untuk menciptakan boundaries.

Hormati Kebiasaan Keluarga Pasangan

Menghormati kebiasaan orang lain adalah hal yang harus kita biasakan sedari kecil. Begitu juga dengan kebiasaan keluarga pasangan. Jika ada hal yang dilakukan secara berbeda dari kebiasaan keluarga kamu, ada baiknya kamu menyimpannya dalam hati dan berusaha untuk tidak mengomentari hal tersebut.

Setiap keluarga memiliki kebiasaan dan adat yang berbeda-beda, namun buka berarti ada yang salah dan benar. Menghormati kebiasaan ini akan menjaga keharmonisan hubungan kamu dan pasangan, bahkan saat berumah tangga nanti loh, Girls.

Tips chatting dengan mertua hanyalah sedikit dari tahapan hubungan. Bila hal ini nggak berjalan dengan baik, hmm, mungkin waktunya kamu memikirkan ulang.

Penulis : Ayu Harini, Fishella W

Baca Juga: Pernikahan Tidak Harus Ada Resepsi, Berikut 4 Alasannya 40 Tanda Wanita Menyukai Pria Diam-Diam, Gampang Banget Diamati lho! 11 Arti dan Tanda Cinta Kamu Bertepuk Sebelah Tangan, Kenali yuk Sebelum Jatuh Terlalu Dalam Bermodalkan Ketegasan, Ini 4 Cara Ampuh Bikin Cewek Klepek-Klepek dan Gak Mau Pergi Darimu 15 Alasan Tak Terduga Tiba-tiba Ingat Mantan, Padahal kan Udah Punya Pacar? 22 Cara Meyakinkan Pasangan Bahwa Kita Benar-Benar Tulus Mencintainya, Dimulai dari Hal Sederhana

Beri Komentar