Arti First Impression dan 9 Cara Mendapatkan First Impression yang Baik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 11 September 2023 09:14
Arti First Impression dan 9 Cara Mendapatkan First Impression yang Baik
First impression artinya kesan pertama yang terbentuk saat pertama kali bertemu seseorang atau berada dalam suatu situasi. Meski singkat, tapi first impression ini punya peran penting.

First impression adalah kesan pertama yang timbul saat bertemu dengan orang baru atau sesuatu yang baru. Kesan pertama ini bisa positif atau negatif, bisa terbentuk karena fitur penampilan atau psikologi seseorang.

Apa yang kamu pikirkan tentang aku saat pertama kali kita bertemu?

Kamu pasti pernah mendapat pertanyaan serupa dari orang disekitarmu. Saat pertama kali bertemu dengan seseorang, terutama teman dekat atau pasangan, pasti ada momen khusus yang mewarnai pertemuan kalian. Momen inilah yang sering disebut sebagai  first impression atau kesan pertama.

First impression dapat menimbulkan beragam penilaian dari orang lain. Ketika berkenalan dengan orang baru, kamu tentu nggak mau dinilai angkuh dan sombong, kan, DiaZens? Nah, untuk menghindari itu, penting bagi kamu untuk mengenal arti first impression dan tips membentuk kesan pertama yang baik di kehidupan sehari-hari.

1 dari 3 halaman

Arti First Impression

Arti First Impression © Diadona

First impression artinya kesan yang terbentuk pada awal pertemuan kamu dengan orang lain. Kesan adalah salah satu aspek utama yang nggak bisa kamu hindari dalam interaksi sosial.

Seringkali first impression terbentuk dalam waktu yang sangat singkat, bahkan dalam hitungan detik. Meski begitu, hal ini memiliki peran penting dalam mempengaruhi cara kita menilai dan memandang orang lain kedepannya.

Menurut buku The Cultural Learning Account of First Impression, kesan pertama yang didapat melalui interaksi dapat dinilai melalui penampilan, gestur tubuh, ucapan, hingga mimik wajah. Biasanya, seseorang akan secara spontan menilai karakter kamu berdasarkan ciri-ciri dan penampilanmu.

Jangan salah, meski persepsi ini tidak selalu benar, seseorang cenderung lebih mengenang kesan pertama mu dari persepsi tersebut, loh, DiaZens!

Kalau begitu, seberapa penting sih first impression itu?

2 dari 3 halaman

Arti First Impression © Diadona

Mengapa First Impression itu Penting?

Kesan pertama bertahan lama, itu adalah jawabannya.

Ini disebut juga dengan efek primacy,  yakni ketika seseorang mengalami beberapa hal secara berurutan, maka yang diingat adalah yang pertama.

Selain itu kalau kamu bisa memberikan first impression yang baik, kamu akan diingat orang lebih baik ketimbang mereka yang bahkan nggak ngasih first impression sama sekali.

Menentukan Hubungan Sosial

First impression seringkali menjadi awal dari banyak hubungan sosial, baik pertemanan, percintaan, bisnis, hingga karir. Ketika pertama kali bertemu dengan seseorang, kamu tentu membuat kesan pertama yang menentukan interaksi mu selanjutnya.

Dalam konteks percintaan, jika kamu merasa cocok dengan calon pasangan mu, maka kamu akan merespon dan ingin mengenalnya lebih jauh.

Membuka Peluang

Baik dalam dunia bisnis atau karir, first impression dapat membuat orang lain menaruh perhatian lebih padamu. Dengan begitu, kamu telah membuka peluang dan kesempatan baru melalui orang-orang yang kamu temui. Inget, peluang bisa datang dari siapa aja ya!

Mendorong Kepercayaan Diri

Iya, kamu nggak salah baca kok! Ketika kamu berusaha membentuk kesan pertama yang positif, secara tidak langsung kamu telah berusaha untuk menjadi versi terbaik dari dirimu setiap harinya. Hal ini tentu akan mendorong rasa percaya diri dan membantu kamu meraih lebih banyak kebahagiaan dalam hidup mu!

Kalau begitu, kamu tentu akan berusaha menciptakan kesan pertama yang baik pada semua orang, kan DiaZens? Lalu, gimana sih cara mencapai first impression yang baik?

3 dari 3 halaman

Arti First Impression © Diadona

Setelah cari tau apa itu arti first impression dan kenapa itu penting, yuk ketahui apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan first impression yang baik.

Lakukan Kontak Mata

Kontak mata dianggap sebagai bentuk kejujuran dan cara menunjukkan rasa hormat kepada lawan bicara. Melakukan kontak mata juga menunjukkan kalau kamu memperhatikan orang lain dan mendengarkan apa yang mereka ucapkan.

Jangan Lupa Tersenyum!

Tersenyum dengan tulus bisa bikin orang ngerasa nyaman dan diterima. Ingat ya, senyuman tulus saat first impresssion ini akan terlihat di mata, bahkan saat kamu memakai masker.

Tunjukkan Empati

Perhatikan kondisi emosional lawan bicara kamu dan kasih empati. Ini nunjukin kalau kamu memahaminya secara emosional.

Jangan Memotong Pembicaraan Orang Lain

Menyela orang saat berbicara adalah tindakan yang nggak sopan. Ini nggak cuman nunjukin kalau kamu nggak mendengarkan mereka, tapi juga bisa bikin mereka sebel lho!

Selalu Berpenampilan Rapih

Menjaga penampilan merupakan kunci dalam membuat kesan baik. Jika kamu berpenampilan bersih dan rapih saat bertemu orang lain, mereka tentu akan merasa lebih dihargai dan mengapresiasi kamu.

Asah Body Language

Jika kamu berada dalam pertemuan formal, seperti bertemu partner bisnis atau client, usahakan untuk tampil yakin dan tidak pecicilan, ya, DiaZens!

Bicara Sopan dan Sesuai Porsi

Berbicara dengan sopan dan sesuai porsi dapat menjadi poin plus untuk kamu dalam lingkungan pertemanan, apalagi jika kamu belum pernah ‘mengenal’ orang yang kamu temui sebelumnya.

Bersikap Ramah dan Murah Senyum

Melalui sikap ramah dan senyum yang tulus, kamu dapat menciptakan kesan pertama yang baik. Orang lain dapat dengan mudah menerima mu dan bersikap baik ke kamu.

Secara garis besar, first impression artinya momen awal kamu dikenal orang lain sebagai seseorang dengan sifat atau kepribadian tertentu.

Meski first impression nggak selalu akurat dan mencerminkan karakter kita sepenuhnya, ia memberikan dampak yang cukup besar dalam membuka kesempatan dalam hubungan tak terduga di kehidupan kita. 

Penulis : Fishella W

Beri Komentar