11 Arti dan Tanda Cinta Kamu Bertepuk Sebelah Tangan, Kenali yuk Sebelum Jatuh Terlalu Dalam

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 September 2023 15:37
11 Arti dan Tanda Cinta Kamu Bertepuk Sebelah Tangan, Kenali yuk Sebelum Jatuh Terlalu Dalam
Cinta bertepuk sebelah tangan adalah cinta sendirian

Bertepuk sebelah tangan artinya perasaan cinta yang nggak terbalas. Ini terjadi mungkin karena yang dicintai nggak tahu kalau ada yang mencintainya, atau dia menolak cinta yang diberikan.

Beberapa teori psikologi menyebut dicintai sebagai salah satu pengalaman yang menjadi kunci kebahagiaan hidup. Sebuah hubungan dimulai oleh dua orang yang saling memiliki ketertarikan, lalu tumbuh rasa cinta. Tapi, gimana kalau cuman salah satu saja yang tertarik dan berjuang demi cinta?

Percintaan memang seringkali bikin kita bingung dan pusing. Di antara berbagai situasi percintaan, ada satu istilah yang mungkin nggak asing lagi di telinga kamu, yaitu bertepuk sebelah tangan. Kamu pasti sering menjumpai istilah ini dalam hubungan percintaan orang sekitarmu, atau mungkin kamu sedang mengalaminya, Diazens?

 

1 dari 3 halaman

Arti Bertepuk Sebelah Tangan © Diadona

Apa Arti Cinta Bertepuk Sebelah Tangan?

Semua orang pernah merasakan setidaknya satu cinta dalam hidupnya. Namun, tidak semua cinta adalah cerita yang bahagia. Seringkali, cerita cinta justru menjadi pengalaman pahit. Salah satunya cinta bertepuk sebelah tangan atau cinta tak terbalas.

Ketika kamu jatuh cinta, kamu akan menghargai setiap momen kecil yang terjadi dengan orang yang kamu sukai. Dalam momen-momen ini, kamu cenderung mengaitkan tanda-tanda kecil, bahkan yang paling sepele, berharap bahwa orang yang kita sukai juga merasakan hal yang sama.

Tanpa disadari, kamu menjadi terlalu ceroboh dalam menafsirkan setiap senyuman, kata kata manis, hingga perhatian kecil yang diberikan orang tersebut sebagai indikasi perasaan cinta. Namun, kamu melupakan satu hal penting, yakni ketika kamu menyukai seseorang, belum tentu dia juga menyukai kamu.

Inilah situasi tak terbalas yang sering dikenal dengan cinta bertepuk sebelah tangan.

Bertepuk sebelah tangan artinya cinta yang tak berbalas. Meski terdengar seperti frasa yang sederhana, maknanya bisa bikin hatimu hancur dan dunia kamu berputar pada rasa sakit, loh, Diazens. 

Orang yang mengalami situasi ini memang sulit untuk menyadari tanda-tanda cinta bertepuk sebelah tangan. Meski dinilai samar dan nggak selalu jelas, yuk kenali tanda-tanda cintamu bertepuk sebelah tangan biar kamu nggak mengalaminya!

2 dari 3 halaman

3 Dampak Buruk Memaksakan Cinta yang Bertepuk Sebelah Tangan © Diadona

Tanda Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Kamu mungkin bertanya-tanya apakah kamu sedang menjalani cinta bertepuk sebelah tangan atau tidak. Nah, coba deh 

Dia Slowrespon

Jika kamu sering dibuat menunggu untuk mendapatkan balasan yang singkat dan nggak bersemangat, ini merupakan pertanda bahwa orang yang kamu sukai nggak sepenuhnya tertari ke kamu.

Komunikasi Nggak Berjalan Baik

Komunikasi adalah kunci dari setiap hubungan. Jika komunikasi kamu tidak berjalan baik, mungkin kamu perlu bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk, Diazens.

Nggak Inisiatif

Kamu mungkin selalu menunggu inisiatif orang yang kamu sukai untuk melakukan sesuatu untuk kamu, tapi kamu nggak pernah mendapatkannya. Hati-hati, bisa jadi orang yang kamu sukai tidak menyukaimu juga.

Cenderung Menghindari Pertemuan

Ketika sedang jatuh cinta, kamu tentu ingin selalu bertemu dengannya. Namun, jika orang yang kamu sukai nggak pernah ngajak ketemuan,  mungkin dia emang nggak pernah tertarik ke kamu.

Nggak Merasa Bersalah udah Menyakitimu

Sebuah kesalahpahaman tidak dapat kamu hindari dalam sebuah hubungan. Namun, kesalahpahaman dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik dan permintaan maaf yang tulus. Jika dia tidak mau meminta maaf saat membuat kesalahan, lebih baik kamu mundur alon-alon, ya, Diazens!

Sering Ngomongin Orang Lain saat Ketemu Kamu

Salah satu tanda bertepuk sebelah tangan adalah dia sering membicarakan perempuan lain ketika bersamamu, baik itu mantannya, sahabat perempuannya, dan lain-lain.

Perasaan Cemburumu Tidak Berbalas

Dalam sebuah hubungan, cemburu merupakan hal yang wajar kamu alami. Jika perasaan cemburumu tidak ditanggapi dengan baik oleh orang yang kamu sukai, bisa jadi kamu sedang mengalami cinta bertepuk sebelah tangan.

Kamu tentu selalu berusaha memperhatikan hal kecil dari orang yang kamu sukai. Namun, ketika perhatianmu tidak berbalik, kamu mungkin sudah tau jawabannya ya Diazens.

Nggak Pernah Ngomongin Hubungan sama Kamu

Ketika dia serius denganmu, dia akan mengungkapkan keinginannya untuk menjalin hubungan denganmu.

Memilih Kepentingan Lain selain Kamu

Dia pasti memiliki kesibukan yang mungkin tidak kamu ketahui, tetapi kamu seharusnya menjadi prioritas utamanya kalo dia benar-benar suka sama kamu.

Kalau dia memilih nongkrong dengan teman-temannya dibandingkan hang out sama kamu, mungkin kamu tidak ada dalam daftar prioritasnya!

Nggak Ngasih Kejelasan

Nah, ketika kamu dibiarkan bertanya-tanya atas kejelasan hubunganmu, ini adalah indikator utama cintamu bertepuk sebelah tangan. Ada baiknya kamu segera meminta kepastian padanya agar tidak berlarut-larut pada hubungan yang tidak jelas.

Kalau kamu mengalami tanda-tanda di atas, kamu pasti sulit mendeskripsikan rasa sakit hatimu. Kamu mungkin kebingungan dengan perasaannya dan selalu merasa nggak bisa diterima di hatinya.

 

3 dari 3 halaman

Arti Cinta Bertepuk Sebelah Tangan © Diadona

Semua hal yang kamu rasakan adalah hal yang wajar kamu alami ketika cintamu bertepuk sebelah tangan. Meski terasa menyakitkan, ini adalah bagian dari perjalanan cinta yang harus kamu hadapi, Diazens.

Terima Perasaanmu

Pertama-tama, penting untuk menyadari dan menerima perasaanmu sepenuhnya. Kecewa, sedih, marah, bahkan rasa putus asa yang kamu rasakan adalah hal yang nyata. Kamu tidak perlu menghindarinya agar kamu bisa menyembuhkannya. Kenali tanda patah hati dan terima rasanya.

Hargai Diri Sendiri

Jika cintamu bertepuk sebelah tangan, hargailah dirimu yang telah melalui setiap prosesnya karena perjalananmu bukan perjalanan yang mudah. Jadi, kamu boleh berterimakasih pada dirimu sendiri, ya, Diazens!

Fokus pada Dirimu Sendiri

Setelah melalui hal sulit ini, berikan dirimu waktu untuk beristirahat dari hal-hal serupa. Selanjutnya, kamu bisa gunakan waktu dan energimu untuk fokus pada hal-hal yang kamu sukai. Ini akan membantu kamu membangun rasa percaya diri.

Buka Diri Ketika Kamu Merasa Cukup

Saat kamu udah merasa cukup, ayok move on! Buka diri untuk orang lain. Tapi ada baiknya kamu berhati-hati dan belajar dari pengalamanmu sebelumnya, ya!

Sama seperti tepuk tangan, dibutuhkan dua tangan yang bersama-sama melakukan hal yang sama. Nah bila hanya satu saja yang menepuk, maka tepuk tangan tak akan terjadi, bukan?

Meskipun sulit, penting untuk kamu menghadapi situasi ini denan bijak. Mungkin ini adalah kesempatanmu untuk memahami diri sendiri dan mengejar kebahagiaanmu tanpa embel-embel hubungan romantis. Jadi, tunggu apalagi Diazens? Yuk, move on!

Penulis : Fishella W

Beri Komentar