Yuk Mom Kenali Tipe Love Language untuk Buah Hati

Reporter : Riza Umami
Rabu, 13 Juli 2022 20:53
Yuk Mom Kenali Tipe Love Language untuk Buah Hati
Berikut ini beberapa jenis bahasa cinta.

Setiap orang tua tentu mempunyai cara mereka sendiri dalam mengekspresikan perasaan sayang dan cintanya kepada buah hatinya. Cara orang tua dalam mengekspresikan rasa cintanya ini dikenal dengan sebutan love language.

Dilansir dari laman bestmom.id, konsep love language ini awalnya dikemukakan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya yaitu The Five Love Languages. Dr. Gary Chapman pun menyampaikan lima jenis love language. Kira-kira apa saja ya?

1 dari 5 halaman

Words of Affirmation (Kalimat Afirmasi)

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Tipe love language yang pertama yaitu dengan menunjukkan rasa cinta secara langsung dengan kata-kata. Beberapa contoh love language ini misalnya Mom mengatakan 'I love you' kepada anak, memberikannya pujian ketika melakukan hal yang baik, berterima kasih kepadanya dan masih banyak lagi.

2 dari 5 halaman

Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Jenis love language yang kedua yaitu dengan memberikan sentuhan fisik kepada anak. Ini salah satu tipe love language yang seringkali dilakukan orang tua kepada buah hatinya misal dengan memeluknya, memberikan ciuman di pipi atau kening dan mengelus-ngelus rambutnya dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Acts of Service (Tindakan Membantu Buah Hati)

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © freepik.com/tirachardz

Ada pula orang tua yang lebih suka melakukan tindakan secara nyata untuk sang buah hati misalnya membantu anak ketika ia sedang menghadapi kesulitan, mengajari anak saat ia kesusahan mengerjakan tugas rumah dan masih banyak lagi bantuan lainnya.

4 dari 5 halaman

Receiving Gifts (Memberikan Hadiah)

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/g/PRImageFactory

Sejumlah orang tua pun ada yang suka memberikan hadiah kepada anaknya sebagai upaya dalam mengekspresikan perasaan cinta dan kasihnya kepada buah hati. Ibu bisa membelikan mainan kesukaan anak, memberikannya hadiah sederhana seperti permen atau cokelat dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Quality Time

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © 2019 https://www.diadona.id / @ pexels

Terakhir ada tipe love language quality time di mana orang tua memberikan waktu sepenuhnya untuk sang buah hati misalnya dengan menemaninya bermain atau mengobrol tentang banyak hal. Ada pula aktivitas lain yang bisa dilakukan bareng anak seperti nonton film bareng, masak-masakan bareng dan masih banyak lagi.

Beri Komentar