21 Topik Pembicaraan PDKT, Anti Gagal Buat Curi Hati Si Dia Nih!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Minggu, 15 Oktober 2023 19:07
21 Topik Pembicaraan PDKT, Anti Gagal Buat Curi Hati Si Dia Nih!
Saat PDKT kamu bisa ngomongin banyak hal yang bikin kamu lebih mengenal dia.

Masa-masa PDKT atau pendekatan sering dianggap sebagai momen yang paling menggemaskan. Sayangnya, membangun obrolan yang asyik saat bersama gebetan di masa-masa pendekatan terbilang gampang-gampang susah.

Bahkan, tak jarang orang secara tidak sengaja melakukan beberapa kesalahan yang justru merusak momen tersebut dan pada kahirnya menggagalkan usaha pendekatan deh!

1 dari 12 halaman

PDKT dapat dilakukan melalui berbagai platform online, seperti media sosial dan aplikasi kencan, serta melalui interaksi tatap muka di dunia nyata. Moemn ini akan sukses jika kamu dan gebetan saling bersikap terbuka dan memiliki banyak topik.

Biar nggak bingung mau ngobrolin apa saja saat proses PDKT dengan gebetan, berikut diadona.id rangkumkan ide topik pembicaraan yang bisa digunakan saat PDKT. Bisa kamu coba buat cui perhatian si dia! Apa saja? Simak yuk!

2 dari 12 halaman

Ilustrasi Pasangan dengan Love Language Act of Service © Diadona

1. Tanyakan Asal Gebetan dengan Kreatif

Kalau kamu tipe yang harus tahu detail tentang calon pasangan, maka menanyakan tempat asal gebetanmu  bisa menjadi topik pembicaraan PDKT yang asyik lho! Alih-alih hanya bertanya " Kamu asalnya darimana?" coba ganti pertanyan dengan lebih kreatif dan mengundang jawaban panjang.

Misalnya, " Kalau aku berkunjung ke kota kelahiranmu, ada tempat keren yang bisa kamu rekomendasikan?" , atau bisa juga dengan pertanyaan " Adakah kota selain kota asalmu yang membuatmu merasa seperti di rumah sendiri?"

2. Silsilah Keluarga

Jangan dulu bingung jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang silsilah keluarga gebetanmu. Hindari saja pertanyaan simpel " Kamu anak ke berapa?" ini ya!

Tetapi, gantilah dengan beberapa pertanyaan lain, seperti " Apa kegiatan seru yang paling sering kamu lakukan dengan saudaramu?" , atau bisa juga " Hal apa yang membuat kamu dan saudaramu bisa begitu dekat?" .

3 dari 12 halaman

Topik Pembicaraan saat PDKT © Diadona

3. Rekomendasi Kuliner Kesukaannya

Nanyain “ kamu udah makan belom?”, ke doi udah jadi topik pembicaraan pdkt yang template banget apalagi kalau kamu cuma sekedar iseng nanya tanpa punya rencana buat ngajak dia jalan dan makan bareng.

Daripada nanyain itu, kamu bisa minta rekomendasi kuliner favorit dia. Topik ini lebih komunikatif karena kalian bisa sharing informasi seputar tempat makanan enak dan juga topik ini bisa aja bikin kalian bikin janji buat makan bareng suatu saat nanti. Ibaratnya, topik ini buy 1 get 1 free.

4. Circle Pertemanan

Biasanya, secara nggak sengaja kamu punya kenalan atau teman yang sama dengan dia. Kamu bisa nanyain dia seberapa jauh doi mengenal temanmu itu. Dengan topik pembicaraan ini, pdkt kamu bisa lebih lancar karena biasanya ada satu dua keluhan yang nggak tersampaikan dari dia.

Nggak perlu bingung kalau dia tiba-tiba ngajak kamu ghibah, kamu cuma perlu meresponnya dengan netral. Selain itu, kamu juga bisa tahu circle pertemanan doi dan mencari tahu tentang dia!

4 dari 12 halaman

Ilustrasi Pasangan Memberi Bunga © Diadona

5. Tentang Sekolah Masa Kecil

Memulai percakapan dengan menanyakan soal pendidikan kepada gebetan menjadi hal wajar dan pastinya akan selalu menjadi topik pembicaraan saat PDKT. Nah, supaya momen bertanya tentang pendidikan lebih asyik, selain menanyakan " Dulu kamu sekolah atau kuliah di mana?" kamu bisa menyambungkan ke pertanyaan lain.

Di antaranya, " Setelah lulus kuliah masih sering kumpul dengan teman-teman tidak?" atau " Adakah perubahan yang kamu rasakan setelah wisuda?" , bisa juga tentang pekerjaannya yang digeluti saat ini. Ini juga menjadi cara agar kalian saling lebih terbuka untuk menceritakan kehidupan pribadi.

6. Zodiak

Lagi populer di kalangan gen Z, kamu bisa pakai topik pembicaraan pdkt tentang zodiak dia. Opini doi tentang zodiak yang sering disebut-sebut sebagai red flag juga bisa kamu gunakan, siapa tahu doi punya ketidaksetujuan sama opinimu.

Kamu juga bisa mengutarakan fact tentang kamu kalau ternyata zodiakmu disebut sebagai salah satu yang red flag. Obrolan kalian bisa lebih panjang, tetapi tetap menyenangkan karena ini topik keahlian doi. 

5 dari 12 halaman

Topik Pembicaraan saat PDKT © Diadona

7. Tanyakan Mengenai Hobinya

Pertanyaan yang satu ini tidak pernah lewat dari masa-masa PDKT deh! Selain menanyakan soal hobi semata, kamu juga bisa menggali lebih dalam tentang hal-hal yang biasa dilakukan atau aktivitas yang disukai di masa senggang si dia lho!

Jika hobi kalian berbeda jangan langsung pesimis ya, kamu tetap bisa nih meunjukkan ketertarikanmu dengan hobi yang dia miliki. Selain itu tunjukkan keinginan kamu untuk mencoba hobi yang sama. Dijamin deh, dengan begitu gebetanmu akan merasa lebih dihargai.

8. Teknologi

Kita nggak pernah jauh-jauh dari yang namanya teknologi. Kamu bisa menggunakan topik pembicaraan pdkt seputar teknologi buat bikin dia lebih deket sama kamu. Biasanya, cowok-cowok update banget ‘kan sama teknologi, nah, kamu bisa tuh pakai kesempatan itu buat sekedar nanyain gimana cara update sistem operasi handphone kamu atau rekomendasi perangkat elektronik yang cocok buat kamu pakai sehari-hari.

6 dari 12 halaman

Ilustrasi Pasangan Bahagia © Diadona

9. Cari Tahu tentang Bakat dan Kelebihan Gebetanmu

Tidak ada salahnya mengulik lebih dalam akan bakat dan kelebihan gebetanmu dibandingkan hanya berkutat pada obrolan tentang topik yang itu-itu saja. Di samping itu, kamu juga perlu memancingnya dengan menceritakan akan bakat dan kelebihanmu sendiri ya!

Namun, tetap tunjukkan sikap rendah hati dan tidak berlebihan. Biasanya, cara bersikp dan tutur kata kita akan menjadi penilaian dari gebetan lho!

10. Pakaian

Setiap orang suka dipuji. Nah, kamu bisa mengawali pembicaraan dengan memberikan doi beberapa pujian, seperti “ Look kamu hari ini keren banget”. Pujian ini juga works di perempuan atau laki-laki. Apalagi saat ini banyak laki-laki udah melek sama tren fashion. Saat memberikan pujian kamu juga bisa sedikit melebih-lebihkan asal tetap jujur dan make sense ya!

7 dari 12 halaman

Topik Pembicaraan saat PDKT © Diadona

11. Liburan Terfavorit

Semua orang tentu saja memiliki momen liburan favorit ya! Nah, ini juga bisa saja  kamu gunakan untuk lebih mengetahui sisi si dia akan berlibur.

Kamu dan gebetan bisa saling bertukar tentang pengalaman liburanyang paling favorit masing-masing. Bisa jadi dengan membahas topik inii, kalian justru bisa bertukar rekomendasi liburan yang seru antara kamu dan si dia nih!

12. Kegiatan sehari-hari

Saat lagi pdkt, ada baiknya kalau kamu nggak terlalu menonjolkan dirimu. Tanyakan tentang kegiatan sehari-harinya juga bisa kamu gunakan sebagai topik pembicaraan pdkt.

Topik ini penting untuk menunjukkan kalau kamu juga care dan nggak self centered. Selain itu, kamu bisa mengenal doi lebih baik karena kamu udah hafal sama kegiatan sehari-harinya. Doi juga pasti lebih terkesan kalau kamu mengerti keseharian yang dia ceritakan.

8 dari 12 halaman

Topik Pembicaraan PDKT © Diadona

13. Tanyakan tentang Rencana Masa Depan

Menanyakan akan rencana masa depan dari gebetan itu nggak ada salahnya lho! Namun, untuk memulai menanyakan hal ini memang agak sedikit tricky.

Pintar-pintarlah dalam membaca peluang untuk membahas tentang hal ini dengan gebetan ya! Jika momennya tepat untuk membahas ini, maka bisa sebagai upaya menunjukkan tentang keseriusanmu dengan si dia!

9 dari 12 halaman

14. Bahas Isu-Isu Terkini

Bosan dan kurang nyaman jika momen PDKT hanya membahas topik yang itu-itu saja sperti pertanyaan " Lagi ngapain?' atau " Udah makan belum?" , maka kamu bisa nih membahas tentang isu-isu terkini. Cara ini akan membautmu lebih menarik perhatian si dia, sebab kamu lebih terlihat memiliki pengetahuan luas.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa bertukar wawasan akan hal-hal up to date saat ini lho!

15. Pengalaman

Sharing pengalaman hidup juga seru banget tuh dijadikan topik pembicaraan pdkt. Mengingat setiap individu tuh beda-beda, biasanya pengalaman pribadi punya keunikan dan sifatnya personal banget. Melemparkan topik ini juga bisa bikin kamu mengenal kehidupan gebetanmu.

Pengalaman hidup yang ditanyain juga nggak harus selalu berat, sekedar nanya, “ Gimana sih rasanya naik MRT?”, udah cukup bikin doi cerita banyak tentang dia.

10 dari 12 halaman

Topik Pembicaraan PDKT © Diadona

16. Selera Musik

Hal-hal yang berkaitan dengan musik biasanya akan cepat masuk dalam obrolan saat momen PDKT lho! Mulailah dengan mencari tahu jenis musik apa yang disukai.

Dengan begitu, ini bisa jadi pembuka jalan berikutnya untuk momen pendekatan yang semakin seru lho! Seperti mengajak si dia nonton konser bareng sambil PDKT dan kencan.

11 dari 12 halaman

17. Bacaan Favorit

Meski tak semua orang hobi membaca, namun pasti ada satu atau dua bacaan yang biasanya menjadi favorit seseorang. Nah, hal ini juga bisa menjadi topik pembicaraan kamu.

Andaikan, gebetanmu memang tak suka membaca, setidaknya kamu juga bisa mencari tahu akan kegiatan dia lainnya yang lebih disukai. Bahkan, kamu bisa juga menayai tentang menagapa dia tidak suka membaca nih!

18. Mantan

Yah, namanya juga masih pendekatan, emang agak gambling sih, tapi kamu bisa nanya tentang mantan doi. Nantinya, kamu bisa tahu status dia lagi mau buat berkomitmen lagi atau cuma sekedar main-main aja. Selain itu juga dari topik ini kamu bisa tahu apakah dia masih kepikiran mantannya atau engga.

Selain itu, topik pembicaraan pdkt ini perlu ditanyakan dengan cara yang asik dan nggak terlalu serius karena bisa aja doi malah merasa risih ditanyain seputar masa lalunya. Kamu juga harus go with the flow saat mendengar jawaban dari doi. Jangan sampai ada kesalahpahaman yang justru bikin doi makin ilfeel sama kamu.

19. Peliharaan

Beberapa tahap pendekatan ini diawali dengan menceritakan hewan kesayangan. Nah, kalau kamu atau doi sama-sama suka binatang, bisa banget kamu jadikan topik pembicaraan pdkt yang seru. Terlebih lagi, kalau kalian punya hewan peliharaan yang sama, ceritakan aja kebiasaan peliharaan kalian yang lucu-lucu. Tips-tips merawat atau rekomendasi dokter hewan terpercaya juga bisa kamu obrolin sama doi.

12 dari 12 halaman

Ilustrasi pasangan ngedate © Diadona

20. Film Favorit

Topik lainnya untuk proses PDKT dengan si dia adalah dengan menanyakan tentang film yang disukainya nih! Dengan berbicara tentang ini, maka topik obrolanmu akan berlangsung seru lho!

Pembicaraan seputar film bisa membuka peluang untuk menonton film di bioskop bareng sambil kencan tipis-tipis deh!

21. Horror story

Walaupun kelihatan basic, tetapi topik ini seru dijadikan awalan biar obrolan kalian nggak garing. Cerita horor juga nggak pernah ada habisnya, diawali dengan topik ini, kamu bisa ngobrol ngalor-ngidul sama doi.

Sebagai awalan, kamu bisa menceritakan pengalaman horor yang pernah kamu alami terus lanjut aja dengan obrolan film horor favorit dia. Siapa tahu, pada akhirnya kalian bakal janjian buat nonton film horor bareng, lumayan banget, ‘kan?

Ada banyak topik pembicaraan saat PDKT jadi jangan khawatir kehabisan ide.

Penulis : Arifina, Alvita Maharani

Beri Komentar