Agar Cepat Pulih, Ini 7 Makanan Paling Baik untuk Ibu setelah Melahirkan

Reporter : Mila
Rabu, 23 Juni 2021 11:57
Agar Cepat Pulih, Ini 7 Makanan Paling Baik untuk Ibu setelah Melahirkan
Makanan-makanan berikut bisa bantu mempercepat pemulihan pasca melahirkan.

Melahirkan adalah hal yang berat bagi tubuh seorang perempuan. Kenapa? Karena otot-otot bekerja penuh untuk mendorong si Kecil lahir. Disebut pula bahwa tenaga yang dikeluarkan saat melahirkan lebih berat dibanding tenaga atlet lari maraton. Belum lagi setelah melahirkan Moms akan menyusui bayi. Tentu asupan nutrisi yang baik diperlukan untuk menjaga tubuh.

Setelah melahirkan tidak ada larangan untuk makan-makanan kesukaan Moms seperti sushi, nasi padang, dan lain sebagainya. Tapi, sebelum itu tidak ada salahnya untuk memprioritaskan makanan tinggi nutrisi seperti yang direkomendasikan di bawah ini.

1 dari 7 halaman

Dendeng Sapi

Dilansir Healthline, dendeng sapi mengandung protein tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral, termasuk seng, besi, vitamin B12, fosfor, dan folat. Semua yang terkandung ini sangat baik untuk Moms setelah melahirkan.

2 dari 7 halaman

Apel

Meningkatkan asupan buah dan sayuran sangat penting bagi Moms setelah melahirkan. Apel adalah pilihan yang baik karena tinggi serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik.

3 dari 7 halaman

Telur

Telur adalah sumber protein yang dapat membantu meredakan nyeri otot yang telah berkontraksi tanpa henti selama proses melahirkan. Telur yang diperkaya omega-3 dan omega-6 akan lebih baik karena Moms akan mendapat manfaat tambahan dari asam lemak omega-3 yang baik untuk otak.

4 dari 7 halaman

Oatmeal

Sembelit dan wasir adalah keluhan yang umum terjadi setelah melahirkan karena hormon kehamilan. Untuk membantu proses buang air besar tetap lancar, pastikan Moms mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat, seperti oatmeal.

5 dari 7 halaman

Kurma

Menurut sebuah penelitian dalam Shiraz E-Medical Journal tahun 2007, ditemukan bahwa mengonsumsi kurma tepat saat setelah melahirkan akan membuat ibu lebih sedikit kehilangan darah dan perdarahan. Kurma juga merupakan sumber gula sederhana yang membantu memberi Moms dorongan energi yang cepat setelah melahirkan.

6 dari 7 halaman

Biskuit Asin

Tidak harus makanan berat, biskuit pun bisa jadi pilihan makanan pertama setelah melahirkan. Biskuit memberikan asupan karbohidrat dan elektrolit yang membantu meningkatkan kembali energi pasca melahirkan.

7 dari 7 halaman

Sup Ayam

Sup ayam adalah makanan yang direkomendasikan untuk disantap pertama kali setelah persalinan. Kaldu yang terkandung di dalamnya punya manfaat untuk mengisi kembali elektrolit secara alami. Tambahkan nasi sebagai sumber karbohidrat.

Kalau setelah makan-makanan rekomendasi di atas Moms masih mau makan makanan favorit, misalnya nasi goreng, sushi, burger, martabak, dan sebagainya, silakan saja. Akan tetapi, tetap prioritaskan pola makan bergizi seimbang, ya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Beri Komentar