Jangan Digaruk! Ini Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Reporter : Mila
Rabu, 13 Juli 2022 10:57
Jangan Digaruk! Ini Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil
Simak tips di bawah ini ya Moms!

Calon Moms pasti tahu gimana sulitnya menahan jemari tangan untuk tidak menggaruk perut yang terasa gatal saat hamil. Yap, rasa gatal pada perut seringkali dirasakan oleh ibu hamil. Kondisi ini biasanya muncul di trimester kedua kehamilan, antara minggu ke 13 dan 28. Tapi, ada juga yang merasakannya di trimester akhir kehamilan.

1 dari 6 halaman

Perut gatal saat hamil sebenarnya tergolong kasus yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Penyebab rasa gatal ini dikarenakan perut mengalami peregangan seiring dengan makin membesarnya usia kandungan. Apalagi kalau Moms mengandung anak kembar dimana elastisitas perut semakin melebar.

Nah, hindari menggaruk perut yang gatal ya, Moms. Sebab menggaruk hanya akan membuat kulit menjadi iritasi dan muncul ruam. Sebaiknya atasi perut gatal dengan cara-cara berikut ini:

2 dari 6 halaman

Oleskan Pelembab

Kulit kering bisa menyebabkan rasa gatal. Begitu juga dengan perut, semakin besar perut Moms, maka kelembabannya semakin berkurang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab di sekitar area perut, minimal sehari sekali. Sensasi dingin yang terasa pada kulit setelah memakai pelembab mampu meredakan rasa gatal di perut.

3 dari 6 halaman

Kompres Air Dingin

Gunakan air dingin untuk mengompres bagian perut Moms yang terasa gatal. Sensasi dinginnya mampu meredakan rasa gatal dan membuat Moms merasa lebih rileks.

4 dari 6 halaman

Hindari Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa membantu mengendurkan otot tegang dan membuat tubuh terasa rileks. Tapi, aktivitas ini justru membuat kulit Moms jadi semakin kering dan mengakibatkan rasa gatal di area perut makin menjadi.

5 dari 6 halaman

Pakai Baju Longgar

Sebaiknya gunakan pakaian bersih yang longgar dan nyaman dipakai. Pakaian ketat beresiko menimbulkan gesekan pada kulit yang ruam sehingga rasa gatal makin menjadi dan kulitpun makin teriritasi.

Beri Komentar