Film yang Moms Tonton Ternyata Bisa Berpengaruh pada Janin, Kok Bisa ya?

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 11 Juli 2022 11:57
Film yang Moms Tonton Ternyata Bisa Berpengaruh pada Janin, Kok Bisa ya?
Simak penjelasannya yuk Moms.

Menonton biasanya jadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang bagi banyak orang, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Tapi, tahukah Moms, kalau diduga ada pengaruh dari tontonan terhadap ibu hamil dan janin yang sedang dikandung.

Apakah dugaan itu benar atau hanya mitos belaka? Simak selengkapnya ya!

1 dari 4 halaman

Pengaruh Tontonan Terhadap Ibu Hamil dan Janin?

Selama masa kehamilan, Moms akan lebih rentan mengalami perubahan hormon. Hal ini tidak jarang memicu perubahan suasana hati (mood swing) pada ibu hamil. Perubahan suasana hati tersebut yang sering kali dikhawatirkan bisa bertambah parah atau lebih sering terjadi saat menonton film.

Studi di Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology meneliti hubungan antara stres yang dialami ibu hamil dengan pertumbuhan janin yang lebih lambat. Diketahui bahwa, meski ada kaitannya, stres hanya menyumbang 1% dari perbedaan berat janin dari yang seharusnya.

2 dari 4 halaman

Selain itu, dilansir dari Journal of Physiological Sciences, ditemukan bahwa janin bisa merespons suasana hati Moms saat menonton film. Para ahli menyatakan respons janin berbeda-beda, tergantung dari suasana hati yang Moms rasakan.

Dalam studi terebut, 22 ibu hamil dengan usia kehamilan antara 28-36 minggu diminta untuk menonton dua jenis film yang berbeda. Sebelas ibu menonton film yang ringan dan gembira, sedangkan sebelas lainnya film yang bernuansa sedih.

Hasilnya menunjukan bahwa janin lebih aktif bergerak saat Moms sedang menonton film yang bernuansa senang. Sementara saat menonton film yang sedih, janin menjadi lebih jarang bergerak.

3 dari 4 halaman

Sebenarnya, masih belum bisa dipastikan secara pasti apa yang memicu respons janin. Tapi, diduga perubahan hormon yang terjadi saat ibu merasakan suasana hati tertentu saat menonton film lah yang menjadi pemicunya.

Artinya, secara tidak langsung ada pengaruh tontonan terhadap ibu hamil dan janin dalam kandungan. Emosi yang Moms rasakan saat menonton bisa berpengaruh pada janin.

Beri Komentar