Ibu hamil Biasanya Sering Mendengkur Saat Tidur, Kenapa ya?

Reporter : Mila
Kamis, 7 Juli 2022 11:57
Ibu hamil Biasanya Sering Mendengkur Saat Tidur, Kenapa ya?
Simak penjelasan lengkapnya yuk, Moms.

Ibu hamil sering mendengkur ternyata bukan sekadar mitos. Ada penjelasan secara medis yang mengungkap alasan kenapa Ibu hamil mendengkur. Bahkan, melansir Webmd, setidaknya ada 30% ibu hamil mendengkur selama kehamilan mereka.

Lantas, kira-kira kenapa ya Ibu hamil mendengkur? Berikut penjelasan selengkapnya!

1 dari 5 halaman

Saluran Hidung Bengkak

Selama kehamilan, terjadi peningkatan kadar hormon estrogen di dalam tubuh seorang perempuan. Kondisi ini menyebabkan jumlah darah merah juga meningkat. Akibatnya, pembuluh darah pada Ibu hamil melebar.

Termasuk pada saluran hidung yang juga ikut mengalami pembengkakan. Saluran hidung yang membengkak ini kemudian menyebabkan Moms  mendengkur saat tidur.

2 dari 5 halaman

Berat Badan Bertambah

Melansir Mayo Clinic, pada kehamilan tunggal Ibu hamil umumnya mengalami pertambahan berat badan antara 11 kg sampai 16 kg. Sementara itu, untuk kehamilan ganda atau kembar, pertambahan berat badan Ibu hamil umumnya sekitar 17 kg sampai 25 kg.

Kondisi berat badan yang bertambah selama kehamilan ini bisa menyebabkan peningkatan jaringan di leher dan tenggorokan. Dengan begitu, saluran napas bagian atas menyempit dan membatasi kemampuan Ibu hamil untuk bernapas dengan bebas. Alhasil, Moms mendengkur saat tidur.

3 dari 5 halaman

Tekanan Darah Tinggi

Ibu hamil yang mendengkur punya peningkatan risiko tekanan darah tinggi lebih besar. Berdasarkan hasil riset Karl A. Franklin, MD, PhD. dari Umea University, ada hubungan antara kehamilan dan frekuensi mendengkur. 

Kondisi itu melibatkan tekanan darah tinggi, protein dalam urin dan retensi cairan tubuh yang berkembang dua kali lebih banyak pada Ibu hamil mendengkur daripada yang tidak. Padahal, tekanan darah tinggi pada Ibu hamil punya dampak buruk untuk Ibu dan janin.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Mendengkur pada Ibu Hamil

Tapi tenang Moms, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati mendengkur saat hamil, antara lain:

1. Mengubah posisi tidur

Dianjurkan agar Ibu hamil tidur menghadap sisi kiri. Posisi ini diyakini bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga saluran pernapasan pun berjalan lebih lancar.  Selain itu, cobalah untuk menggunakan bantal tambahan agar posisi kepala lebih tinggi dari badan.

2. Menjaga berat badan

Ibu hamil mendengkur bisa jadi karena dipicu masalah berat badan berlebih. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga berat badan saat hamil. Moms memang akan mengalami kenaikan berat badan selama hamil, tapi bukan berarti bisa makan dengan bebas ya!

3. Mengatur jarak waktu makan malam dan tidur

Waktu makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga bisa memicu Moms mendengkur. Idealnya, jarak antara waktu makan dan tidur adalah 2 sampai 3 jam. Ini penting diperhatikan karena proses pencernaan yang belum berlangsung sempurna, akan berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh. 

4. Gunakan nasal strip

Kalau dibutuhkan, Moms  bisa menggunakan nasal strip untuk mencegah tidur yang mendengkur. Alat bantu ini biasanya diletakkan di jembatan antara kedua lubang hidung. Tujuannya untuk membuat saluran napas lebih sedikit terbuka. 

5. Menjaga kelembapan udara

Mendengkur bisa disebabkan oleh faktor lingkungan sekitar. Perlu diketahui, udara kering akan memperburuk kecenderungan mendengkur saat tidur. Oleh karena itu, Moms bisa menggunakan humidifier di dalam kamar agar kelembapan udara tetap terjaga dengan baik.

6. Lakukan olahraga ringan secara rutin

Satu lagi cara mengatasi Ibu hamil mendengkur, yaitu dengan berolahraga ringan secara rutin. Olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, maupun renang bisa memperbaiki sistem pernapasan Ibu hamil.

Beri Komentar