Hamil Anak Kembar, Ini 5 Hal yang Perlu Ibu Perhatikan

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 18 Desember 2020 06:30
Hamil Anak Kembar, Ini 5 Hal yang Perlu Ibu Perhatikan
Apa saja ya Moms yang perlu diperhatikan?

Melihat buah hati bisa tumbuh baik dan sehat dalam kandungan tentu jadi harapan setiap ibu hamil. Karena itu, ibu biasanya akan lebih berhati-hati dalam melakukan segala hal di masa kehamilan.

Apalagi saat hamil bayi kembar. Meski banyak ibu yang merasa senang, nggak sedikit juga yang merasa cemas dengan risikonya. Karena itu, ada sederet hal yang perlu ibu perhatikan saat hamil bayi kembar.

Apa saja itu? Dikutip dari Parenting Orami, berikut hal yang perlu ibu hamil perhatikan saat mengandung anak kembar.

1 dari 5 halaman

Cukup Istirahat

Ilustrasi ibu hamil tidur dengan terlentang © Diadona

Sangat wajar bagi ibu hamil untuk merasa cepat lelah. Hal ini dikarenakan saat hamil volume darah akan meningkat untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Karena itu, ibu hamil direkomendasikan untuk beristirahar dengan cukup. Kurang tidur juga cukup berbahaya lho Moms bagi ibu hamil. Pasalnya, kurang tidur bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat lahir bayi rendah, dan sederet risiko lainnya.

2 dari 5 halaman

Metode Persalinan

Ilustrasi Melahirkan © Diadona

Metode melahirkan tentunya harus Moms pertimbangkan baik-baik sebelumnya. Pada kehamilan kembar, kemungkinan melahirkan secara caesar jauh lebih tinggi Moms. Tapi, tentunya hal ini juga tergantung dengan berbagai faktor seperti misalnya kesehatan janin dan ibu.

Selain itu, proses melahirkan bayi kembar juga bisa saja lebih lama dari bayi tunggal, Moms. Karena itu, mempersiapkan metode melahirkan sejak dini nggak kalah penting.

3 dari 5 halaman

Perhatikan Asupan Nutrisi

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Sayur © Diadona

Berbeda dengan kehamilan tunggal, saat hamil bayi kembar Moms perlu asupan makanan sekitar 2.700-3.000 kalori per harinya. Tak hanya asupan makanan, kescukupan vitamin seperti asam folat dan zat besi perlu juga diperhatikan untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Konsumsi harian asam folat untuk kehamilan kembar sekitar 1 mg. Selain itu, Moms juga perlu mengasup sekitar 60-100 mg zat besi per harinya agar terhindar dari anemia. Moms bisa memperoleh asupan zat besi ini dari ikan, daging, dan kacang-kacangan.

4 dari 5 halaman

Perhatikan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan Ibu Hamil © Diadona

Umumnya, ibu yang mengandung janin kemabr akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 15-20 kg sampai trimester akhir kehamilan Moms. Pada awal kehamilan, berat badan Moms direkomendasikan untuk naik sekitar setengah kilo per minggunya.

Tapi, semua ini tergantung juga dengan kondisi setiap ibu ya. Karena itu, sebaiknya Moms mengonsultasikan tentang kenaikan berat badan ideal ini pada dokter.

5 dari 5 halaman

Periksakan Kandungan secara Intensif

Ilustrasi ibu hamil dan dokter © Diadona

Kehamilan kembar nyatanya juga bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti tekanan darah tinggi, janin lahir prematur, preeklamsia, dan lainnya. Karena itu, untuk menghindari berbagai komplikasi yang tak diharapkan ini, sebaiknya Moms secara rutin memeriksakan kandungan ke dokter untuk menghindari hal yang nggak diinginkan.

Nah, itu dia lima hal yang perlu Moms perhatikan saat hamil anak kembar. Semoga membantu, ya Moms.

Beri Komentar