Normal Nggak Sih Bayi Menangis Saat Tengah Malam?

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 16 Desember 2020 08:15
Normal Nggak Sih Bayi Menangis Saat Tengah Malam?
Simak ya moms

Siapa yang tak tenang melihat bayi tertidur dengan pulas, terlebih lagi bagi sebagian orangtua yang seharian penuh sudah berusaha menidurkan si kecil.

Namun, beberapa bayi saat tidur biasanya sering terbangun hingga menangis yang sebenarnya ia tidak benar-benar bangun. Hal ini biasa terjadi ketika malam hari dan membuat banyak orang tua termasuk ibu menjadi panik dan tak bisa tidur. Apakah hal tersebut nirmal dan bagaimana mengatasinya?

 

1 dari 2 halaman

Kenapa bisa terjadi?

Bayi baru lahir memiliki pola tidur yang berbeda dimana antara gerakan mata selalu bergantian mulai dari gerakan cepat dan lambat atau sering disebut REM. fase tersebut bisa disbut fase bayi bermimpi, sehingga banyak ibu yang mendengar bayi merintih saat tertidur.

Menangis saat malam juga bisa dikaitkan dengan reggresi tidur, yaitu kemunduran normal dalam rutinitas malam si kecil. ini biasanya dijalani oleh bayi yang berusia sekitar empat bulan hingga enam bulan. Bahkan ada yang mengalami hingga usia 12 bulan lho

 

2 dari 2 halaman

Bagaimana cara mengatasinya?

Apa yang harus dilakukan ibu ketika bayi mengalami hal serupa? Ini mungkin adalah sedikit triknya:

  • Baiknya jangan terburu-buru ketika melihat ini terjadi. Ingat, bayi adalah penidur yang gelisah, jadi merengek dan bahkan terbangun sebentar jika dia dalam tidur REM bisa terjadi.
  • Coba sedikit perbaiki posisi tidur si kecil. Jika bayi menjejalkan dirinya di sudut tempat tidur bayi atau kakinya tergantung di antara pagar tempat tidur, perbaiki posisi tidurnya.
  • Ibu bisa saja membelai perut si bayi ketika menggigau. Melalui usapan perut dan suara yang menenangkan dapat membuat bayi tahu bahwa Mama ada untuk menghiburnya.

 

Beri Komentar