Perut Gatal saat Hamil Tanda Janin Sedang Tumbuh Rambut, Mitos atau Fakta ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 16 Desember 2020 10:30
Perut Gatal saat Hamil Tanda Janin Sedang Tumbuh Rambut, Mitos atau Fakta ya?
Mitos atau fakta ya kira-kira, Moms?

Perubahan yang terjadi pada tubuh saat hamil tentu saja jadi hal umum bila ibu mengalami berbagai keluhan. Salah satunya rasa gatal pada perut.

Berbicara soal rasa gatal di area perut, nggak sedikit orang yang percaya jika hal itu disebabkan karena janin sedang tumbuh rambut. Kira-kira hal ini fakta atau hanya sekadar mitos belaka ya Moms?

Daripada penasaran, langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Mitos atau Fakta?

Ilustrasi perut gatal saat hamil © Diadona

Melansir dari klikdokter.com, peruta gatal pertanda janin sedang tumbuh rambut nyatanya hanya mitos belaka, Moms. Menurut dr. Vaida Gracia perut gatal pada ibu hamil pada dasarnya disebabkan oleh perubahan hormon yang dialami ibu.

Akibat perubahan hormon ini, kulit jadi lebih sensitif terhadap lingkungan atau benda-benda yang dipakai, Moms. Karena itu, perut ibu cenderung sering gatal saat hamil.

2 dari 5 halaman

Selain faktor hormonal, kondisi kulit yang kering akibat peregangan selama kehamilan juga jadi pemicu lain timbulnya rasa gatal selain juga akibat rahim yang membesar seiring kehamilan yang menyebabkan kulit di area perut semakin tipis.

Cara Mengatasi Perut Gatal saat Hamil

Ada sederet cara yang bisa Moms coba untuk mengatasi rasa gatal di perut selama kehamilan. Dilansir dari What to Expect, berikut beberapa tips yang bisa Moms ikuti.

3 dari 5 halaman

1. Jangan Menggaruk

Meskipun menggoda, menggaruk kulit hanya akan menyebabkan lebih banyak iritasi Moms. Karena itu, usahakan nggak menggaruk ya, Moms.

2. Gunakan Pelembab

Ilustrasi perut gatal saat hamil © Diadona

Pelembab yang ringan, lembut, dan bebas pewangi bisa mengurangi rasa gatal untuk sementara waktu. Moms bisa mengoleskan pelembab ini secara rutin.

4 dari 5 halaman

3. Gunakan Produk Berbahan Lidah Buaya

Produk berbahan lidah buaya juga bisa membantu mengurangi rasa gatal di perut saat hamil, Moms. Selain itu, aloevera atau lidah buaya bisa membantu melembapkan kulit sekaligus memberikan efek menyejukkan bagi kulit.

4. Gunakan Humidifier

Humidifier bisa membantu menjaga kulit semakin kering Moms. Tapi, gunakan humidifier dengan hati-hati ya Moms karena bila salah bisa-bisa malah menyebarkan kuman dan memicu alergi. Karena itu, ikuti petunjuk tentang cara menjaga humidifier tetap berfungsi dengan benar dan baik.

Beri Komentar