Aman Nggak sih Ibu Menyusui Bayi saat Sakit?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 14 Desember 2020 10:30
Aman Nggak sih Ibu Menyusui Bayi saat Sakit?
Cari tahu jawabannya di sini, yuk Moms.

Sejak dulu, ASI memang dipercaya sebagai asupan yang sangat baik bagi bayi. Karena itu, sebagian besar ibu nggak ragu untuk memberikan ASI bagi buah hati di masa-masa awal kelahiran.

Saat masa menyusui ini, kadang nggak sedikit ibu merasa khawatir saat sedang dalam kondisi sakit karena takut si kecil bakal tertular. Tapi sebenarnya aman nggak sih bagi ibu menyusui bayi saat dalam kondisi sakit?

1 dari 5 halaman

Menyusui Bayi saat Sakit

Ilustrasi ibu menyusui saat sakit © Diadona

Dikutip dari Healthline, menyusui saat ibu sakit tergolong aman kok, Moms. ASI adalah sumber nutrisi paling sehat untuk bayi sekaligus memberikan bayi antibodi yang akan membantunya mengurangi risiko terkena penyakit.

Bila Moms merasa nggak kuat untuk menyusui, Moms juga bisa memompa ASI yang nantinya masih bisa diberikan pada si kecil.

2 dari 5 halaman

Sangat aman untuk menyusui saat sakit dan sebenarnya baik untuk bayi,” ucap Kealy Hawk, seorang konselor laktasi bersertifikat.

" Saat ibu terkena penyakit, tubuh akan menciptakan antibodi dalam ASI dan bila ibu menyusui, anak akan mendapatkan antibodi yang bermanfaat ini yang akan membantu mereka melawan penyakit atau mencegah mereka mendapatkannya," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Apa Penyakit yang Diidap Ibu Bisa Melewati ASI?

Ilustrasi ibu menyusui saat sakit © Diadona

Faktanya, virus pilek dan flu nggak melewati ASI Moms. Tapi, lain halnya dengan penyakit serius seperti HIV, HTLV-1 atau brucellosis, kedua penyakit ini bisa melewati ASI.

Begitu juga dengan virus ebola, herpes simplex di payudara, atau infeksi seperti tuberkulosis, campak atau septikemia, yang bisa ditularkan melalui ASI. Karena itu, penting untuk mengonsultasikan hal ini pada dokter sebelum Moms memutuskan untuk menyusui.

4 dari 5 halaman

Apa Sakit Bisa Memengaruhi Suplai ASI?

Jawabannya, bisa Moms. Saat sakit, ibu cenderung cepat dehidrasi. Kekurangan cairan karena dehidrasi ini bisa menyebabkan suplai ASI menurun, Moms. Selain itu, penurunan nafsu makan saat sakit juga sedikit banyak memengaruhi jumlah suplai ASI.

Obat yang dikonsumsi juga ikut berperan dalam hal ini. Antihistamin, misalnya, bisa menyebabkan susu " mengering" . Karena itu, penting untuk tetap makan secara teratur.

Meski begitu, penurunan suplai ASI ini biasanya nggak berlangsung secara permanen kok Moms. Jadi, Moms bisa sedikit lebih tenang.

Beri Komentar