Janin Lebih Aktif Bergerak di Malam Hari, Perlu Nggak sih Ibu Khawatir?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 17 Desember 2020 15:30
Janin Lebih Aktif Bergerak di Malam Hari, Perlu Nggak sih Ibu Khawatir?
Moms mengalaminya juga nggak?

Bisa merasakan gerakan bayi dalam kadungan biasanya jadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Biasanya, pada kehamilan pertama, ibu mulai bisa merasakan gerakan janin saat usia kehamilan menginjak 18-20 minggu.

Sementara pada kehamilan kedua atau lebih, gerakan janin biasanya mulai dirasakan ibu pada minggu ke 16-18 kehamilan.

Diperkirakan saat usia kehamilan memasuki tujuh bulan, janin akan bergerak hampir 50 kali setiap jamnya. Gerakan ini mencakup gerakan yang bisa Moms rasakan, seperti menendang dan meregangkan tubuh, serta gerakan yang nggak bisa Moms rasakan seperti berkedip.

Tapi sebenarnya, normal nggak sih bila bayi dalam kandungan lebih aktif di malam hari dibanding siang hari? Langsung saja yuk, simak ulasan yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 4 halaman

Normal Nggak sih Bayi dalam Kandungan Lebih Aktif di Malam Hari?

Ilustrasi ibu hamil tidur © Diadona

Melansir dari scimex.org, menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh University of Auckland, pada trimester akhir kehamilan memang sangat normal Moms bagi bayi untuk lebih aktif di malam hari. Bahkan, gerakan bayi ini akan cenderung terus menjadi kuat.

Temuan ini juga sejalan dengan studi yang dilakukan oleh American Pregnancy Association, dalam penelitian itu juga menunjukkan bahwa beberapa bayi cenderung lebih aktif di malam hari.

2 dari 4 halaman

Moms mungkin akan merasakan tendangan yang sangat keras jika bayi merasa gusar karena sesuatu. Hal ini bisa terjadi karena ketidaknyamanan atau kurangnya ruang bagi bayi untuk meregang seiring kehamilan.

Dokter percaya bahwa saat janin tumbuh, ia menjadi lebih sadar akan sekitarnya dan kemudian mulai menyerupai bayi baru lahir, baik secara fisik maupun psikologis. Karena itu, bayi dalam kandungan yang cenderung aktif di malam hari bisa dibilang nggak berbahaya Moms.

3 dari 4 halaman

Kenapa sih Bayi Cenderung Aktif di Malam Hari?

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Aktivitas bayi di malam hari bisa jadi disebabkan oleh ketidakaktifan ibu di malam hari, Moms. Pada siang hari, gerakan Moms bisa memiliki efek yang mirip dengan buaian yang membuat bayi untuk tidur.

Nah, saat malam hari dimana Moms tidur dan nggak beraktivitas membuat bayi cenderung bangun. Hal itu yang kemudian menjadi salah satu alasan bayi menjadi lebih aktif di malam hari.

4 dari 4 halaman

Psychology Today memperkirakan bahwa bayi bisa waspada dan bergerak di malam hari karena alasan sederhana seperti apa yang Moms makan untuk makan malam atau hanya ingin mendengar sang ibu berbicara.

Jadi, Moms nggak perlu khawatir ya bila janin jadi lebih aktif di malam hari. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar