Awas! Kandungan Kosmetik Ini Bahaya Digunakan Saat Hamil

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 20 Mei 2020 15:37
Awas! Kandungan Kosmetik Ini Bahaya Digunakan Saat Hamil
Hati-hati, Moms!

Wanita mana sih yang nggak pengen selalu tampil cantik di setiap momen? Makanya banyak dari wanita yang memutuskan untuk menggunakan kosmetik untuk menyempurnakan tampilan mereka setiap hari.

Tapi tahu nggak sih, kalau ada kandungan kosmetik yang berbahaya jika digunakan saat hamil? Kandungan ini cukup mudah ditemukan di beberapa produk kosmetik dan kabar buruknya bisa berdampak buruk pada anak saat lahir lho, Moms! Kira-kira kandungan apa ya?

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Dilansir dari Sciencedaily.com, kandungan paraben biasanya digunakan sebagai pengawet dalam kosmetik. Saat wanita hamil menggunakan kosmetik yang mengandung paraben dalam jangka waktu lama ternyata cenderung bisa memengaruhi perkembangan berat badan anak mereka lho. Sebuah jurnal yang diterbitkan Nature Communications mengungkapkan bahwa kandungan paraben dapat mengganggu pengaturan rasa kenyang alami pada otak anak.

Methylparaben, propylparaben, dan butylparaben merupakan jenis paraben yang biasa digunakan sebagai pengawet. Zat-zat ini biasanya terkandung dalam krim dan lotion tubuh untuk melawan mikroba. Namun ternyata penggunaannya memiliki efek samping yang nggak akan kita inginkan.

2 dari 3 halaman

ilustrasi ibu hamil dan dokter © Diadona

Dr. Tobias Polte, ahli imunologi lingkungan UFZ, mengungkapkan jika wanita hamil menyerap paraben melalui kulit, maka anak-anak mereka bisa memiliki kemungkinan kelebihan berat badan. Penelitian yang dilakukan UFZ menemukan bahwa konsentrasi paraben yang tinggi dalam urin ibu memang berhubungan dengan penggunaan kosmetik yang mengandung paraben.

Para peneliti juga menemukan pengaruh paraben selama kehamilan jelas memunculkan modifikasi epigenetik pada anak yang secara permanen mengganggu pengaturan rasa kenyang mereka secara alami. Hal ini menyebabkan anak memiliki asupan makanan yang lebih tinggi.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Makanya para ahli menganggap bahwa paraben tampaknya merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kelebihan berat badan pada anak di masa depan saat digunakan selama kehamilan. Tapi perlu diingat bahwa masih ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut seperti diet hypercaloric dan kurang olahraga.

Mengingat kesehatan anak-anak di masa depan merupakan hal yang sangat penting, sebaiknya calon ibu menggunakn produk bebas paraben selama periode kehamilan dan menyusui. Sudah banyak kok produk kosmetik yang bebas paraben, jadi nggak ada alasan untuk mencegah hal ini ya, Moms!

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar