5 Bahaya Pasang Kawat Gigi alias Behel Saat Hamil, Wajib Simak Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 22 Juli 2022 10:57
5 Bahaya Pasang Kawat Gigi alias Behel Saat Hamil, Wajib Simak Moms!
Konsultasikan semuanya pada dokter ya.

Pemasangan kawat gigi atau behel umumnya memang bertujuan untuk merapikan gigi lebih rapi. Hal ini sebenarnya aman-aman saja, tapi ada beberapa faktor yang menyebabkan kawat gigi menjadi punya dampak negatif untuk kehamilan Moms.

Apalagi, perubahan hormon selama hamil bisa memicu daerah mulut menjadi lebih sensitif. Jadi, sebelum terlambat, simak dulu artikel ini ya!

1 dari 5 halaman

Risiko Keguguran

Perlu diketahui bahwa pemasangan kawat gigi saat sedang hamil bisa memicu risiko keguguran. Ini menjadi dampak terburuk yang bisa terjadi saat masa kehamilan. 

Perubahan hormon jadi salah satu pemicunya, apalagi selama masa kehamilan bisa meningkatkan infeksi pada gusi. Tanpa disadari perubahan hormon itu membuat kesehatan mulut menjadi lebih sensitif dari biasanya.  

2 dari 5 halaman

Bayi Kurang Gizi

Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan akibat meningkatnya hormon progesteron bisa memicu gusi dan gigi ibu hamil mudah terkena bakteri akibat plak. Peradangan gusi ini mempermudah darah keluar. Oleh karena itu, tak jarang gusi tiba-tiba berdarah ketika sedang menyikat gigi. 

Pendarahan yang sering dialami oleh ibu hamil memicu terjadnya anemia. Kondisi inilah yang berdampak buruk dan membuat janin di dalam kandungan kekurangan gizi, sehingga memicu bayi lahir dengan berat rendah atau kelahiran prematur. 

3 dari 5 halaman

Mengganggu Pertumbuhan Sel

Saat memasang kawat gigi, biasanya dokter akan melakukan beberapa prosedur seperti rontgen. Tindakan ini bisa berbahaya karena mengganggu pertumbuhan sel-sel yang dibutuhkan oleh tubuh selama masa kehamilan. 

Semakin tingginya radiasi yang dihasilkan saat rontgen, maka semakin besar risiko yang diterima oleh bayi di dalam kandungan.

4 dari 5 halaman

Risiko Bayi Lahir Cacat

Selain sinar X yang dihasilkan ketika proses rontgen, pemberian obat-obatan dan pencabutan gigi sangat sensitif dilakukan oleh ibu hamil. 

Perlu disadari bahwa pemberian obat ini tidak boleh sembarangan apalagi berbagai obat-obatan yang diminum bisa memiliki efek negatif pada janin, salah satunya bayi dapat cacat lahir dan berisiko mengalami keterbelakangan mental. 

5 dari 5 halaman

Risiko Alergi

Bahan-bahan yang terkandung di dalam kawat gigi mungkin menyebabkan alergi untuk beberapa ibu hamil. Kawat gigi biasanya terbuat dari logam yang berbahaya, sehingga bisa memicu reaksi alergi bagi penggunanya.

Bahkan ada juga pengguna baru yang tidak memiliki riwayat alergi justru mengalaminya pasca melakukan pemasangan kawat gigi.

Jadi, sebelum pasang kawat gigi atau behel, ada baiknya konsultasikan dulu pada dokter ya!

Beri Komentar