Tidak Kunjung Menstruasi Setelah Melahirkan, Apakah Itu Hal yang Normal?

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 30 November 2021 11:57
Tidak Kunjung Menstruasi Setelah Melahirkan, Apakah Itu Hal yang Normal?
Simak fakta-faktanya dulu ya.

Selama masa kehamilan, ibu hamil tidak mengalami menstruasi. Nah, kemudian barulah setelah melahirkan Moms akan menstruasi lagi.

Waktu menstruasi setelah melahirkan mungkin akan berbeda-beda tiap orang. Tapi, bagaimana kalau tidak juga kunjung menstruasi setelah melahirkan?

1 dari 3 halaman

Kapan Seharusnya Menstruasi Lagi Pasca Melahirkan?

Ilustrasi Pasca MelahirkanIlustrasi Pasca Melahirkan © Shutterstock

Waktu menstruasi setelah melahirkan akan berbeda-beda tiap orang. Banyak faktor yang memengaruhi hal itu, seperti tubuh Moms dan bagaimana Moms menyusui bayinya.

Kalau Moms menyusui bayi secara eksklusif, menstruasi pertama mungkin akan terjadi dalam waktu lebih lambat (6 bulanan pasca melahirkan).

Sementara, kalau tidak menyusui bayi, mungkin Moms akan menstruasi lagi dalam waktu lebih cepat. Biasanya hanya beberapa minggu setelah melahirkan.

2 dari 3 halaman

Kenapa Busui Menstruasi Lebih Telat?

Ilustrasi MenyusuiIlustrasi Menyusui © Shutterstock

Ibu yang menyusui bayinya secara eksklusif biasanya akan lebih lama mengalami menstruasi pertamanya sejak melahirkan. Kenapa? Karena hormon-hormon yang dibutuhkan untuk produksi ASI (hormon prolaktin) akan meningkat jumlahnya dan bisa menekan produksi hormon reproduksi. Hasilnya, Moms tidak melepaskan sel telur (ovulasi), sehingga tidak menstruasi.

Oleh karena itu, inilah alasan mengapa menyusui secara eksklusif bisa menjadi alat kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan.

3 dari 3 halaman

Normal, Selama...

Kalau Moms tidak menyusui bayi secara eksklusif tapi tidak kunjung mengalami menstruasi setelah melahirkan selama lebih dari tiga atau empat bulan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Periode menstruasi yang tidak teratur selama satu sampai tiga bulan di awal-awal sejak menstruasi pertama, masih normal terjadi. Pada saat ini, tubuh Moms masih mencoba untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar