Bahaya Cacar Monyet pada Ibu Hamil dan Cara Pencegahannya, Wajib Simak Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 20 Juli 2022 10:57
Bahaya Cacar Monyet pada Ibu Hamil dan Cara Pencegahannya, Wajib Simak Moms!
Simak baik-baik ya Moms.

Gejala mirip cacar pada ibu hamil perlu diwaspadai, karena bisa jadi ini merupakan gejala cacar monyet (monkeypox). Meskipun sejauh ini kasusnya belum ditemukan di Indonesia, cacar monyet punya beberapa bahaya, terutama pada kelompok rentan seperti ibu hamil.

1 dari 3 halaman

Bahaya Cacar Monyet pada Ibu Hamil

Cacar monyet biisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya dan gangguan kesehatan pada ibu hamil. Hal ini pernah disampaikan oleh Mbala et al. dalam sebuah laporan kasus di Republik Kongo pada 2017.

Laporan itu menyebutkan bahwa terdapat empat pasien wanita hamil yang awalnya datang ke rumah sakit dengan keluhan gejala mirip cacar monyet. Dua pasien menunjukkan gejala pada trimester pertama dan setelah itu mengalami keguguran.

Sementara itu, pasien ke-3 mengaku gejala muncul ketika trimester kedua dan akhirnya melahirkan bayi secara normal. Terakhir, pasien ke-4, menunjukkan gejala saat trimester kedua dan mengalami kematian janin tepat pada usia kehamilan 21 minggu.

Setelah dilakukan identifikasi pada janin, terdeteksi pembesaran hati abnormal (hepatomegali) dan penumpukan cairan pada rongga perut (efusi peritoneal).

2 dari 3 halaman

Mencegah Cacar Monyet pada Ibu Hamil

Meskipun cacar monyet termasuk penyakit yang bisa sembuh sendiri dalam hitungan minggu, lebih baik untuk mencegah penyakit tersebut.

Berikut beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah bahaya cacar monyet pada ibu hamil:

  • Menerima vaksin cacar
  • Hindari kontak dengan hewan atau orang yang terinfeksi cacar monyet
  • Memasak daging sampai matang
  • Rajin mencuci tangan

Beri Komentar