Tentang Makanan Online, Mulai dari Cara Pemesanan, Bisnis dan Tips Penjualannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 26 Januari 2021 22:22
Tentang Makanan Online, Mulai dari Cara Pemesanan, Bisnis dan Tips Penjualannya
Makanan online adalah potensi bisnis yang menggiurkan. Terlenih di masa pandemi gini, siapa sih yang nggak pengen dapat tambahan cuan?

Makanan online kini jadi salah satu jenis bisnis yang paling menjanjikan. Memadukan konsep digital dengan salah satu jenis usaha yang paling laris ini adalah ide yang brillian. Bayangkan kalau makanan kamu pesanan kamu langsung diantar di depan pintu, atau bisnis usahamu yang makin sukses karena bisa meraih para konsumen yang mager.

Di Indonesia, kita mengenal aplikasi transportasi online yang menyediakan jasa pemesanan dan pengantaran makanan cuman bermodalkan ponsel doang. Harganya memang lebih mahal ketimbang kamu membelinya langsung di restoran karena ada biaya yang dikenakan pihak aplikasi terhadap restoran. Selain itu, kamu juga harus membayara biaya trasnportasi kepada kurir. Tapi, bisnis ini makin menjanjikan setiap hari.

Bahkan bila makanan online tak tersedia di aplikasi, kamu tetap bisa memesannya melalui layanan yang disediakan restoran sendiri dan memesan jassa pelayanan transportasi online, mirip dengan personal shopper.

Lebih lanjut mengenai makanan online ini yuk simakan dalam ulasan Diadona berikut ini:

1 dari 3 halaman

Pesan Makanan Online

Makanan Online © Diadona

Satu kali dalam satu minggu atau dalam satu bulan, kamu pasti pernah mencicipi nikmatnya memesan makanan online. Selain cocok buat kamu yang mageran, proses ini nggak selamanya mahal selama kamu sigap menangkap promo yang bertaburan.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memesan makanan secara online, yakni:

GoFood

Adalah salah satu fitur dari aplikasi GoJek untuk pemesanan makanan. Aplikasi ini sering ngasih promo kalau kamu membayar dengan menggunakan dompet virual mereka, GoPay. Tinggal rajin pantengin aplikasi aja nih.

GrabFood

Sama halnya dengan GoFood, ini adalah aplikasi pemesanan makanan online dari aplikasi Grab. Pantengin terus aplikasi mereka buat dapetin promo dan diskon ya!

Klik Eat

Kalau GrabFood dan Go-Food adalah jasa pemesanana makan online berbasis aplikasi, Klik Eat adalah layanan berbasis web. Sayangnya layanan ini baru beroperasi di Jakarta, Tangeran dan Bandung dan udah bekerja sama dengan sekitar 500 mitra

Raja Makan

Pengguna aplikasi ini bisa memilih makanan online dengan jarak pengantaran maksimal 6 kilometer. Kalau lebih, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 3.500 untuk setiap kilometer, dan dengan jarak maksimum 15 km.

Kulina

Adalah aplikasi katering untuk pemesanan makanan sehat hingga rumahan untuk makan siang. Pelanggan bakalan terhubung dengan dapur terdekat yang udah bekerja sama dengan Kulina sehingga pelanggan bisa menikmati makana murah dengan kulitas terjaga secara tepat waktu.

2 dari 3 halaman

Bisnis Makanan Online

Makanan Online © Diadona

Bisnis makanan online nggak melulu cuman bisnis makana yang tersedia lewat aplikasi, namun di mana proses pemesanan, pembelian dilakukan secara online dan makan diantarkan lewat kurir. Saat ini bisnisn makan tersebut sedang berkembang banget. Berikut manfaatnya:

Mempermudah Proses Pemesanan

Tinggal cari makanan apa yang kamu suka di ponsel, pilih, tentukan jumlahnya, set alamat pengiriman dan pembayaran, lalu tunggu di rumah dan tak lama lagi pesanan makanan online kamu akan datang.

Pelanggan dan Manajemen Pesaan yang Lebih Efisien

Dalam aplikasi tertera history pembelian makanan online kamu, mengecek ketersediaan menu, proses berjalannya pesanan dan lainnya.

Memantau Pengeluaran Makanan Online

Bagi pelanggan, terdapat informasi arus kas yang nunjukin jumlah pengeluaran karena pembelian makanan online menggunakan jasa aplikasi tersebut. Sedangkan restoran pun juga bisa menangkap jumlah pemasukan dari pemesanan makanan.

Pemasaran Murah

internet adalah komunitas gratis dan yang dibutuhkan oleh sebuah pemilik bisnis makanan online adalah informasi promosi untuk menjangkau target market. Dan dengan bantuan kurir atau jasa pengantaran, makanan bisa sampai ke pembeli.

Pesan Makanan Online Bikin Nyaman

Pesan makanan online memungkinkan pelanggan untuk memesan kapan saja, di mana saja menggunakan ponselnya. Nggak perlu kemana-mana, kan lagi ada corona.

Mengembangkan Bisnis

Peningkatan permintaan konsumen terhadap sistem pemesanan makanan online haruslah ditangkap dengan sigap oleh pemilik bisnis. Salah satu contoh suksesnya sistem ini adalah perkembangan Domino's Pizza yang udah menerapsikan sistem ini sejak 2010 lalu dan kini udah sukses jadi i jaringan pizza terbesar kedua di dunia dengan harga saham yang naik dari $ 8 menjadi $ 200.

Menjangkau Pembeli Lebih Luas

Kapasitas tempat duduk di restoran mungkin terbatas dan nggak cukup untuk keseluruhan penikmat makanan. Tapi dengan sistem pembelian makanan online, bangunan atau tempat duduk di restoran nggak lagi jadi soal.

3 dari 3 halaman

Jual Makanan Online

Makanan Online © Diadona

Menjual makanan online terlihat mudah, padahal sama dnegan bisnis lainnya nih, diperlukan beberapa langkah yang tepat agar berhasil dan berkembang. Seperti ini nih triknya:

Promosi Lewat Media Sosial

Unggah foto makanan yang menarik dengan caption yang bikin orang lain kepengen nyobain. Jangan lupa cantumkan informasi yang penting misalnya bahan yang digunakan untuk menghindari alergi makanan, cara pengolahan dan juga harga.

Pemesanan Produk Secara Mudah

Semakin mudah makanan online dibeli maka kemungkinan konsumen untuk check out barang jadi makin banyak.

Pilihan Pembayaran yang Beragam

Umumnya penjual bakalan menyediakan beragam pilihan tranfer bank untuk menghindarkan konsumen dari biaya transaksi. Atau kamu juga bisa menyediakan pembayaran makana online melalui platform e-money dan lainnya dengan biaya administrasi yang rendah.

Diskon

Siapa sih yang tak tertarik dengan diskon? Diskon membuat pelanggan lama kembali belanja dan pelanggan baru untuk datang.

Kerja sama dengan Food Vlogger

Jangan ragu untuk belejrja sama dnegan food vlogger untuk mempromosikan bisnis makanan onlinemu. Pilih akun yang memberikan manfaat paling besar dengan biaya endorse paling murah.

Inovasi

Setiap bisnis pasti memerlukan inovasi, tak terkecuali dengan makanan online. Dengan inovasi, makanan kamu bakalan tetap bikin penasaran dan nggak ketinggalan trend.

Gratis Ongkos Kirim

Berikan gratis ongkos kirim setiap pembelian produk makanan onlinemu dengan nominal tertentu. Gratis ongkos kirim ini dianggap menghemat pengeluaran bagi pembeli.

Posting Review

Review positif dari pelanggan akan menumbuhkan kepercayaan dari calon pembeli untuk mencoba produk makanan kamu. Biasanya nih postingan ini ditempatkan di highlight stories tersendiri di instagram

Ramah Kepada Konsuman

APa jadinya kalau produk makanan yang enak tapi penjualnya judes nan ketus? Wah, pembeli pada kabur nih!

Makanan online kini jadi bisnis yang sedang banyak diminati. Apakah kamu juga tertarik?

Beri Komentar