Raffi Ahmad dan Ari Lasso Pamer Saham MCAS, Bursa Efek Indonesia Layangkan Pemanggilan

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 5 Januari 2021 18:55
Raffi Ahmad dan Ari Lasso Pamer Saham MCAS,  Bursa Efek Indonesia Layangkan Pemanggilan
BEI ingin berikan edukasi untuk para influencer yang mempromosikan saham perusahaan lewat akun media sosialnya.

Dua orang artis sekaligus influencer papan atas, Raffi Ahmad dan Ari Lasso baru-baru ini nampak merekomendasikan saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) lewat unggahan di akun media sosialnya. Ajakan tersebut langsung direspon oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berencana untuk memanggil Raffi dan Ari Lasso terkait video rekomendasi yang diunggah.

"Kita akan ajak diskusi para influencer ini," ujar Laksono Widodo, Direktur Perdagangan dan Peniolaian Anggota Bursa BEI pada wartawan.

1 dari 3 halaman

Harapkan Tanggung Jawab Influencer

Ajakan dari Raffi Ahmad dan Ari Lasso untuk membeli saham MCAS tersebut bagai dua mata pisau. Di sisi lain hal tersebut disambut dengan sangat baik oleh otoritas bursa karena dianggap memasyarakatkan kegiatan investasi yang mungkin belum umum dilakukan masyarakat awam.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan luput dari konten ajakan Raffi Ahmad maupun Ari Lasso.

"Perlu diingatkan bahwa mereka akan ada tanggung jawab moral untuk para followernya. Kemungkinan ada potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang dikecewakan," terang Laksono.

"Kita juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yang belum pernah mengikuti," imbuhnya.

      View this post on Instagram

A post shared by Raffi Ahmad and Nagita Slavina (@raffinagita1717)

2 dari 3 halaman

Perlu Transparansi

Analisis PT Bionaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama juga melontarkan pernyataan senada. Ia mengharapkan adanya kejelasan dan analisis yang memadai sebelum para influencer merekomendasikan saham tertentu.

"Mesti ada transparansi karena ini berkaitan dengan kredibilitas. Jadi analisis tersebut bisa dipertanggungjawabkan lagi kepada kalangan pengikutnya," terangnya seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

      View this post on Instagram

A post shared by Ari Lasso (@ari_lasso)

3 dari 3 halaman

Raffi Ahmad dan Ari Lasso Promosikan Saham MCAS

Dalam unggahannya, Raffi Ahmad terlihat merekomendasikan saham MCAS. Lewat video pendek tersebut, Raffi juga mengaku baru pertama kali melakukan investasi dan langsung menjatuhkan pilihan pada saham milik Grup Kresna tersebut.

" Hai guys, gua Raffi Ahmad. Gua cuma pengin sharing, berbagi sedikit pengalaman sama kalian semuanya. Ini pertama kalinya gua menginvestasikan tabungan gua di satu perusahaan yang namanya M Cash," ujar Raffi.

Setali tiga uang, Ari Lasso juga menuturkan bahwa pembelian saham MCAS jadi pengalaman pertamanya di dunia investasi. Mantan vokalis Dewa 19 itu menuturkan bahwa saham MCAS sedang sangat menarik untuk dipilih karena nilainya naik dengan sangat signifikan.

" Ini bukan endorse, ini bukan apa pun, saya cuma pengin berbagi teman-teman agar memikirkan kesadaran berinvestasi dengan instrumen yang tepat. Oke? Selamat belajar tentang investasi. Kita harus belajar mempersiapkan masa depan kita," tutur Ari Lasso dalam video unggahannya.

Beri Komentar