Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil namun Tetap Menguntungkan, Sudah Tahu?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 29 Agustus 2020 11:50
Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil namun Tetap Menguntungkan, Sudah Tahu?
Iniloh cara bermain saham untuk pemula, sudah tahu?

Seperti yang diketahui, saham merupakan salah satu instrumen investasi yang sangan populer dikalangan remaja saat ini. Hal ini disebabkan, saham memiliki keuntungan yang jauh lebih besar daripada instrumen investasi lainnya.

Bahkan, tidak sedikit para masyarakat yang mulai berlomba-lomba mencari cara bermain saham dengan baik dan benar untuk mendapatkan hasil yang untung. Meski begitu, bermain saham juga bisa mendatangkan resiko yang sangat tinggi, apalagi kalau dilakukan tanpa pengetahuan yang cukup.

Oleh karena itu, buat kamu yang masih awam paham tentang saham. Alangkah baiknya memahami terlebih dahulu bagaimana cara bermain saham dengan benar seperti ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil

Cara Bermain Saham © Diadona

Bagi beberapa orang, berinvestasi dengan saham sangatlah rumit karena mengeluarkan banyak uang. Selain itu, mereka juga berpikir cara bermain saham dengan modal kecil adalah hal yang mustahil.

Padahal, kalau dipahami dengan betul, icara bermain saham dengan modal kecil bisa dilakukan siapa saja. Namun, hanya saja kamu harus lebih bersabar dan butuh kecrmatan yang tinggi.

Untuk itu, berikut cara bermain saham dengan modal kecil yang bisa dilakukan para pemula.

1. Pilih Sekuritas dengan Biaya Kecil

Cara bermain saham dengan modal kecil pada tahap awal ialah kamu perlu membuka rekening efek di perusahaan sekuritas yang sudah mendapat izin usaha dari OJK.

Sehingga, bagi kamu yang ingin bermain saham dengan modal kecil, kamu bisa memilih perusahaan sekutitas yang memperbolehkan setorang awal paling tidak di bawah Rp 5 juta.

2. Manfaatkan Aplikasi Trading

Cara bermain saham yang kedua adalah dengan memanfaatkan aplikasi trading melalui smartphone. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan online trading kapan pun dan di mana pun.

Bahkan, aplikasi ini biasanya disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening efek. Jadi, sebagai langkah cara bermain saham untuk pemula pastikan kamu memilih perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan aplikasi online trading.

2 dari 4 halaman

3. Pilih Perusahaan Publik yang Tepat

Cara Bermain Saham © Diadona

Selain memanfaatkan aplikasi trading, cara bermain saham untuk pemula yang tak boleh terlewatkan ialah pastikan kamu berinvestasi saham pada perusahaan publik yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Dalam hal ini kamu bisa mengujungi laman BEI untuk mengetahui perusahaan mana saja yang membuka sahamnya pada publik.

4. Pilih Satu atau Dua Perusahaan Publik

Cara bermain saham dengan modal kecil yang cukup penting ialah memantau pergerakan ekonomi dalam dan luar negeri. Sebab, dengan mengetahui situasi pasar saham, kamu akan bisa memprediksikan pergerakan saham yang kamu miliki.

Kalau kondisi pasar sedang normal, kamu bisa mulai untuk berinvestasi saham baru. Sebaliknya, kalau kondisi pasar sedang memburuk kamu bisa menahan diri untuk membeli atau menjual saham.

5. Pilih Indeks Saham yang Tepat

Bagi para pemula yang ingin belajar bermain saham, psatikan kamu memilih indeks saham yang tepat. Sebab, indeks saham merupakan portofolio imaginer yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut

3 dari 4 halaman

Cara Bermain Saham Online untuk Pemula

Cara Bermain Saham © Diadona

Saat ini, bermain saham semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Selain itu, dana yang dibutuhkan untuk bermain saham juga tidak harus besar, bahkan cuma Rp100.000 per bulan. Sementara keuntungan dari bisnis saham lumayan menggiurkan.

Oleh karena itu, para pemula dianjurkan untuk memilih investasi saham dalam jangka panjang sebagai langkah bermain saham yang benar. Hal ini disebabkan, lebih aman dari segi risiko kerugian dan tetap menjanjikan keuntungan besar.

Untuk itu, berikut cara bermain saham online yang harus dipahami bagi pemula.

1. Siapkan Dana Dingin

Cara bermain saham online untuk pemula ialah para investor disarankan untuk menyiapkan modal investasi saham dari dana pribadi yang tidak terpakai, alias uang menganggur atau dana dingin. Jadi, modal bukan dari dana untuk kebutuhan pokok.

4 dari 4 halaman

2. Buka Rekening Efek

Cara Bermain Saham © Diadona

Tahapan bermain saham online untuk pemula adalah kamu harus membuka rekening efek terlebih dahulu. Rekening efel merupakan rekening transaksi jual dan transaksi beli efek yang dibayarkan/diterima tunai pada saat jatuh tempo.

Untuk membuka rekening efek, investor bisa mendatangi perusahaan-perusahaan sekuritas. Sehingga dengan memiliki rekening efek, investor bisa langsung memulai transaksi jual-beli saham, termasuk yang dilakukan secara online.

3. Transaksi Saham

Langkah bermain saham dengan online berikutnya ialah investor harus menyiapkan dana sesuai dengan harga saham serta membayar biaya transaksi kepada perusahaan sekuritas.

Dalam penjualan saham, nilai dana yang didapat investor adalah sesuai harga jual saham dikurangi biaya transaksi dan PPh, namun biaya transaksi itu berbeda-beda di setiap perusahaan sekuritas. Umumnya 0,2-0,3 persen dari nilai pembelian saham (termasuk PPN).

Itulah cara bermain saham dengan modal kecil yang peru diperhatikan bagi pemula. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar