Konsep 'The New Normal' Pasca Pandemi, Berikan Dampak pada 3 Bisnis Ini

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 24 Mei 2020 05:45
Konsep 'The New Normal' Pasca Pandemi, Berikan Dampak pada 3 Bisnis Ini
Harapan yang besar untuk segera berakhirnya pandemi ini tentu akan selalu ada di benak kita.

Namun pasca pandemi ini usai nanti, digadang-gadang akan muncul sebuah konsep 'The New Normal', yaitu kebiasaan kehidupan normal yang baru, yang berbeda dari kehidupan kita sebelum adanya pandemi ini.

The New Normal terbentuk akibat telah terbentuknya kebiasaan baru, akibat dari penyesuaian hidup selama adanya pandemi. Konsep ini pun dipercaya tak hanya berpengaruh pada aspek kesehatan masyarakat, namun juga model bisnis yang ada.

Melansir dari Big Alpha, berikut 3 bisnis yang dipercaya akan kena imbas 'The New Normal' pasca pandemi nanti;

1 dari 4 halaman

1. Bekerja dari Rumah

Bisnis Terdampak The New Normal © Diadona

Istilah dalam bahasa inggrisnya adalah Work From Home. Istilah ini sangat ngetren selama masa pandemi. Ini adalah imbauan dari pemerintah, guna mengantisipasi menyebaran virus corona akibat aktivitas yang dilakukan di kantor.

WFH dimaksudkan agar karyawan bekerja dari rumah, alih-alih dari kantor. Pun juga agar para karyawan tidak terkena virus ini, atau terkena virus saat sedang dalam perjalanan menuju kantor.

Nah, situasi ini membuat banyak orang berpikir, bahwa WFH juga bisa tetap dilakukan walau sudah tidak ada pandemi nanti. Pergi ke kantor dirasa tidak begitu diperlukan, karena beberapa jenis pekerjaan dapat diselesaikan di rumah.

2 dari 4 halaman

Salah satu contoh organisasi yang secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka kemungkinan tetap akan menerapkan WFH adalah Kementerian Keuangan. Dengan berbagai ketentuan yang berlaku, sejumlah pegawai di Kementerian Keuangan bisa bekerja dengan konsep Flexible Working Space (FWS), yang memungkinkan para karyawan bisa bekerja dari rumah saja.

Perusahaan lain yang turut membuka pilihan untuk tetap WFH selamanya adalah perusahaan teknologi Twitter. Bila konsep ini tetap digunakan oleh banyak perusahaan di masa depan nanti, tak mengejutkan jika sektor bisnis sewa ruangan perkantoran, sampai usahan makanan di sekitar perkantoran akan turun terdampak.

3 dari 4 halaman

2. Layanan Makanan

Bisnis Terdampak The New Normal © Diadona

Terutama saat ada di masa PSBB, banyak restoran, kafe, atau warung yang sudah tidak menyediakan layanan makan di tempat (dine in).

Banyak yang dialihkan untuk menggunakan layanan dibawa pulang (take away), sampai menyediakan aplikasi untuk pesan antar (delivery order). Di sejumlah negara pun, banyak restoran yang membatasi jumlah pengunjung mereka. Melihat kemungkinan penghematan yang ada kalau konsep dine in sudah tak lagi dilakukan, bisa jadi cara ini akan terus dilanjutkan walau pandemi sudah selesai.

4 dari 4 halaman

3. Online Event

Bisnis Terdampak The New Normal © Diadona

Hal lain yang juga mengalami perubahan konsep atas adanya pandemi ini adalah bisnis penyelenggara acara. Banyak sekali acara seperti seminar, yang diadakan secara online, dari pada secara offline, untuk mencegah adanya keramaian di satu tempat.

Hanya dengan menggunakan perangkat teknologi dan jaringan internet, banyak orang tetap bisa terhubung dan mengikuti seminar bersama-sama.

Konser musik virtual pun banyak dilakukan oleh para musisi Indonesia bahkan dunia. Maka bukan tidak mungkin, jika industri kreatif ini akan mengubah model bisnis mereka di masa depan walau pandemi sudah tidak ada.

Beri Komentar