Elon Musk Ucap Beli Tesla Bisa Pakai Uang Kripto, Harga Bitcoin Langsung Melonjak

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 25 Maret 2021 19:45
Elon Musk Ucap Beli Tesla Bisa Pakai Uang Kripto, Harga Bitcoin Langsung Melonjak
Harga Bitcoin naik 5 persen setelah miliarder Elon Musk mengumumkan mobil Tesla sekarang dapat dibeli menggunakan cryptocurrency paling populer di dunia.

Harga Bitcoin naik 5 persen setelah miliarder Elon Musk mengumumkan mobil Tesla sekarang dapat dibeli menggunakan cryptocurrency paling populer di dunia.

Dilansir dari Business Insider, Kamis (25/3/2021), metode pembayaran tersebut saat ini hanya tersedia untuk pelanggan di AS. Namun, Elon Musk mengatakan layanan tersebut akan tersedia di tempat lain akhir tahun ini.

"Sekarang kamu bisa beli sebuah Tesla dengan Bitcoin. Tesla menggunakan perangkat lunak internal dan open source, dan mengoperasikan node Bitcoin secara langsung. Bitcoin yang dibayarkan ke Tesla akan dipertahankan sebagai Bitcoin, tidak diubah menjadi mata uang fiat," tweet Elon di akun Twitter-nya.

1 dari 4 halaman

Harga bitcoin naik 4,7 persen menjadi USD 56.360 sekitar pukul 4:20 ET. Itu naik 90 persen tahun-hingga-saat ini dan lebih dari 800 persen dalam 12 bulan terakhir. Produsen mobil itu mengungkapkan bulan lalu bahwa mereka menginvestasikan USD 1,5 miliar dalam aset digital dan mengatakan akan segera mulai menerimanya sebagai pembayaran untuk produknya. Tesla dilaporkan menggunakan pertukaran crypto Coinbase untuk melakukan pembelian. Saham Tesla naik sekitar 2 persen dalam perdagangan pra-pasar pada hari Rabu (24/3/2021).

2 dari 4 halaman

Valuasi Bitcoin Memperkuat

Ilustrasi Kripto © Diadona

Sebelumnya, nilai kapitalisasi pasar bitcoin melebihi USD 1 triliun pada hari Selasa, 9 Maret 2021 karena harga cryptocurrency melonjak.

Berdasarkan data CoinDesk, kapitalisasi pasar bitcoin melebihi USD 1 triliun saat berdagang waktu Singapura. Bitcoin memperpanjang keuntungan dengan mencapai level tertinggi USD 54.348,57. Harga bitcoin naik 7 persen sehari sebelumnya.

Ini adalah kedua kalinya bitcoin melampaui kapitalisasi pasar $ 1 triliun setelah mencapai level itu untuk pertama kalinya pada 19 Februari. Kapitalisasi pasar Bitcoin bertahan di atas USD 1 triliun selama beberapa hari. Demikian dilansir CNBC, Rabu 10 Maret 2021.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bitcoin © Diadona

Harga Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar USD 58.332,36, dan mengalami reli besar sepanjang tahun 2021. Harga Bitcoin telah naik lebih dari 80 persen sepanjang tahun 2021, dan telah naik 570 persen selama 12 bulan terakhir.

Reli Bitcoin dikaitkan dengan sejumlah faktor termasuk partisipasi investor institusional yang lebih besar dan beberapa pembelian dari sejumlah perusahaan. Tesla, Square dan Microstrategy, sejumlah perusahaan yang telah membeli bitcoin.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Bitcoin © Diadona

Pada akhir minggu lalu, pembuat aplikasi Cina Meitu mengatakan tidak hanya membeli bitcoin tetapi juga cryptocurrency lain yang disebut eter. Menurut data Coindesk, ether, yang juga termasuk dalam jaringan Ethereum, naik hampir 7 persen.

Selain itu, PayPal juga mengumumkan akan membeli curv perusahaan keamanan cryptocurrency. Para pendukung bitcoin sering menyamakannya dengan emas digital, lindung nilai terhadap inflasi dan aset safe haven potensial ketika investor dapat memarkir uang mereka di saat terjadi gejolak politik dan ekonomi.

Sejumlah pihak menilai kebijakan moneter longgar seperti suku bunga rendah dan pembelian aset oleh bank sentral di seluruh dunia memangkas nilai mata uang seperti dolar AS. Bitcoin dianggap memberikan alternatif untuk berinvestasi.

Beri Komentar