Tips Mengecat Rumah Baru Tanpa Plamir, Solusi Hemat tapi Hasil Tetap Istimewa

Reporter : Arif Mashudi
Minggu, 24 Maret 2024 07:00
Tips Mengecat Rumah Baru Tanpa Plamir, Solusi Hemat tapi Hasil Tetap Istimewa
Tips sederhana untuk hasil yang luar biasa~

Tips mengecat rumah baru tanpa plamir ini sebetulnya gampang-gampang susah. Gampangnya karena tentu saja tidak perlu melakukan plamir ke tembok, dan susahnya harus teliti agar tidak ada proses yang terlewatkan agar hasilnya istimewa.

Pada dasarnya, meski tidak menggukana plamir, mengecat tembok masih membutuhkan hal dasar lain. Misal, tembok harus bersih dan halus, lalu tembok juga harus diberikan cat dasar atau primer dulu untuk hasil yang lebih baik.

Selengkapnya, mari kita simak tips mengecat rumah baru tanpa plamir di bawah ini ya, Diazens. Jangan lupa untuk membaca artikelnya sampai habis!

1 dari 7 halaman

Tips Mengecat Rumah Baru Tanpa Plamir © Diadona© Freepik.com

Pastikan Plester Benar-benar Kering

Sebelum mulai mengecat, pastikan bahwa plester atau acian tembok sudah benar-benar kering. Pengeringan total pada plesteran dan acian bukan hanya sekedar kering saja atau terasa kering sentuh, tetapi harus kering pada bagian dalam juga. Sebaiknya jangan paksakan mengeringkan tembok menggunakan alat pengering yang nantinya akan memunculkan retak-retak halus

Jika tidak, kadar kelembaban yang tinggi dalam plester dapat menyebabkan cat tidak menempel dengan baik, mengakibatkan hasil yang kurang memuaskan dan bahkan mengelupas. Jika terburu-buru mengaplikasikan cat saat acian masih basah, maka cat yang dihasilkan akan tetap tidak maksimal bahkan bisa rusak walaupun bahan cat tersebut berkualitas tinggi.

2 dari 7 halaman

Siapkan Alat dan Bahan

Tips mengecat rumah baru tanpa plamir yang selanjutnya ttentu sasja adalah persiapan. Dalam hal ini siapkan semua alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk mengecat. Siapkan kuas, rol cat, alat pengaduk cat, penutup lantai, masker, kain lap, serta primer dan cat utama yang kamu butuhkan.

Selain itu, siapkan juga bahan amplas untuk menghaluskan tembok sebelum dicat. Siapkan juga alat penutup lantai agar ketika proses pengecataan tidak membuat runagan kotor dan kamu harus membersihkannya yang hanya akan menghabiskan waktu.

3 dari 7 halaman

Tips Mengecat Rumah Baru Tanpa Plamir © Diadona© Freepik.com

Bersihkan dan Haluskan Tembok

Seperti yang sudah disebutkan, bersihkan dan haluskan dulu tembok sebelum dicat. Kamu bisa menggunakan amplas untuk menghaluskan tembok dengan sempurna. Dengan begitu, permukaan tembo akan lebih rata dan proses pengecatan jadi lebih mudah.

Pastikan cara mengamplas tembok ini sudah merata agar cat bisa ikut terlihat rata. Setelah itu jangan lupa bersihkan juga sisa-sisa debu yang nanti bisa membuat cat tidak menempel sempurna. Permukaan tembok yang halus dan bersih bakal membuat cat lebih mudah menempel dan cepat kering.

4 dari 7 halaman

Gunakan Cat Dasar atau Primer

Kemudian, penting juga untuk menggunakan cat dasar atau primer sebelum mengaplikasikan cat utama. Sebaiknya sebelum proses pengecatan gunakan primer yang berkualitas yang berfungsi mengikat sisa debu kotoran yang masih tertinggal terutama setelah proses amplas, dan mampu menutup retak rambut pada permukaan bidang.

Selain itu, fungsi dari cat dasar atau primer ini adalah membuat warna cat menjadi indah dan sejuk terlihat jauh lebih cerah. Setelah cat dasar mengering, barulah kita mengecat dinding dengan cat yang kita inginkan.

5 dari 7 halaman

Tips Mengecat Rumah Baru Tanpa Plamir © Diadona© Freepik.com

Mulai Pengecatan

Tips mengecat rumah baru tanpa plamir yang selanjutnya langsung ke proses inti yaitu pengecatan. Setelah cat dasar kering, dapat mulai mengaplikasikan cat tembok. Untuk bagian dinding, kita bisa menggunakan roller. Cukup sediakan cat dalam jumlah banyak yang sudah dicampurkan dengan air, kemudian gunakan roller untuk mengaplikasikan pada tembok.

Nah, untuk bagian dinding yang sulit untuk di cat biasanya adalah bagian Lis. Untuk mengecat sudut-sudut lis dinding dapat menggunakan kuas. Cara mengecat sebaiknya dilakukan dalam satu arah tetap, yang biasanya dilakukan secara horizontal. jangan dua arah karena hasilnya tidak akan maksimal.

6 dari 7 halaman

Finishing

Setelah menyelesaikan proses pengecatan, biarkan cat mengering sepenuhnya. Setelah cat mengering, periksa hasil pengecatan dengan teliti. Perhatikan dengan detail apakah ada bagian yang perlu diperbaiki atau dilapisi dengan cat tambahan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Bisa juga melapisi cat yang sudah kering dengan cat pelapic anti hujan ataupun anti rembes. Hal ini tentu akan menambah usia cat lebih awet daripada tidak menggunakan pelapis terakhir sama sekali. Gimana mudah bukan tips mengecat rumah baru tanpa plamir?

Jadi itu ya Diazens, beberapa tips mengecat rumah baru tanpa plamir yang bisa kamu coba di rumah kamu. Kalau kamu nggak mau mencoba dan nggak mau repot yang tinggal panggil tukang cat saja, hehehe.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Beri Komentar