11 Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 23 Maret 2024 21:28
11 Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan
Ada warna cat rumah bagian dalam yang elegan yang dark seperti navy, emerald, hingga warna cerah seperti putih dan abu-abu

Memilih cat rumah bagian dalam memang gampang-gampang susah. Ada banyak pilihan warna dengan masing-masing suasana yang dibawa, mulai dari suasana sederhana, elegan, sejuk, mewah dan lainnya.

Pemilihan cat yang elegan sering mencerminkan gaya dan kepribadian pemilik rumah. Mereka ingin menciptakan ruang yang mampu mencerminkan siapa mereka sebagai individu atau keluarga, dan cat rumah dapat menjadi ekspresi dari preferensi estetika dan nilai-nilai mereka.

 

1 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan © Diadona© 2024 shutterstock.com/Followtheflow

Tips Memilih Warna Cat Elegan untuk Rumah Bagian Dalam

Terkadang, butuh beberapa ornamen unik dan khas yang bisa membuat bagian dalam rumah tampak elegan. Namun, ada juga beberapa aspek dan cara membuat rumah bagian dalam tetap elegan tanpa perlu menggelontorkan banyak dana demi membeli perabotan unik. 

Simak caranya berikut!

Pertimbangkan Bentuk dan Ukuran Ruangan

Bentuk dan ukuran ruangan sangat berpengaruh dalam pemilihan warna cat. Selain itu, seberapa banyak cahaya matahari yang bisa masuk ruangan juga perlu kamu perhatikan, lho!

Yang perlu kamu catat, semakin banyak pencahayaan dari matahari yang bisa didapat suatu ruangan, maka kamu bisa memilih warna cat yang lebih gelap. Sebaliknya, kamu bisa mengaplikasikan warna-warna cerah untuk membuat seakan-akan ruanganmu yang kecil dan gelap itu menjadi tampak lebih luas.

Pilih Tema

Sebisa mungkin jangan terlalu terpaku dengan definisi elegan itu sendiri sehingga kamu cenderung memaksakan diri untuk memilih hal-hal yang nggak kamu suka, ya!

You better stick with your own preferences! Kamu bisa mencari inspirasi sendiri di majalah atau internet, seperti tema modern, cozy, dan sebagainya. Nah, tema ini jugalah yang nantinya bakal berpengaruh sama color palette.

Tentukan Color Palette

Cara paling mudah untuk menentukan color palette ruangan adalah dengan memperhatikan warna primer (dominan), warna sekunder (pelengkap), dan warna aksen. 

Untuk tema tradisional, kesan elegan didapat melalui cat kamar dengan warna beige ​​​​atau abu-abu muda. Kamar yang nyaman cenderung diwarna lebih gelap, seperti cokelat atau abu-abu, yang mengarah ke sisi spektrum yang lebih gelap, sedangkan kamar modern lebih sering dicat dengan warna-warna yang lebih cerah.  

Tentukan Titik Fokus dalam Ruangan

Titik fokus ruangan di sini dimaksudkan untuk menarik pandangan dan perhatian tamu ketika memasuki rumah atau ruangan. Kamu bisa memilih dengan meletakkan cermin berbingkai, lukisan, dan benda-benda unik lainnya.

dikutip dari berbagai sumber, berikut ini pilihan warna cat rumah bagian dalam yang elegan :

2 dari 11 halaman

Warna-warna yang netral memang nggak pernah salah untuk diaplikasikan dalam penciptaan tema rumah yang elegan dan modern. Selain lebih nyaman dipandang mata, warna cat yang netral juga memberi kesan lebih luas pada suatu ruangan.

Kamu bisa memilih warna-warna seperti abu-abu muda, biru muda, beige, atau putih untuk memberi kesan tampilan yang bersih dan minimalis. Mengingat warna-warna netral tersebut menimbulkan aksen warna yang lebih cerah, itu sangat cocok bila dipadukan dengan beragam furniture yang kamu pilih. Nah, kamu bisa banget, nih, memadukannya dengan furnitur dengan warna kayu yang gelap atau aksen warna emas supaya terlihat lebih mewah.

Warna Cat Rumah Bagian dalam yang Elegan © Diadona© 2024 Emily Minton-Redfield

Warna Hazelnut

Untuk memberi kesan elegan nan mewah, hazelnut bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat! Warna hazelnut ini merupakan tone warna klasik yang berasal dari perpaduan warna cokelat dan putih.

Buat kamu yang ingin mengusung ruangan dengan tema klasik bisa mengaplikasikan warna hazelnut ini. Sebab, tone-nya berbeda dari warna cokelat pada umumnya sehingga nggak terlalu pasaran dan memberi kesan yang lebih trendy.

3 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan © Diadona© 2024 shutterstock.com/Kira_Yan

Cat Rumah Warna Zaitun

Hijau zaitun merupakan salah satu warna yang saat ini tengah populer di kalangan masyarakat. Warna khas yang kalem dan seakan mampu menyejukkan mata serta memberi kesan asri tersebut cocok diaplikasikan pada dinding kamar mandi, kamar tidur, maupun ruangan terbuka yang sering terkena cahaya matahari (ruang tamu, ruang makan, dll.).

Untuk di dinding kamar, kamu bisa memadukannya dengan warna abu-abu, cokelat, hitam, atau putih supaya nggak terlihat monoton, sedangkan untuk ruang terbuka, mengingat sifat warna hijau zaitun ini menyerap cahaya hingga berubah menjadi putih pucat, sebaiknya kamu memadukannya dengan warna-warna yang bertolak belakang seperti hitam atau merah marun.

Nah, supaya kesan elegan dan mewahnya bertambah, kamu boleh banget, lho, menambahkan berbagai jenis barang antik nan menarik yang dipajang di meja, sisi ruangan, maupun di dinding! 

 

4 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan © Diadona© 2024 instagram.com/cultfurniture/

Deep Green

Warna bold yang mulai digemari selanjutnya adalah deep green. Meskipun gelap, warna ini tetap dapat memberikan kesan yang elegan dan dramatis, kok! Mengingat shade warnanya bersifat versatile, kamu bisa mengombinasikannya dengan warna lain seperti abu-abu, cokelat, atau putih.

Ada juga beberapa hal lain yang berguna untuk menyiasati supaya warna deep green yang digunakan nggak terlihat boring, misalnya dengan memasang wallpaper dengan warna senada, penggunaan material marmer dan furniture berbahan kayu, hingga penambahan ornamen berwarna deep green maupun tanaman yang senada. Kreasikan sendiri sesuai preferensimu ya, Diazens!

5 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian dalam yang Elegan © Diadona© 2024 shutterstock.com/Ground Picture

Dark Iris

Dark iris merupakan bagian dari warna ungu yang dibuat dengan menggabungkan warna abu-abu dan biru.  Warna ini bakal kelihatan cocok baik untuk area di mana kamu membutuhkan warna yang lebih gelap untuk dinding ruangan yang mendapat pencahayaan sinar matahari yang cukup terang.

Warna dark iris ini merupakan warna pengganti yang ideal bagi siapa saja yang menyukai dinding berbasis hitam. Nah, supaya terlihat lebih variatif, kamu bisa banget memadupadankan dengan warna-warna seperti hot pink, raspberry, atau hijau.

6 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan © Diadona© 2024 shutterstock.com/ Ground Picture

Navy

Tahukah kamu bahwa warna biru dianggap mampu memberikan kesan relaks atau menenangkan secara psikologis? Now you know! Itulah salah satu dari sekian banyak alasan mengapa warna biru, salah satunya navy blue, dipilih sebagai warna cat rumah bagian dalam karena dapat menyalurkan perasaan tenang nan damai.

Warna navy blue bisa diaplikasikan pada ruangan berukuran kecil maupun besar. Biasanya, warna ini cocok digunakan pada ruangan kerja karena dinilai dapat meningkatkan produktivitas. Menarik banget, 'kan?

Nah, buat kamu yang pengen menciptakan rumah dengan kesan elegan yang rustic dan homey, menggunakan warna navy blue untuk interior rumah bisa menjadi solusinya!

7 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan © Diadona© 2024 shutterstock.com/ Ground Picture

Emerald Green

Nggak hanya di bidang fashion dan perhiasan, warna emerald green saat ini juga sedang ngetren sebagai warna cat interior rumah, lho! Warna tersebut merupakan warna hijau dengan basis kuning yang dalam dan sudah populer sejak abad ke-19.

Berdasarkan agama dan budaya di dunia, warna emerald green diasosiasikan dengan harmoni dan kedamaian. Jadi, cocok untuk kamu aplikasikan di rumah jika memimpikan atmosfer ruangan yang terkesan asri, mewah, serta nyaman. 

Kamu pun juga bisa request untuk mengombinasikan emerald green dengan warna-warna seperti abu-abu, emas, perak, putih, atau lime green. Sesuaikan dengan konteks penggunaannya, ya, Diazens, supaya nggak malah terlihat nabrak!

8 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan © Diadona© 2024 shutterstock.com/ Yuganov Konstantin

Putih

Putih adalah warna yang akan terlintas di pikiran kalau ingin memiliki rumah dengan tema yang minimalis. Biasanya, untuk bagian dalam rumah, shade warna yang dipilih adalah warna putih yang nggak terlihat benar-benar putih alias lebih pucat, contohnya ivory white. 

Putih memang menimbulkan kesan ruangan lebih luas yang sederhana dan menenangkan, tapi kamu juga bisa menambahkan beberapa elemen menarik untuk membuatnya tampak lebih elegan, misalnya dengan meletakkan furniture kayu dengan nuansa gelap. Kamu juga bisa memadukannya dengan warna lain yang koheren, seperti cream, beige, dan warna-warna senada lainnya.

9 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan - Abu-abu Muda © Diadona© 2024 shutterstock.com/Pixel-Shot

Abu-abu

Abu-abu masuk jajaran warna netral yang paling digemari untuk desain cat interior ruangan. Warna ini merepresentasikan ketenteraman dan keseimbangan. Abu-abu umumnya diaplikasikan pada dinding ruang tamu dan dikombinasikan dengan hiasan dinding unik berbahan kayu.

Selain itu, supaya nggak terlihat depresif atau monoton, kamu bisa memadukan warnanya dengan warna-warna yang earthy seperti cokelat muda. Sebagai pertimbangan, kamu bisa memilih abu-abu muda/terang untuk kesan feminin dan abu-abu tua/gelap untuk kesan yang lebih maskulin.

 

10 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan © Diadona© 2024 shutterstock.com/New Africa

Abu-Abu Lilac

Abu-abu lilac mungkin masih terdengar asing, tapi warna ini sudah mulai dipilih orang untuk mendesain bagian dalam rumah dan ruangannya. Basically, warna tersebut adalah warna abu-abu yang ditambah dengan tone warna ungu sedikit. 

Nah, kamu bisa mengaplikasikan warna abu-abu lilac ini untuk menciptakan suasana yang syahdu dan harmonis, bisa di ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur

11 dari 11 halaman

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan © Diadona© 2024 shutterstock.com/pixel shoot

Peach

Untuk kesan interior rumah dan ruangan yang menyajikan kesan soft, minimalis, dan elegan, peach bisa menjadi salah satu alternatif pilihannya. Warna yang dihasilkan dari perpaduan merah muda dan oranye muda ini umumnya cocok diaplikasikan untuk dinding kamar tidur.

Peach memang bisa memberi kesan romantis, hangat, dan menyejukkan, ditambah lagi apabila ruanganmu mendapat pencahayaan alami dari matahari yang cukup dengan ukuran jendera yang cukup besar. Itu akan sangat membantu menyempurnakan warna peach di kamarmu semakin tegas.

Cat rumah bagian dalam dengan nuansa elegan mana nih yang kamu suka?

Penulis :  Dias Nailah A.

 

Beri Komentar