25 Tanaman Hias Pembersih Udara yang Bisa Menyerap Racun dan Debu, Bikin Sejuk!

Reporter : Aditia
Jumat, 24 Maret 2023 10:50
25 Tanaman Hias Pembersih Udara yang Bisa Menyerap Racun dan Debu, Bikin Sejuk!
Ini dia 19 tanaman pembersih udara yang bisa kamu pilih agar rumahmu makin sejuk!

Tanaman hias pembersih udara cocok untuk ditanam di rumah. Udara yang bersih cukup penting ketika kita memilih tempat tinggal. Udara yang segar berpengaruh baik pada sistem pernafasan. Salah satu pendukung udara yang baik di lingkungan adalah tanaman hias.

Selain dapat membuat rumah terlihat lebih asri, tanaman hias pembersih udara juga mampu membuat udara lebih sejuk. Tanaman-tanaman tersebut mampu membuat kualitas tidur juga lebih baik.

Tanaman hias pembersih udara juga dapat memanjakan pemilik rumah. Pemandangan taman kecil dengan jenis tanaman ini juga membantu mengurangi stress.

Jika kamu ingin kualitas udara di rumahmu lebih baik dan sejuk, berikut beberapa rekomendasi tanaman hias pembersih udara untuk kamu tanam dan rawat di rumahmu.

1 dari 26 halaman

Lidah Buaya

Tanaman hias pembersih udara - Lidah Buaya © Diadona

Selain berkhasiat banyak untuk kecantikan dan kesehatan, tanaman lidah buaya juga merupakan tanaman hias pembersih udara yang dapat menyerap partikel dari cat dan pembersih ruangan lainnya.

Cukup letakkan lidah buaya di sudut ruangan atau susun dengan rak tanaman. Lidah buaya juga bisa kamu letakkan di kamar tidur untuk membantu udara lebih bersih.

2 dari 26 halaman

Daun Ivy

Tanaman Hias Pembersih Udara - Ivy © Diadona

Tanaman hias pembersih udara selanjutnya adalah Hedera helix ini juga dikenal dengan nama ivy atau daun ivy. Tanaman ini lebih umum ditanam di luar ruangan. Tetapi daun ivy juga baik untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Menurut Allergy and Air, daun ivy sangat baik untuk menyerap jamur di udara. Hal ini dibuktikan lewat penelitian di mana daun ivy mampu menyerap sebagian besar jamur di udara ketika ditempatkan di dalam wadah yang sama dengan roti berjamur.

Daun ivy menyukai cahaya yang terang dan tanah yang sedikit kering, jadi letakkan di tempat yang mendapatkan siraman cahaya matahari.

3 dari 26 halaman

Lidah Mertua

Tanaman Hias Pembersih Udara - Lidah Mertua © Diadona

Siapa yang tak tahu tanaman lidah mertua. Meski tanaman ini kerap dianggap terlalu banyak tunas dan cepat menyebar, namun tamanan ini merupakan tanaman hias pembersih udara yang ampuh bikin sejuk rumah.

Lidah mertua juga berfungsi untuk menghilangkan xilena,toluena, dan trikloroetilen dari udara di rumah.

4 dari 26 halaman

Karet Merah

Tanaman Hias Pembersih Udara - Karet Merah © Diadona

Tanaman hias pembersih udara selanjutnya adalah karet merah. Karet merah ini dikenal sebagai rubber plant di luar negeri.

Berbeda dengan lidah mertua yang harus kerap dirapikan dan dikontrol pertumbuhannya, karet merah justru tidak membutuhkan banyak perawatan dan tidak merepotkan.

5 dari 26 halaman

Ara Biola

Tanaman Hias Pembersih Udara - Ara Biola © Diadona

Ara biola merupakan tanaman hias pembersih udara yang memiliki daun yang lebar. Daun yang lebar dan rimbun ini dapat memurnikan udara dengan efisien.

Ara biola cocok kamu letakkan di sudut rumah maupun kantor untuk menimbulkan kesan yang sejuk.

6 dari 26 halaman

Peace Lily

Tanaman Hias Pembersih Udara - Peace Lily © Diadona

Meskipun bernama peace Lily, tanaman ini bukanlah bunga lily ya Diazens. Peace Lily berasal dari keluarga Liliaceae. Dia berasal dari genus Araceae, tanaman berdaun lebat yang memiliki bunga seperti lili.

Peace Lily dapat menjadi tanaman hias pembersih udara. Tak hanya itu, peace lily juga mampu menetralkan gas beracun seperti benzena, formaldehida, dan karbon monoksida. Bahkan tim peneliti NASA menyarankannya sebagai pemurni udara alami di dalam ruangan.

7 dari 26 halaman

Lemon Button Fern

Tanaman Hias Pembersih Udara - Lemon Button Fern © Diadona

Kamu mesti kerap mendengar tanaman pakis-pakisan untuk dijadikan tumbuhan pembersih udara. Pakis gunung memang dikenal dapat melembabkan udara sehingga lebih sejuk dan dingin.

Tanaman ini mampu memurnikan udara di dalam ruangan dengan menyerap formaldehida dan xilena.

8 dari 26 halaman

Philodendron

Tanaman Hias Pembersih Udara - Philodendron © Diadona

Jika Diazens melihat gambar dari tanaman ini, mesti tak asing ya kita temui di beberapa rumah yang menanam tanaman ini. Namanya adalah Philodendron. Species ini ternyata merupakan tanaman hias pembersih udara.

Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Tanaman ini juga mampu menyerap racun formaldehida yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan pusing jika dihirup manusia.

9 dari 26 halaman

Krisan

Tanaman Hias Pembersih Udara - Krisan © Diadona

Bunga krisan selain cantik ternyata dapat menjadi tanaman hias pembersih udara. Keberadaan bunga krisan di dalam rumah bermanfaat menyaring sejumlah racun, termasuk amonia dan benzena yang sering ditemukan dalam plastik, deterjen dan lem.

Nah, kamu dapat meletakkan bunga krisan di spot-spot rumah favoritmu agar kelihatan lebih cantik dan sejuk.

10 dari 26 halaman

Sirih Gading (Pothos)

Tanaman Hias Pembersih Udara - Sirih Gading (Pothos) © Diadona

Tanaman pembersih udara berikutnya adalah Epipremnum aureum, ini dikenal dengan nama devil’s ivy, pothos, photos emas, atau dikenal dengan nama sirih gading di Indonesia. Tanaman ini tumbuh dengan baik di pot gantung maupun air.

Tanaman ini rupanya termasuk tahan banting. Kelebihan lainnya adalah tanaman mampu menyerap xilena, benzena, formaldehida, dan trikloroetilen.

11 dari 26 halaman

Lili Paris (Spider Plant)

Tanaman Hias Pembersih Udara - Lili Paris (Spider Plant) © Diadona

Lili Paris merupakan tumbuhan hijau yang cocok untuk kamu tanam apabila kamu ingin memulai merawat tanaman hias.

Tanaman ini bisa menyerap formaldehida dan xilena dari udara. Selain itu, dia tumbuh subur dengan siraman cahaya matahari tak langsung. Jadi letakkan di dekat jendela saja dan kamu tak perlu repot membantunya lebih banyak mendapat sinar matahari.

12 dari 26 halaman

Palem Kuning (Palem Areca)

Tanaman Hias Pembersih Udara - Palem Kuning (Palem Areca) © Diadona

Palem Areca merupakan tanaman hias mirip tumbuhan kelapa atau palem dengan batang yang warna kuning. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 2 meter di dalam rumah.

Salah satu kelebihannya adalah mampu menyerap benzena, karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, hingga xilena.

13 dari 26 halaman

Sri Rejeki (Dracaena Deremensis)

Tanaman Hias Pembersih Udara - Sri Rejeki (Dracaena Deremensis) © Diadona

Tanaman yang mirip kencur ini disebut juga dengan nama dracaena janet craig atau sri rejeki, tanaman bernama latin Dracaena deremensis ini mampu menyerap xilena, trikloroetilen, dan formaldehida dari udara di sekitarnya.

Sri rejeki menyukai siraman cahaya matahari tidak langsung. Sirami seminggu sekali agar akarnya tidak membusuk karena penyiraman berlebihan.

14 dari 26 halaman

Palem Jari (Rhapis excelsa)

Tanaman Hias Pembersih Udara - Palem Jari (Rhapis excelsa) © Diadona

Dikenal juga dengan nama palem jari atau lady palm, tanaman bernama latin Rhapis excelsa merupakan pembersih udara yang baik. Tanaman palem ini mampu membersihkan formaldehida, amonia, dan xilena di sekitarnya. Jadi ruangan bakal terasa sejuk dan segar.

15 dari 26 halaman

Palem Bambu

Tanaman Hias Pembersih Udara - Palem Bambu © Diadona

Memiliki nama latin Chamaedorea seifrizii, tanaman yang bisa tumbuh hingga tiga meter ini bakal menyerap formaldehida, benzena, dan trikloroetilen dari udara di sekitarnya.

Tanaman ini juga cocok ditempatkan di dalam rumah karena aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan jika daunnya sampai termakan.

16 dari 26 halaman

Kembang Flamingo (Anthurium andreanum)

Tanaman Hias Pembersih Udara - Kembang Flamingo (Anthurium andreanum) © Diadona

Dikenal dengan nama kembang flamingo atau flamingo lily, jenis anthurium berbunga merah ini ampuh dalam menyerap amonia, formaldehida, xilena, dan toluena. Selain itu, tanaman ini rajin berbunga sepanjang tahun.

17 dari 26 halaman

Beringin

Tanaman Hias Pembersih Udara - Beringin © Diadona

Ficus benjamina yang dikenal dengan nama ficus, weeping fig, atau beringin dalam bahasa Indonesia tak cuma bisa ditanam di pinggir jalan. Tumbuhan ini juga bisa dijadikan tanaman hias indoor.

Beringin mampu menyerap formaldehida, trikloroetilen, dan benzena dari udara. Seperti tanaman pemurni udara lainnya, tumbuhan ini juga menyukai cahaya matahari tak langsung. Penyiramannya cukup seminggu sekali.

18 dari 26 halaman

Aglonema

Tanaman Hias Pembersih Udara - Aglonema © Diadona

Aglonema memang memiliki banyak jenis. Namun hampir semua jenis tumbuhan yang juga dikenal dengan nama chinese evergreen ini memiliki karakteristik sama.

Mereka mudah dirawat, menyukai tanah yang teririgasi dengan baik, dan butuh sedikit cahaya matahari. Tanaman mampu menyerap formaldehida dan xilena dengan baik.

19 dari 26 halaman

Suplir

Tanaman Hias Pembersih Udara - Suplir © Diadona

Tanaman hias permbersih udara yang wajib kamu miliki adalah suplir. Suplir tidak hanya membuat suasana menjadi asri dan sejuk, tetapi juga bagus untuk relaksasi dan kesehatan.

Jika diletakkan di dalam ruangan, tanaman hijau ini akan membantu meningkatkan kualitas udara dan memberikan relaksasi visual.

 

 

20 dari 26 halaman

Chinese Evergreen

 

Jika ingin menghias rumah dengan tema tropis, tambahkanlah tanaman Chinese Evergreen untuk melengkapi dekorasimu dan membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman ini dapat menyaring udara dan memberikan efek penyejuk. Pastikan untuk menempatkannya di ruangan yang lembab dan tidak terlalu terang, seperti di area kamar mandi atau dapur.

 

21 dari 26 halaman

Anggrek

Tanaman Hiasa Pembersih Udara © Diadona

Tanaman hias anggrek memiliki bunga yang indah dan harum. Menurut artikel yang diterbitkan oleh Universitas Negara Bagian Dakota Selatan, tanaman hias anggrek melepaskan oksigen pada malam hari. Oleh karena itu, anggrek adalah salah satu tanaman hias terbaik yang bisa ditempatkan di dalam rumah. Namun, anggrek tidak disarankan bagi pemula dalam berkebun tanaman hias karena perawatannya cukup sulit.

22 dari 26 halaman

Azalea

Tanaman Hiasa Pembersih Udara © Diadona

Salah satu tanaman hias bunga yang cocok ditempatkan di dalam ruangan rumah adalah bunga azalea. Tanaman hias indoor ini sangat baik dalam menyaring udara. Bunga azalea diyakini mampu menyerap berbagai polutan di udara dan mengubahnya menjadi oksigen yang segar. Selain itu, bunga ini dapat memberikan nuansa yang sejuk dan damai. Kamu bisa memilih warna bunga sesuai keinginanmu, karena bunga azalea tersedia dalam berbagai warna seperti kuning, merah, pink, dan ungu.

23 dari 26 halaman

Gerbera Daisy

Tanaman Hiasa Pembersih Udara © Diadona

Gerbera daisy merupakan tanaman hias yang cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan rumahmu. Kehadiran bunga daisy akan memberikan suasana yang asri dan sejuk di ruangan. Beberapa varian dari bunga daisy sendiri termasuk orange jaffa (oranye cerah), gerbera yustika (pink merah), dan ventury (oranye tua).

Selain itu, tanaman ini juga memiliki kemampuan sebagai penyaring udara alami. Gerbera daisy dapat menyerap trichloroethylene yang dihasilkan dari sabun cucian yang biasa kamu pakai sehari-hari. Oleh karena itu, kehadiran gerbera daisy dalam pot di ruangan tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga menyediakan manfaat kesehatan bagi penghuni rumah.

24 dari 26 halaman

Lavender

Tanaman Hiasa Pembersih Udara © Diadona

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini? Bunga lavender yang memiliki warna ungu ternyata juga memiliki kemampuan sebagai pembersih udara. Selain itu, bunga yang diketahui dapat mengusir nyamuk ini juga mampu mengeluarkan zat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Jangan tunggu lagi, segera letakkan bunga lavender di dekat jendela kamar agar kamu dapat tidur nyenyak tanpa diganggu oleh nyamuk. Namun, pastikan untuk menempatkan tanaman ini di tempat yang selalu terkena sinar matahari.

25 dari 26 halaman

Melati

Tanaman Hiasa Pembersih Udara © Diadona

Pastinya, memiliki tanaman hias di dalam ruangan akan memberikan kesan segar dan nyaman pada setiap ruangan di rumahmu. Salah satu tanaman yang dapat memberikan kesan segar di kamar tidurmu adalah bunga melati. Tanaman hias dengan bunga indah ini selalu mengeluarkan aroma yang khas dan dapat membuat tubuhmu lebih rileks dengan keharumannya. Untuk menempatkannya, kamu dapat meletakannya di dalam ruangan yang ber-AC, sehingga tanaman hias ini dapat mengeluarkan aroma segar selama dua hari.

Beri Komentar