6 Tips Memilih AC Hemat Listrik, Lebih Nyaman dan Dijamin Bebas Tagihan Berlebih

Reporter : Arifina
Senin, 13 Mei 2024 17:47
6 Tips Memilih AC Hemat Listrik, Lebih Nyaman dan Dijamin Bebas Tagihan Berlebih
Perhatikan biar gak boros listrik ya!

Sebelum membeli, perhatikan tips memilih AC hemat listrik lebih dahulu. Ini penting, agar penggunaan listrik tidak boros yang menyebabkan tagihan membengkak.

AC menjadi salah satu kebutuhan esensial untuk menghadirkan kenyamanan di rumah. Namun, di sisi lain, penggunaan AC juga dapat meningkatkan tagihan listrik secara signifikan.

Apalagi penggunaan AC dalam jangka waktu yang panjang, seperti saat istirahat malam yang menjadikan alat elektronik satu ini menyala sepenjang malam. Bukan tidak mungkin, hal ini pun menjadi penyumbang tagihan listrik yang membengkak.

Oleh karena itu, memilih AC hemat energi menjadi solusi tepat untuk menyeimbangkan kenyamanan dan penghematan biaya. Lantas, bagaimana memilih AC yang tepat dan hemat listrik? Berikut tipsnya!

1 dari 6 halaman

Pahami Daya Listrik Rumah Anda

Penyebab AC Tidak Dingin

Sebelum membeli AC, pastikan kamu sudah mengetahui daya listrik rumahmu. Hal ini penting untuk menghindari kelebihan beban daya yang dapat membahayakan instalasi listrik.

Kemudian, pilihlah AC dengan daya yang sesuai dengan kapasitas daya rumah. Dengan begitu kamu bisa mengira-ngira AC yang tidak begitu membuat tagihan listrik membengkak dan hemat energi.

 

2 dari 6 halaman

Perhatikan Kapasitas AC dan Ruangan

Sebelum memilih AC, maka kamu harus memperhatikan terlebih dahulu kapasitasnya dengan ruangan yang akan ditempati. Kapasitas pendingin AC ini disebut juga PK atau paardekracht.

Jika PK terlalu kecil untuk ruangan maka akan membuatnya terlalu bekerja ekstra. Namun, jika terlalu besar akan menjadikan ruangan terlalu dingin dan membuat tagihan listrik membengkak.

Nah, kamu bisa menghitung kapasitas kebutuhan AC ruanganmu dengan perhitungan luas ruang dikali dengan satuan panas Britush Thermal Unit (BTU) dan dibagi 9000 BTU.

Besaran BTU bergantung pada tingginya suhu ruangan. Namun, rata-rata menggunakan 600 BTU.

Misal, sebuah kamar dengan ukuran 3x4 meter persegi, maka penghitungan PK AC yakni (3x4x600):9000=0,8. Itu berarti, kamar ukuran tersebut membutuhkan kapasitas AC mendekatai 0,75 atau 3/4 PK.

 

3 dari 6 halaman

Cek Sumber Panas Ruangan

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Tips lainnya, kamu harus memperhatikan sumber panas di dalam ruangan sebelum memilih AC yang akan digunakan. Mulai dari lampu, perangkat elektronik, termasuk jendela.

Semakin banyak sumber panas yang masuk ke dalam ruangan, maka semakin tinggi juga kapasitas pendingin AC yang dibutuhkan.

Kemudian, penempatan AC juga penting diperhatikan. Sebaiknya tempatkan jauh dari sumber panas, hal ini untuk menghindarkan AC bekerja lebih keras yang menjadi penyebab konsumsi daya listrik membengkak.

 

4 dari 6 halaman

Pertimbangkan Suhu Lingkungan

Saat memilih AC, pertimbangkan juga kondisi lingkungan lokal. Misalnya, jika tingkat kelembaban udara tinggi, kamu mungkin memerlukan AC dengan fungsi pengurangan kelembaban udara untuk menciptakan lingkungan yang nyaman tanpa perlu menurunkan suhu terlalu rendah.

Hal ini juga berlaku pada pemakaian AC dalam ruangan yang perlu disesuaikan dengan suhu lingkungan. Misal, area lingkungan bersuhu tunggi mencapai 32 derajat celcius bahkan lebih, maka menyetel AC di suhu 10-15 derajat celcius bisa dijadikan acuan.

Namun, jika suhu lingkungan di Bawah sekitar 30 derajat sebaiknya AC disetel pada suhu 24 derajat celcius saja. Ini juga salah satu upaya penghematan listrik yang bisa dilakukan.

 

5 dari 6 halaman

Pilih AC Inverter

AC Tidak Dingin

AC inverter menggunakan teknologi yang memungkinkan kompresor bekerja secara variatif, sehingga konsumsi energi lebih hemat dibandingkan AC non-inverter.

AC inverter umumnya memiliki harga yang lebih tinggi, namun lebih hemat energi dalam jangka panjang.

AC dengan teknologi inverter cenderung lebih hemat energi dibandingkan dengan AC konvensional. Teknologi inverter mengatur putaran kompresor sesuai kebutuhan pendinginan ruangan, sehingga mengurangi konsumsi energi secara signifikan.

 

6 dari 6 halaman

Perhatikan Fitur Pengaturan AC

Pilihlah AC yang dilengkapi dengan fitur pengaturan suhu, kecepatan kipas, dan mode operasi yang dapat disesuaikan dengan preferensi kamu.

Dengan menggunakan fitur-fitur ini secara bijak, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan energi AC sesuai kebutuhan.

Beberapa AC bahkan dilengkapi dengan fitur hemat energi tambahan, seperti mode tidur, mode dehumidifikasi, dan sensor kehadiran. Fitur-fitur ini dapat membantu mengurangi konsumsi energi saat tidak digunakan.

Itulah tips memilih AC hemat listrik yang bisa kamu jadikan acuan sebelum membelinya. Memakai AC tetap nyaman, aman, tanpa khawatir tagihan listrik membengkak deh! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar