11 Penyebab AC Tidak Dingin pada Mobil dan Rumahmu

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 6 Juni 2020 12:03
11 Penyebab AC Tidak Dingin pada Mobil dan Rumahmu
Apa sih penyebab AC tidak dingin?

Kira-kira apa ya penyebab AC tidak dingin? Pasti sebal kan kalau di rumah ingin bersantai eh AC nggak bisa bekerja sama. Apalagi di masa pandemi seperti ini kita menghabiskan waktu banyak di rumah.

Ternyata ada beberapa penyebab yang berbeda kenapa AC tidak dingin sesuai fungsinya. Kayak AC rumah, mobil bahkan AC Samsung yang akan kita bahas. Masalah AC tidak dingin ini memang yang biasa terjadi. Penyebabnya pun bisa karena faktor internal maupun eksternal.

1 dari 4 halaman

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak DinginPenyebab AC Mobil Tidak Dingin © auto.howstuffworks
Nggak hanya AC rumah, dalam mobil pun kita membutuhkannya. Apalagi kalau cuaca lagi panas ditambah macet. Nah ini dia beberapa penyebab AC mobil tidak dingin.

1. Kehabisan Freon
Freon dalam AC mobil ini memiliki kegunaan sebagai media pendingin. Kalau sudah kehabisan maka AC mobil hanya mengeluarkan angin tanpa rasa dingin gitu guys.

2. Filter Kabin Kotor
Nggak hanya kehabisan freon, filter kabin yang kotor dan penuh akan debu membuat sirkulasi terhambat. Jangan lupa ganti filter kabin setiap jarak 10.000 km atau 3-6 bulan sekali ya.

3. Puli Kompresor Tidak Berputae
Ada belt pada kompresor yang bertugas menggerakkan puli dan menghubungkan dengan power steering, water pump, alternator serta kipas pendingin. Kalau belt putus, kompresor jadi nggak bisa bekerja. Sehingga bisa menyebabkan overheating dan akhirnya mobil mogok.

2 dari 4 halaman

5

Suhu Mesin Mobil yang Tinggi


Suhu mesin pada mobil yang tinggi mengakibatkan sight glass menjadi hitam, receiver firer dan ekspansi juga jadi tersumbat. Hal ini bisa terjadi apabila mesin menyala terlalu lama atau digunakan dalam perjalanan yang panjang tanpa istirahat.

Sekring AC Putus dan Resistor Rusak


Konsleting pada bagian kelistrikan AC mobil juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Kalau sudah begini bawa pada ahlinya ya guys!

Magnetic Cluthc dan Therminstor Rusak


Selain itu ada juga penyebab AC tidak dingin karena magnetic clutch yang posisinya menempel pada kompresor ini rusak. Saat kabin mobil mencapai temperatur yang sesuai dengan pengaturan, maka thermistor (thermo dan resistor) akan mengirim sinyal ke kompresor untuk berhenti bekerja.

Nah akalu thermistro rusak membuat kompresor bekerja terus menerus dan evaporator bisa membeku sehingga AC mobil tidak dingin.

Celah Center Piece Terlalu Besar


Ada juga penyebab AC tidak dingin karena magnet yang nggak bisa menarik center piece karena overheat.

3 dari 4 halaman

Penyebab AC Rumah Tidak Dingin

Penyebab AC Tidak DinginPenyebab AC Tidak Dingin © hearthhousemandura
Ada beberapa penyebab AC rumah tidak dingin yang sama dengan AC mobil tadi. Misalnya seperti freon atau refrigerant yang habis atau bocor, kondensor yang kotor dan filter AC yang kotor karena nggak rutin dibersihkan. Tapi ada juga faktor lain yang memicu AC rumah nggak dingin, seperti:

1. Membuka pintu jendela bisa membuat suhu AC tidak terasa dingin guys. Jadi perlu diperhatikan kalau menggunakan AC jangan ada udara yang masuk ke rumah dari pintu maupun jendela ya!


2. Pengaturan termostat yang salah juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Misalnya suhu ruangan 23 derajat celcius tapi kamu malah mengatur suhu termostat di AC 26 derajat celcius. Jelas ini tidak sesuai guys.

Pasang suhu AC yang lebih rendah daripada suhu ruangan yang sebenarnya. Misal, suhu ruangan 25 derajat celcius, kamu pasang suhu di AC 18 derajat celcius. 

4 dari 4 halaman

3. Ukuran AC yang nggak sesuai juga menjadi penyebab AC tidak dingin. Maksudnya, kalau ukuran terlalu kecil jadi nggak ada efeknya pada ruangan yang besar. AC nya sih nggak rusak, tapi nggak sesuai sama besar ruangan yang dipakai. Simple ya alasannya, tapi ngaruh banget kan?

4. Masalah internal AC menjadi alasan terakhir yang mungkin bisa terjadi. Kalau kamu sudah menutup pintu dan jendela, filter rajin dibersihkan, tidak kehabisan freon tapi masih saja AC tidak terasa dingin, bisa jadi sumber masalahnya ada di teknis internalnya.

Yap, jadi itu tadi penyebab AC tidak dingin yang bisa terjadi pada mobil maupun rumahmu. Menjaga kebersihan AC juga nggak kalah penting loh!

Beri Komentar