AC 1 PK Itu Untuk Ruangan Ukuran Berapa sih?

Reporter : Yoyok
Sabtu, 4 Mei 2024 16:25
AC 1 PK Itu Untuk Ruangan Ukuran Berapa sih?
Gini lho guys cara menghitung PK AC sesuai dengan luas ruangannya.

Banyak orang yang bingung dengan hubungannya antara PK AC dengan luas ruangan. Padahal, ada banget lho hubungan antara PC sebuah Ac dengan luas ruangannya.

Seperti kita tahu, di kota atau tempat bersuhu tinggi, AC bisa menjadi sebuah oasis nyaman setelah berpanas-panasan. Namun, AC tidak bisa sembarangan diletakkan di berbagai kondisi ruangan.

AC membutuhkan listrik untuk bekerja. Besaran daya listrik yang dibutuhkan oleh AC untuk beroperasi disebut dengan PK. Di sini akan dijelaskan besaran PK yang dibutuhkan untuk sebuah ruangan aga AC bisa bekerja maksimal.

1 dari 4 halaman

Apa sih PK AC Itu?

AC 1 PK Untuk Ruangan Ukuran Berapa© shutterstock.com

Sebelum kita membahas lebih jauh, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu arti dari PK AC tersebut. PK di sini merupakan singkatan dari " Paard Kracht" yang memiliki makna tenaga kuda dalam bahasa Belanda. 1 PK setara dengan 735,5 watt atau 0,986 Horse Power (HP). Bisadibilang, 1 Pk sama dengan 1 HP.

Lalu, ada juga istilah BTU atau British Thermal Unit. BTU merupakan satuan pengukuran energi yang dibutuhkan AC untuk menaikkan atau menurunkan suhu damal durasi satu jam. Semakin besar BTU, maka semakin rendah suhu ruangan yang dicapai. BTU memang kalah populer dari PK jika di Indonesia.

2 dari 4 halaman

Perbandingan Besaran PK dengan Ukuran BTU Pada AC

AC 1 PK Untuk Ruangan Ukuran Berapa© shutterstock.com

Seperti disebutkan sebelumnya, PK dan BTU sama-sama merupakan pengukuran besaran tenaga AC yang dibutuhkan. Berikut ini adalah perbandingan antara PK dan BTU:

AC ½ PK setara dengan 5.000 BTU

AC ¾ PK setara dengan 7.000 BTU

AC 1 PK setara dengan 9.000 BTU

AC 1 ½ PK setara dengan 12.000 BTU

AC 2 PK setara dengan 18.000 BTU

AC 2 ½ PK setara dengan 24.000 BTU

Jika dilihat dari perbandingan di atas, maka bisa disimpulkan jika semakin besar ukuran PK, maka semakin dingin shu yang dihasilkan.

3 dari 4 halaman

PK AC Berdasarkan Luas Ruangan

AC 1 PK Untuk Ruangan Ukuran Berapa© shutterstock.com

Besaran PK bisa menjadi salah satu faktor pemilihan AC dalam sebuah ruangan. Hal ini dikarenakan tiap ruangan memiliki kebutuhan suhu udara yang rendah sesuai luas ukurannya. Secara garis besar, berikut ini adalah patokan aman ukuran PK AC sesuai dengan luas sebua ruangan:

AC ½ PK untuk ruangan ukuran 0-10 m²

AC ¾ PK untuk ruangan ukuran 11-13 m²

AC 1 PK untuk ruangan ukuran 14-17 m²

AC 1 ½ PK untuk ruangan ukuran 18-23 m²

AC 2 PK untuk ruangan ukuran 24-34 m²

AC 2 ½ PK untuk ruangan ukuran 35-45 m²

4 dari 4 halaman

Rumus PK AC Sesuai Luas Ruangan

AC 1 PK Untuk Ruangan Ukuran Berapa© shutterstock.com

Terdapat juga rumus buat kamu yang ingin memiliki AC dengan PK yang tepat yang sesuai luas ruangan. Rumus tersebut menggunakan satuan BTU. Berikut ini adalah rumusnya:

BTU = (P x T x I x L x E)/60

Keterangan:

P = Panjang ruangan (dalam satuan kaki, 1 meter=3,33 kaki)

T = Tinggi ruangan (dalam satuan kaki)

I = 10, untuk ruangan berinsulasi atau terimpit oleh ruangan lain atau berada di lantai bawah. 18, untuk ruangan yang tidak berinsulasi atau ruangan pada lantai atas.

L = Lebar ruangan (dalam satuan kaki)

E = Nilai berdasarkan arah hadap dinding terpanjang. 16 (hadap utara), 17 (hadap timur), 18 (hadap selatan), dan 20 (hadap timur).

Sebagai contoh, kamu ingin memasang AC di ruangan pada lantai bawah berukuran lebar 4 meter (13 kaki), panjang 7 meter (23 kaki), tinggi 3 meter (10 kaki), dan menghadap ke arah timur. Berikut cara menghitungnya dengan rumus PK di atas:

BTU = (P x T x I x L x E)/60

BTU = (13 x 23 x 10 x 10 x 20)/60

BTU = 9.966

Berdasarkan dari hitungan tersebut, maka AC yang dibutuhkan untuk ruangan tersebut sebesar 1 PK.

Itulah cara mengetahui berapa besaran PK sebuah AC yang dibutuhkan dilihat dari luas ruangannya. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar