AC Tidak Dingin? Ini 8 Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Reporter : Arifina
Selasa, 5 Maret 2024 17:37
AC Tidak Dingin? Ini 8 Penyebab dan Solusi Mengatasinya
Jangan buru-buru panggil tukang service, kenali dulu penyebabnya deh!

AC atau Air Conditioner menjadi salah satu alat elektronik penyelamat saat cuaca panas. Umumnya, penggunaan AC ini untuk membuat area ruangan lebih dingin dan sejuk.

Tapi, bagaimana jika AC tiba-tiba tidak dingin? Tentunya, ruangan jadi terasa panas dan gerah. Hal ini pun akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

AC yang tidak berfungsi dengan baik bukan hanya mengakibatkan ketidaknyamanan, tetapi juga dapat mengurangi efisiensi energi dan meningkatkan biaya listrik.

Nah, sebelum memanggil tukang servis, yuk kenali 8 penyebab AC tidak dingin dan solusi mangatasinya berikut!

1 dari 9 halaman

Terjadi Sumbatan pada Filter Udara

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin © Diadona© Freepik.com

Jika AC terasa kurang dingin, kemungkinan filter udara tersumbat. Hal ini dapat menghambat aliran udara dan mengurangi kemampuan pendinginan AC.

Filter udara yang tersumbat menyebabkan aliran udara nggak bisa mengalir dengan benar. Alhasil, hal tersebut akan mengurangi kapasitas pendinginan pada AC.

Solusinya, bersihkan filter udara secara berkala atau menggantinya dengan yang baru.

 

2 dari 9 halaman

Kumparan Kondensor Kotor

Jika AC di rumah tidak dingin, itu dimungkinkan karena kumparan kondensor penuh dengan kotoran. Kondensor berfungsi seperti radiator yang mengeluarkan panas dari udara.

Kalau kondisi kondensor kotor, maka akan menyebabkan AC tidak efisien dalam menyebarkan udara sejuk di dalam ruangan.

Karena itu, pastikan kumparan kondensor selalu bersih untuk menghilangkan panas di luar. Sehingga AC dapat bekerja dengan efisien dalam mendinginkan ruangan.

 

3 dari 9 halaman

Cairan Pendingin kurang (Freon)

Penyebab lainnya AC tidak dingin, dimungkinkan karena cairan pendingin yang beredar melalui kumparan evaporator tidak mencukupi.

Cairan pendingin ini berfungsi untuk mendinginkan udara yang melewatinya, dan mengeluarkan udara sejuk ke area ruangan. Jika level cairan pendingin tidak mencukupi, AC tidak dapat memberikan pendinginan yang memadai.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengundang tukang service AC. Mintalah untuk mengisi ulang cairan pendingin sehingga masalah ini teratasi dengan baik.

 

4 dari 9 halaman

Kompresor Mengalami Kerusakan

Tips Pemasangan AC yang Benar © Diadona

Kompresor adalah komponen utama AC yang bertanggung jawab untuk mendinginkan udara. Jika AC tidak dingin, mungkin kompresor mengalami kerusakan.

Cara kerja kompresor adalah ibarat motor yang memampatkan cairan pendingin kemudian diedarkan melalui kumparan evaporator dan kondensor.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu perlu memanggil tukang service AC dan memintanya untuk mengganti kompresor.

 

5 dari 9 halaman

Termostat Rusak

Termostat pada AC berfungsi untuk mendeteksi suhu ruangan dan memerintahkan kompresor untuk mendinginkan. Jika termostat rusak, AC tidak bisa dingin atau malah terus-menerus dingin.

Kalau kondisinya seperti itu, kamu bahkan tidak bisa menurunkan suhu ataupun menggantinya sesuai kebutuhan. Solusinya, kamu perlu untuk mengganti termostat dengan yang baru.

 

6 dari 9 halaman

Remote AC Rusak

Penyebab AC tidak dingin tidak selalu semata-mata terletak di bagian teknisnya. Bisa jadi, hal itu dipengaruhi dari remote yang mengalami kerusakan.

Terkadang, remote AC yang rusak dapat menghambat pengaturan suhu. Alhasil, suhu yang dikeluarkan AC adalah yang sudah terputar sebelumnya tanpa bisa diganti.

Solusinya sederhana, yaitu dengan mengganti remote yang rusak dengan yang baru.

 

7 dari 9 halaman

Kurangnya Refrigeran

Penyebab AC Tidak Dingin © Diadona

Refrigeran adalah zat pendingin utama dalam AC. Jika AC kehilangan refrigeran, kemampuannya untuk mendinginkan udara akan menurun.

Kekurangan refrigeran dapat disebabkan oleh kebocoran atau kesalahan dalam pengisian refrigeran.

Jika demikian, kamu harus segera memperbaiki dan mengisi refrigeran sesuai petunjuk.

 

8 dari 9 halaman

Kerusakan pada Bagian Lain

Ada kemungkinan, masalah AC yang tidak dingin dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen lain seperti kapasitor kompresor, papan kontrol, kapiler yang tersumbat, motor rusak, dan bagian lainnya.

Jika demikian, kamu perlu untuk konsultasi dengan teknisi AC untuk penanganan yang tepat. Sehingga, kondisi Ac akan diperiksa secara menyeluruh oleh yang sudah berpengalaman.

9 dari 9 halaman

Tips Merawat AC Agar Tetap Dingin

AC perlu perawatan yang tepat dan dilakukan secara berkala. Hal ini agar kondisinya selalu efiseian saat mengeluarkan dingin di dalam ruangan.

Berikut tips merawat AC agar tetap dingin:

  • Bersihkan filter udara AC secara rutin, minimal 1 bulan sekali.
  • Bersihkan kumparan kondensor secara berkala.
  • Periksa freon AC secara berkala.
  • Gunakan AC seperlunya dan atur suhu yang tidak terlalu dingin.
  • Matikan AC saat tidak digunakan.
  • Lakukan servis AC secara rutin oleh tukang servis yang berpengalaman.

Itulah penyebab dan solusi AC tidak dingin. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kondisi dari AC itu menjadi tidak dingin.

Karena itu, penting untuk melakukan pemeliharaan rutin dan segera mengatasi masalah saat muncul agar AC tetap berfungsi dengan optimal. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar