Tips Bikin Backdrop Hiasan Dekorasi Lamaran Cantik dan Murah yang Nggak Sampai 300 Ribu

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 2 September 2020 14:00
Tips Bikin Backdrop Hiasan Dekorasi Lamaran Cantik dan Murah yang Nggak Sampai 300 Ribu
Nggak perlu ribet dan tentunya low budget.

Lagi musim-musimnya nikahan, banyak kaula muda yang bingung untuk mempersiapkan acara lamaran khususnya hiasan serta dekorasi pada backdrop. Acara lamaran sendiri dilakukan keluarga kedua belah pihak untuk melangsungkan komitmen sebelum menjajaki tahap pernikahan.

Mengingat akan hal itu, tentu dalam acara ini umumnya tidak perlu menghabiskan banyak biaya lantaran acara inti akan dilakukan saat pernikahan. Nah, kamu juga bisa mendekorasi sendiri rumah untuk acara lamaran ini. Berikut Diadona ulas beberapa tips dan trik biar hasilnya cantik, enggak ribet, serta low budget.

1 dari 5 halaman

Menentukan Konsep Dekorasi

Dekorasi Lamaran © Diadona

Sebelum mendekor, kamu sebaiknya menentukan konsep apa yang akan kamu usung. Mudah sekali, terdapat banyak inspirasi di pinterest atau vendor dekorasi yang ada.

2 dari 5 halaman

Mengukur Bidang

Dekorasi Lamaran © Diadona

Untuk membuat dekorasi model backdrop seperti ini, kamu bisa memanfaatkan kayu sebagai penyangga. Namun, kamu juga  bisa menggunakan tembok pada ruang di rumah dengan perekat selotip dan lakban. Kamu juga harus memperhitungkan risiko tembok akan rusak dan lecet akibat terkelupas.

Mengutip dari The Shonet, Rabu (2/9), kamu bisa menggunakan ukuran tinggi 2 meter yang sejajar dengan tralis gorden dan lebar 1,6 meter sepanjang 4 ubin.

3 dari 5 halaman

Beli Bahan untuk Dirangkai

Kain Tile © Diadona

Bahan-bahan yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah kain tile, lampu LED tumblr, bunga dan daun artifisial sebagai dasaran.

Kain tile yang dibeli adalah sepanjang 4,5 meter dengan kisaran harga 15 Ribu per meternya. Buat jahitan jelujur pada bagian atasnya agar diserut seperti gorden.

Lampu LED dibuat sebagai penerang yang dipasang membentuk tirai. Harga lampu kisaran 50 Ribu dengan panjang 6 meter, yang bisa dipakai melintang sebanyak dua kali dari kiri ke kanan bidang model.

4 dari 5 halaman

Bunga dan Daun Artificial © Diadona

Daun artifisial dengan harga kisaran 47 Ribu terdiri dari 12 tangkai dengan panjang masing-masing 2 meter. Kamu biisa menempel bahan ini bolak-balik dengan beberapa batang yang dibuat menjuntai ke bawah.

Bunga artifisail harga kisaran harga 25 ribu per 6 buahnya. Kamu bisa merangkai bunga ini menyebar atau memusat pada satu spot bidang model. Tambahkan juga inisial nama yang terbuat dari kayu dengan kisaran harga 35 Ribu per 25 cm per huruf.

Nah, kalau mau lebih hemat budget lagi, kamu bisa mencetak sendiri 2 huruf inisial namamu dan pasangan menggunakan kertas A3 seharga 7,5 Ribu per lembar. Tempelkan pada styrofoam seharga 5 ribu lalu membentuknya dengan cutter sehingga huruf jadi lebih timbul dan tebal.

5 dari 5 halaman

Dekorasi Lamaran © Diadona

Perekat yang digunakan untuk membuat menempelkan semua printilan ini adalah lakban hitam untuk menempel kain diujung kanan dan kiri, selotip bening untuk menempel daun-daun dan bunga kecil, juga double tape foam untuk bunga utama dan beberapa item yang mudah jatuh. Setelah ditotal, pengeluaran yang dibutuhkan tak lebih dari 300 Ribu. Bagaimana, mudah, cantik, dan murah kan? Semoga menginspirasi.

 

Sumber: Theshonet.com
Reporter: Sylvia Dewi Y

Beri Komentar