10 Trik Simple Buat Menerangi Ruangan, Suasana Gelap jadi Terang Tanpa Banyak Menggunakan Lampu!

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 30 Agustus 2020 09:00
10 Trik Simple Buat Menerangi Ruangan, Suasana Gelap jadi Terang Tanpa Banyak Menggunakan Lampu!
Ruang terasa gelap Moms, coba pakai trik ini.

Ruangan gelap memang sering menimbulkan rasa dan kesan yang suram Moms. Dengan cahaya tak langsung dan cahaya langsung yang melimpah dan tertata, ruangan gelap dapat terlihat lebih bersahabat dan terang.

Sebuah ruangan yang terang dapat ditata dalam banyak gaya berbeda. Cukup diperlukan pemilihan warna dan material yang tepat untuk mengubah ruangan gelap menjadi terang. Elemen dekorasi seperti material cermin, kaca, dan kristal juga cocok sebagai hiasan dalam upaya mencerahkan ruangan gelap, lho.

Walaupun penerangan rumah yang utama mengandalkan lampu serta cahaya dari matahari, Moms juga bisa menata serta mengupayakan peletakan serta trik jitu buat lebih menghidupkan suasana. Yuk, simak saja ulasan yang telah Diadona.id rangkum berikut ini.

1 dari 10 halaman

1. Pasang wall decor berwarna cerah.

Wall Decor Berwarna Cerah © Diadona

Trik pertama yang bisa Moms lakukan adalah dengan memilih dinding putih dengan lukisan merah cerah, atau foto hitam putih dengan bingkai gelap. Satu dinding dengan warna berbeda menawarkan kontras pada ruangan dengan dinding-dinding serta furnitur warna cerah.

Cara ini juga dapat melonggarkan dan menghidupkan suasana. Agar aksen dinding tidak tampak menekan, sebaiknya ini tidak diaplikasikan pada dinding paling luas di ruangan itu. Warna yang dipilih pun sebaiknya bukan warna gelap ya moms.

2 dari 10 halaman

2. Gunakan cermin atau barang yang dapat merefleksikan cahaya.

Ruangan dengan Cermin © Diadona

Gunakan juga elemen cermin untuk merefleksikan cahaya yang masuk dalam ruangan. Moms bisa menggunakan elemen dekorasi berbahan metal warna perak atau emas yang juga berguna untuk memebeikan sentuhan anggun dalam ruangan.

3 dari 10 halaman

3. Gunakan karpet warna terang.

Ruang dengan Karpet Terang © Diadona

Selain untuk menandai satu area tertentu dalam ruangan, karpet terang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat ruang lebih terasa cerah. Tak hanya itu saja, elemen dekorasi ini juga bisa membuat penghuninya merasa nyaman karena tak khawatir dengan dinginnya lantai.

4 dari 10 halaman

4. Gunakan tirai warna terang.

Ruang dengan Tirai Berwarna Terang © Diadona

Meski kurang diperhatikan, gorden jendela memiliki peranan penting di rumah. Selain mempercantik ruangan, gorden atau tirai juga menghalau sinar matahari serta memberikan privasi yang Moms butuhkan. Biar cahaya di luar ruangan tidak menghalangi, Moms bisa memakai tirai warna terang.

5 dari 10 halaman

5. Bersihkan kaca jendela.

Ilustrasi Kamar dengan Jendela Besar © Diadona

Kaca jendela yang buram akan menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruangan rumah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kelembapan udara yang terjebak di kaca jendela. Kotoran dan debu pun jadi lebih mudah menempel. Oleh kaena itu, Moms perlu membersihkan jemdela rumah secara berkala biar cahaya mampu masuk ke dalam ruangan dan membuat ruang jadi terlihat terang.

6 dari 10 halaman

6. Kurangi rimbun pohon atau tanaman dekat jendela.

Tanaman Diarea Rumah © Diadona

Beberapa ruang di dalam rumah memiliki kebutuhan intensitas cahaya yang berbeda. Ruangan seperti dapur, ruang kerja, anak tangga, dan taman cahaya langsung dari sinar matahari sangat baik dan cocok dengan fungsi ruangan. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Moms mengurangi pohon atau tanaman yang berada di dekat jendela atau celah cahaya yang masuk ke ruangan.

7 dari 10 halaman

7. Pasang beberapa sumber pencahayaan.

Pencahayaan © Diadona

Enggak hanya menggunakan satu sumber cahaya saja, alangkah lebih baik jika Moms tidak hanya menggunakan satu lampu di tengah ruang. Tentu harus dipilih lampu hemat energi dan matikan setelah digunakan.

8 dari 10 halaman

8. Arahkan pencahayaan ke dinding dan langit-langit.

Pencahayaan Pada Ruangan © Diadona

Lampu sebagai sumber cahaya artifisial dapat diatur arah cahayanya dengan tata letak tertentu. Intensitas dan sudut cahaya matahari selalu berubah-ubah setiap saat.

Arah pencahayaan secara garis besar dapat dibagi menjadi 5 katagori yaitu downlight, uplight, sidelight, backlight, dan frontlight. Untuk memberi kesan terang dan luas, arahkan pencahayaan ke dinding dan langit-langit.

 

9 dari 10 halaman

9. Pilih perabot dengan ruang di bawahnya.

Ilustrasi Perabot Ruangan © Diadona

Dengan memilih perabot yang memiliki ruang di area bawahnya akan membuat cahaya dengan mudah masuk ke celahnya. Oleh karena itu, hal ini sangat membantu memberikan keleluasaan cahaya menyinari seluruh area.

Beri Komentar