7 Tips Beli Rumah Lelang yang Perlu Kamu Ketahui untuk Dapatkan Hunian Idaman

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 18 Januari 2024 15:00
7 Tips Beli Rumah Lelang yang Perlu Kamu Ketahui untuk Dapatkan Hunian Idaman
Berikut ini beberapa tips beli rumah lelang yang perlu diketahui.

Mengetahui tips beli rumah lelang merupakan informasi yang kamu perlukan bila berniat membeli rumah lelang supaya tidak zonk. Pasalnya, beberapa rumah lelang ada yang ditawarkan dengan fasilitas yang kurang sempurna tanpa diketahui oleh calon pembeli. 

Rumah lelang memang dikenal sebagai rumah hasil sitaan bank yang memiliki harga murah dibandingkan harga rumah pasaran. Meski harganya bikin tergiur untuk membelinya, tetapi kamu perlu berhati-hati supaya tidak mendapatkan rumah dengan kondisi yang cacat atau tidak sempurna.

Dilansir dari beberapa sumber, ini dia tips beli rumah lelang yang nggak bakal bikin kamu rugi.

1 dari 7 halaman

Mengumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Tips Beli Rumah Lelang © Diadona

Tips beli rumah lelang yang pertama yakni diperlukan informasi sedetail mungkin. Kamu bisa memperoleh informasi terkait rumah lelang di situs resmi dan terpercaya seperti situs Lelang Indonesia. Situs ini dinaungi langsung oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berisi berbagai informasi properti yang akan dilelang seperti rumah hingga gedung. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui informasi rumah lelang yang ditemukan di beberapa situs resmi bank. Mulai dari syarat ketentuan terbaru hingga jadwal pelelangan senantiasa diinformasikan secara terkini di setiap situs bank.

2 dari 7 halaman

Pilih Rumah yang Sesuai Budget

Tips Beli Rumah Lelang © Diadona

Setelah mengumpulkan berbagai informasi, tips beli rumah lelang selanjutnya adalah saatnya kamu memilih rumah lelang impian yang hendak dibeli. Pastikan untuk selalu mengecek setiap detail dari informasi rumah lelang mulai dari kelengkapan dokumen yang diberikan, kode lelang, limit harga, dan penanggung jawab dari rumah yang dilelang. 

Jangan sampai kamu membeli rumah lelang di harga yang sebenarnya tidak bisa kamu jangkau. Pasalnya, bank juga akan memeriksa kemampuan finansial kamu untuk mengetahui apakah kamu termasuk sebagai calon kandidat pembeli rumah yang sesuai.

3 dari 7 halaman

Survei ke Lokasi

Tips Beli Rumah Lelang © Diadona

Apabila masih belum puas dari informasi rumah lelang yang ditemukan di website, tips beli rumah lelang yang ketiga adalah melakukan survei ke lokasi rumah secara langsung. Survei menjadi hal yang wajib untuk dilakukan jika informasi yang disampaikan pada website tersebut masih belum dijelaskan secara detail.

Periksa terkait kondisi dan kelayakan bangunan, fasilitas hingga keamanan di sekitar lokasi rumah yang sesuai dengan harapan kamu. Jangan lupa untuk meminta petugas cabang kantor BTN terdekat untuk melakukan pendampingan saat survei.

4 dari 7 halaman

Persiapkan Dana Jaminan

Tips Beli Rumah Lelang © Diadona

Tips beli rumah lelang selanjutnya adalah kamu perlu mempersiapkan uang jaminan. Uang ini menjadi bukti agar pihak bank dapat mengetahui keseriusan dari calon pembeli rumah dan menghindari adanya bid and run. 

Besarnya uang jaminan yang diminta biasanya berkisar antara 20 - 50% dari total harga rumah lelang. Apabila kamu tidak memenangkan proses pelelangan rumah, uang jaminan ini pastinya dapat dikembalikan hingga seratus persen tanpa ada pengurangan.

5 dari 7 halaman

Siap Mengikuti Proses Lelang

Tips Beli Rumah Lelang © Diadona

Tips beli rumah lelang kelima adalah dengan mengatur strategi yang pas untuk melakukan penawaran yang tertinggi di antara penawaran harga-harga sebelumnya. Calon pembeli rumah yang menawarkan harga tertinggi akan berhasil mendapatkan rumah lelang idaman.

Perlu diketahui, peserta yang telah menyampaikan penawaran kepada pejabat lelang tidak boleh diubah atau dibatalkan secara tiba-tiba. Hal ini tidak terkecuali pada lelang yang dilakukan secara tertulis melalui internet cara tertutup (close bidding).

6 dari 7 halaman

Pelunasan Pembayaran

Cara Pembayaran Paspor Online © Diadona

Apabila kamu sudah dinyatakan pemenang lelang, tips beli rumah lelang yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah melunasi rumah lelang tersebut. Tak hanya itu, kamu juga harus membayar biaya lainnya seperti Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). 

Pemenang lelang diberikan waktu selama 5 hari kerja setelah pelaksanaan lelang untuk melengkapi pembayaran rumah lelang. Apabila pemenang dinyatakan tidak mampu untuk melunasi rumah lelang, maka tidak diperbolehkan untuk mengikuti lelang kembali selama waktu 6 bulan.

7 dari 7 halaman

Melengkapi Berkas-Berkas yang Dibutuhkan

Tips Beli Rumah Lelang © Diadona

Tips beli rumah lelang yang terakhir adalah mengurus legalitas yang diperlukan untuk rumah lelang yang telah dipilih. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan Kutipan Risalah Lelang demi kebutuhan balik nama. Kutipan ini diambil di KPKLN sebagai pihak yang menyelenggarakan lelang. 

Kutipan Risalah Lelang harus ditukarkan dengan berkas-berkas rumah yang dilelang seperti sertifikat tanah dan sertifikat penyertaan. Kemudian, kirimkan berkas tersebut kepada Badan Pertanahan Nasional untuk pengurusan balik nama rumah lelang. 

Itulah tips beli rumah lelang yang perlu kamu ketahui bila ingin membeli rumah yang masih bagus dan gak bikin rugi. Semoga bermanfaat ya Diazens!

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar