18 Macam Penyakit Mata dan Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 6 Februari 2021 12:42
18 Macam Penyakit Mata dan Pengobatannya
Ada banyak macam penyakit mata dengan gejala dan pengobatan yang berbeda. Nah, pengobatan yang tepat penting bagi kesembuhan indera penglihatan ini.

Macam penyakit mata ternyata ada banyak lho, mulai dari mata tegang karena kebanyakan melihat layar hingga penyakit mata serius yang bisa menyebabkan hilangnya penglihatan.

Dan sebagai organ yang penting dalam keseharian, kita harus banget memahami gimana menjaga kesehatannya termasuk mengenai gejala dari berbagai macam penyakit mata. Pengobatannya pun harus diserahkan ke ahlinya karena bila salah langkah, risiko yang terjadi bisa lebih besar lagi.

Untuk mengenal macam penyakit mata, yuk kepoin ulasan Diadona berikut ini.

1 dari 3 halaman

Macam-Macam Penyakit Mata

Macam  Penyakit Mata © Diadona

Dikutip dari Web MD, setidaknya ada 19 jenis macam penyakit mata yang bisa menimpa kita. Apa saja diantaranya?

Mata Tegang

Adalah salah satu macam penyakit mata yang biasanya dialami karena menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau berkendara jarak jauh. Gejalanya bsia berupa sakit kepala, penglihatan kabur atau mata sakit dan berkedut. Nah biar nggak mengalami hal tersebut, kamu harus sering-sering melakukan istirahat mata.

Seperti apa caranya?

Saat menggunakan komputer setip 20 menit, disarankan untuk mengalihkan pandangan ke tempat yang berjarak 20 kaki selama beberapa menit. Namun kalau penyakit mata tegang masih saja muncul selama beberapa hari bahkan setelah kamu beristirahat sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Mata Merah

Pernah mengalami mata merah karena iritasi? Nah, ini adalah salah satu macam penyakit mata yang paling sering terjadi.

Mata mengalami kemerahan karena pada permukaan permukaan mata terdapat lapisan pembuluh darah. Pembuluh darah ini akan megembang saat teriritasi atau terinfeksi yang akhirnya bikin mata jadi berwarna merah.

Ini juga bisa terjadi saat kamu mengalami kurang tidur, atau alergi Namun kalau penyebab penyakit mata merah ini karena cedera, kamu harus segera memeriksakannya ke dokter.

Rabun Ayam

Adalah salah satu macam penyakit mata yang ditandai dengan kesulitan untuk melihat dalam keadaan remang, misalnya bioskop, atau malam hari yang minim pencahayaan. Penyakit ini sebenarnya merupakan gejala terjadinya rabun jauh, katarak, keratoconus , dan kekurangan vitamin A.

Mata Malas

Ini terjadi ketika salah satu mata nggak berkembang dengan baik. Salah satu macam penyakit mata ini bisa bikin penglihatan lemah dan cenderung bergerak secara malas. Umumnya mata malas bisa terdeteksi dan jarang mempengaruhi kedua mata.

Mata Kering

Nggak cuman datang saat sedih, air mata kamu itu juga berfungsi untuk melumasi mata. Tapi apa yang terjadi kalau air mata ternyata nggak cukup baik? Akhirnya terjadi penyakit mata kering deh.

Gejala yang biasanya penderita alami adalah rasa terbakar pada mata. Dan emski jarang terjadi, ini adalah salah satu macam penyakit mata yang bisa menyebabkan seseorang hilang penglihatan.

Kelebihan Air Mata

Ternyata ada lho salahs atu macam penyakit mata di mana penderitanya nangis nggak kelar-kelar. Bukan, ini bukan karena lagi sedih kok melainakn karena penderita peka banget terdapat perubahan cahaya, angin, maupun suhu. Kalau ini terjadi, maka kuncinya yakni dengan melindungi mata dari ketiga hal tersebut.

Buta Warna

Sesai dengan namanya, penderita penyakit mata ini nggak bisa melihat warna tertentu, atau nggak bisa membedakan antara kedua warna. Buta warna adalah macam penyakit mata yang terjadi karena bagian mata yang berfungsi untuk melihat warna, nggak berfungsi.

Masalah Kelopak Mata

Kelopak mata melakukan tugas penting untuk mata, diantaranya melindungi mata, menyebarkan air mata di permukaannya, dan membatasi jumlah cahaya yang bisa masuk.

Nah, kelopak ini bisa muncul macam penyakit mata yang menyebabkan gejala berupa nyeri, gatal, atau gejala umum seperti kedutan.

2 dari 3 halaman

Macam  Penyakit Mata © Diadona

Uveitis

Merupakan nama satu macam kelompok penyakit mata yang menyebabkan peradangan uvea. Uvea sendiri adalah lapisan tengah mata yang mengandung sebagian besar pembuluh darah.

Penyakit mata ini bisa menghancurkan jaringan mata dan bahkan menyebabkan hilangnya penglihatan bagi penderitanya. Orang dengan kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti AIDS, rheumatoid arthritis, atau kolitis ulserativa lebih mungkin menderita penyakit mata uveitis.

Gejalanya bisa berupa:

  • Penglihatan kabur
  • Sakit mata
  • Mata merah
  • Sensitivitas cahaya

Strabismus

Penyakit mata ini ditandai dnegan ata yang tidak sejajar saat melihat sesuatu. Apakah strabismus ini bisa sembuh? Nah, ini adalah macam penyakit mata yang nggak bisa hilang dengan sendirinya dan harus meminta pertolongan kepada dokter spesialis.

Nystagmus

Sementara itu, penyakit mata nystagmus merupakan kondisi di mata mata bergerak sendiri sepanjang waktu. Ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengobati macam penyakit mata ini, termasuk diantaranya terapi untuk membuat jadi lebih kuat.

Pinkeye

Adalah macam penyakit mata di mana terjadi peradangan pada jaringan yang melapisi bagian belakang kelopak mata dan menutupi sklera. Akibatnya, penderita mengalami mata merahan, gatal, terbakar, sobek, atau perasaan seperti kelilipan sesuatu.

Katarak

Ini adalah macam penyakit mata yang sering dialami oleh lansia dan membuat mereka nggak bisa melihat dengan jelas. Apa penyebabnya?

Jadi, lensa yang sehat akan terlihat seperti lensa kamera, di mana cahaya akan melewati retina untuk kemudian diproses. Nah, saat terjadi penyakit katarak, maka cahaya nggak bsia melewati dengan mudah.

Glaukoma

Adalah gangguan penglihatan dengan gejala nyeri pada mata, hingga sakit kepala. Apa sebabnya?

Jadi mata kita seperti ban yang tahan dengan sejumlah tekanan yang normal dan aman. Namun saat level tekanan tersebut sangat tinggi maka dapt merusaka saraf penglihatan.

Gangguan Retina

Retina adalah bagian mata yang berfungsi mengumpulkan gambar dan meneruskannya ke otak. Nah retina ini bisa mengalami gangguan sehingga proses transfer gambar nggak akan terjadi.

Penyakit Kornea

Kornea adalah sebuah 'jendela' bening yang berbentuk kubah di depan mata. Fungsinya untuk memfoskukan cahaya yang masuk ke mata.

Nah saat terjadi iritasi, maka akan muncul macam penyakit mata yang menyebabkan kondisi:

  • Mata merah
  • Mata berair
  • Rasa sakit
  • Penglihatan berkurang

Persbiopi

Atau yang disebut dengan rabun dekat. Ini adalah macam penyakit mata yang sering menimpa mereka yang udah berumur dan ditandai dengan menurunnya penglihatan untuk objek yang berukuran kecil dan jarak dekat.

Floaters

Penyakit mata ini membuat penderitanya melihat bintik-bintik kecil yang mengambang pada bidang penglihatan. Kebanyakan ini terjadi saat penderita berada di ruangan yangg terang. atau di luar ruangan di hari yang cerah.

Floaters ini biasanya normal kok, tapi terkadang merupakan pertanda masalah mata yang lebih serius, seperti ablasi retina. Apa itu? Yakni saat retina di belakang mata terpisah dari lapisan di bawahnya.

Saat ini terjadi, maka penderita mungkin akan melihat kilatan cahaya bersama dengan floaters atau bayangan gelap melintasi tepi pandangan.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam penyakit Mata dan Cara Mengatasinya

Macam Penyakit Mata © Diadona

Pengobatan dari macam-macam penyakit mata ini dilakukan tergantung dari jenis penyakitnya. Ada yang hanya emerlukan obat rumahan, namun penting juga untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Mislany nih untuk penyakit mata merah. Bila salah penyebab pmacam penyakit mata tersebut adalah karena alegiu atau kurang tidur, kamu bisa mengobatinya dnegan perawatan sederhana di rumah. Namun kamu harus segera berobat ke dokter bila mata merah ini terjadi karena cedera.

Ada beragam macam penyakit mata dan beragam pula pengobatannya. Yang terpenting, lakukan perawatan dengan cepat dan tepat.

Beri Komentar